Performa 6 Pemain yang Dijual Ajax Amsterdam bersama Klub Barunya

Jurrien Timber harus absen cukup lama

Ajax Amsterdam merupakan klub tersukses di Belanda. Klub berjuluk De Godenzonen itu kerap bertengger di papan atas klasemen Eredivisie. Hingga saat ini, Ajax telah memenangi 36 gelar juara kasta tertinggi Liga Belanda.

Penampilan konsisten yang ditunjukkan Ajax tidak terlepas dari kualitas pemain yang dimiliki. Oleh karena itu, pada bursa transfer musim panas 2023, banyak klub yang tertarik mendatangkan pemain dari Ajax. Sebanyak enam pemain telah dijual Ajax pada musim panas 2023.

Siapa saja mereka dan seperti apa performa enam pemain yang dijual Ajax Amsterdam bersama klub barunya?

1. Youri Regeer langsung dipercaya menjadi pilihan utama FC Twente

Performa 6 Pemain yang Dijual Ajax Amsterdam bersama Klub Barunyapotret Youri Regeer (instagram.com/fctwente)

Youri Regeer telah memperkuat Ajax Amsterdam sejak level kelompok umur. Ia kemudian promosi ke tim utama pada musim panas 2022. Sayangnya, pada musim debutnya berseragam Ajax, Regeer minim mendapatkan menit bermain karena persaingan ketat di lini tengah.

Ia kemudian memutuskan untuk berlabuh ke FC Twente pada musim panas 2023. Biaya kepindahannya mencapai 900 ribu euro atau Rp14,8 miliar. Bersama klub barunya, Regeer mendapatkan lebih banyak menit bermain.

Sejauh ini, pemain berusia 20 tahun itu telah membukukan 13 penampilan di semua ajang. Tak hanya itu, Regeer juga berhasil mencatatkan satu gol saat FC Twente berhasil mengalahkan Fortuna Sittard di Eredivisie. Bersama klub barunya, Regeer lebih sering bermain di posisi bek kiri. Dengan usia yang masih muda, Regeer menjadi aset berharga bagi FC Twente.

2. Mohamed Daramy sukses mencatatkan gol pada laga debutnya memperkuat Stade Reims

Performa 6 Pemain yang Dijual Ajax Amsterdam bersama Klub Barunyapotret Mohamed Daramy (instagram.com/mohamed.daramy11)

Ajax Amsterdam resmi melepas Mohammed Daramy ke Stade Reims pada bursa transfer musim panas 2023. Pemain asal Denmark itu ditebus dengan biaya transfer sejumlah 12 juta euro atau Rp198 miliar rupiah. Stade Reims memutuskan untuk mendatangkan Daramy berkat penampilan apiknya saat menjalani masa peminjaman di FC Copenhagen pada 2022/2023.

Daramy memulai laga pertamanya bersama Stade Reims menghadapi Clermont Foot di Ligue 1 Prancis. Pada laga tersebut, dirinya sukses mencatatkan satu gol untuk kemenangan Stade Reims dengan skor 2-0. Hingga saat ini, penyerang 21 tahun itu telah membukukan 7 penampilan bersama Stade Reims dengan torehan 2 gol dan 1 assist.

3. Calvin Bassey kalah bersaing di posisi bek tengah Fulham

Performa 6 Pemain yang Dijual Ajax Amsterdam bersama Klub Barunyapotret Calvin Bassey (instagram.com/cbasseyy)

Calvin Bassey hanya berseragam Ajax Amsterdam selama semusim, yakni pada 2022/2023. Dirinya memutuskan untuk kembali ke Inggris dengan bergabung ke Fulham. Bassey ditebus Fulham dengan biaya transfer 22,5 juta euro atau Rp371 miliar.

Dirinya menyepakati kontrak berdurasi 4 musim bersama The Cottagers yang berlaku hingga Juni 2027 mendatang. Selama membela Fulham, Bassey baru mencatatkan lima penampilan di semua ajang pada 2023/2024. Pemain asal Nigeria itu kalah bersaing dengan bek tengah lainnya, seperti Tim Ream dan Issa Diop.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Ajax yang Membela Manchester United pada 2023/2024

4. Edson Alvarez direkrut West Ham United untuk menggantikan Declan Rice

Performa 6 Pemain yang Dijual Ajax Amsterdam bersama Klub Barunyapotret Edson Alvarez (instagram.com/edsonnalvarez)

Edson Alvarez mampu tampil bersinar bersama Ajax Amsterdam. Pemain asal Meksiko itu menjadi pemain penting di lini tengah De Godenzonen. Sebagai gelandang bertahan, Alvarez mempunyai kemampuan bertahan sangat baik. Selain itu, pemain 25 tahun tersebut juga cukup bagus dalam mengalirkan bola.

Penampilan impresifnya membuat West Ham United rela mengeluarkan biaya transfer 38 juta euro atau Rp627 miliar untuk mendatangkan Alvarez pada musim panas 2023. Ia diproyeksikan untuk menggantikan Declan Rice yang hengkang ke Arsenal. Sejauh ini, Alvarez mampu menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Sang pemain telah tampil dalam tujuh laga di semua ajang.

5. Jurrien Timber menderita cedera setelah menjalani laga debut di EPL bersama Arsenal

Performa 6 Pemain yang Dijual Ajax Amsterdam bersama Klub Barunyapotret Jurrien Timber (instagram.com/arsenal)

Berkat penampilan apiknya bersama Ajax Amsterdam, beberapa klub raksasa Eropa tertarik untuk merekrut Jurrien Timber. Arsenal menjadi klub yang berhasil mendapatkan tanda tangannya. The Gunners harus mengeluarkan 40 juta euro atau Rp660 miliar untuk memboyong sang pemain ke Emirates Stadium. 

Timber menjalani laga debutnya di English Premier League dengan menghadapi Nottingham Forest. Dalam laga tersebut, dirinya ditarik keluar lapangan pada menit ke-50 karena mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Cedera tersebut membuat pemain 22 tahun itu harus absen cukup lama memperkuat Arsenal.

6. Mohammed Kudus lebih sering bermain dari bangku cadangan bersama West Ham United

Performa 6 Pemain yang Dijual Ajax Amsterdam bersama Klub Barunyapotret Mohammed Kudus (instagram.com/westham)

Mohammed Kudus sempat memperkuat Ajax Amsterdam dalam beberapa laga pada 2023/2024. Sebelum bursa transfer musim panas 2023 tutup, pemain asal Ghana itu resmi berlabuh ke West Ham United. Kudus didatangkan dengan harga 43 juta euro atau Rp710 miliar.

Sejauh ini, Kudus lebih sering bermain dari bangku cadangan. Meski begitu, pemain 23 tahun itu mampu menunjukkan kontribusi yang cukup baik bersama The Hammers. Dirinya mampu mencetak 2 gol dari 8 laga bagi West Ham.

Sebagian besar pemain di atas mampu tampil apik bersama klub barunya. Hal tersebut membuktikan Ajax cukup sukses dalam hal mencetak pemain berkualitas. Maka dari itu, tidak heran jika pemain-pemain tersebut dijual dengan harga yang cukup mahal.

Baca Juga: Menyelisik Lebih Dalam Penyebab Terpuruknya Ajax Amsterdam

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya