5 Mantan Pemain Ajax yang Membela Manchester United pada 2023/2024

Dua di antaranya jebolan akademi Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam merupakan salah satu klub raksasa yang berlaga di Eredivisie Belanda. Klub berjuluk de Godenzonen juga dikenal sebagai klub yang sering mengorbitkan pemain top. Performa apik para pemain top tersebut bersama Ajax mampu menarik beberapa klub top Eropa untuk merekrutnya.

Pada 2023/2024, terdapat lima mantan pemain Ajax sekaligus yang bermain untuk Manchester United. Tak cukup sampai di situ, bahkan sang pelatih, Erik ten Hag, juga pernah menjadi juru taktik klub dengan raihan 36 trofi Liga Belanda tersebut. Dalam artikel ini, kami akan mengulas kiprah lima pemain Manchester United 2023/2024 yang pernah merumput bersama Ajax Amsterdam.

1. Christian Eriksen meraih 3 trofi Eredivisie bersama Ajax

5 Mantan Pemain Ajax yang Membela Manchester United pada 2023/2024Christian Eriksen (instagram.com/chriseriksen8)

Musim 2023/2024 merupakan musim kedua bagi Christian Eriksen bersama Manchester United. Dirinya didatangkan dari Brentford pada musim panas 2022 secara gratis. Bersama The Red Devils sejauh ini, ia telah mencatatkan 48 pertandingan dan mencetak 3 gol dan 11 assist.

Pemain Timnas Denmark ini tercatat pernah bermain untuk beberapa klub lain sebelum Manchester United. Ajax Amsterdam menjadi salah satunya. Bahkan, Eriksen merupakan jebolan akademi Ajax yang dipromosikan ke tim utama pada 2010. Selama lebih dari 3 musim berseragam de Godenzonen, ia cukup diandalkan di lini tengah. Dari total 163 pertandingan, ia berhasil mencetak 32 gol dan 65 assist. Ia juga turut mempersembahkan tiga trofi Eredivisie.

2. Donny van de Beek sempat masuk nominasi Ballon d'Or 2019 ketika membela Ajax

5 Mantan Pemain Ajax yang Membela Manchester United pada 2023/2024Donny van de Beek saat mengangkat trofi di Ajax Amsterdam. (instagram.com/donnyvdbeek)

Penampilan apik Donny van de Beek bersama Ajax mampu menarik perhatian Manchester United yang berhasil merekrutnya pada musim panas 2020. Sejak dipromosikan ke tim utama pada 2016, ia mampu menunjukkan kualitasnya dan bermain cemerlang di lini tengah Ajax. Bahkan, pada 2019, Van de Beek masuk nominasi Ballon d'Or.

Meski begitu, pemain berusia 26 itu belum mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk Manchester United hingga kini. Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Everton pada paruh kedua 2021/2022. Selama lebih dari 3 musim, ia baru mencatatkan 60 pertandingan dan mencetak 2 gol dan 2 assist untuk The Red Devils.

Baca Juga: Masihkah Van de Beek Punya Masa Depan di Manchester United?

3. Antony direkrut Manchester United dengan harga mahal

5 Mantan Pemain Ajax yang Membela Manchester United pada 2023/2024Antony (manutd.com)

Performa apik Antony bersama Ajax membuat Manchester United rela mengeluarkan biaya mahal untuk merekrutnya. Ia diboyong ke Old Trafford pada musim panas 2022 dengan biaya sebesar 95 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Itu sekaligus menjadi salah satu pembelian termahal The Red Devils dalam sejarah klub.

Meski begitu, penampilannya bersama Manchester United sejauh ini dinilai belum memuaskan. Hingga pekan keempat Premier League 2023/2024, ia turun dalam setiap pertandingan dan belum mampu mencetak gol dan assist. Dengan usianya yang masih 23 tahun, Antony masih memiliki waktu untuk menunjukkan performa terbaiknya.

4. Lisandro Martínez mampu tampil solid di lini belakang MU meski awalnya diragukan

5 Mantan Pemain Ajax yang Membela Manchester United pada 2023/2024Lisandro Martínez (instagram.com/lisandromartinezzz)

Selain Antony, Lisandro Martinez juga didatangkan ke Old Trafford pada musim panas 2022. Lantaran postur tubuhnya yang mungil sebagai bek tengah, ia awalnya diragukan untuk mampu bersaing di Premier League. Bahkan, seorang komentator ternama, Jamie Carragher, secara terang-terangan menyatakan hal itu.

Pemain berusia 25 tahun itu berhasil membuktikan bahwa postur tubuh bukan masalah baginya. Bersama Raphael Varane, ia mampu tampil solid dan menjadi andalan di lini belakang The Red Devils. Pada 2022/2023, Martinez mencatatkan 45 pertandingan dan mencetak 1 gol. Satu-satunya gol berhasil tercipta ke gawang Arsenal pada pekan ke-21 Premier League.

5. André Onana mampu mengubah cara bermain Manchester United

5 Mantan Pemain Ajax yang Membela Manchester United pada 2023/2024Andre Onana (manutd.com)

Andre Onana menjadi nama terbaru yang diboyong ke Old Trafford. Setelah resmi melepas David de Gea, The Red Devils menebus Onana dari Inter Milan dengan biaya sebesar 52,5 juta euro atau sekitar Rp865 miliar. Nilai itu menjadikannya salah satu kiper termahal dalam sejarah sepak bola.

Keberadaan Onana di skuad The Red Devils mampu mengubah permainan tim. Kemampuannya dalam mengalirkan bola di lini belakang dinilai lebih baik ketimbang David de Gea. Meski begitu, statistiknya sejauh ini tak bisa dibilang bagus. Dari total 4 pertandingan, pemain Timnas Kamerun itu telah kebobolan 7 gol.

Kedatangan Andre Onana pada musim panas 2023 membuat aroma Ajax Amsterdam di skuad Manchester United pada 2023/2024 semakin kental. Meski begitu, beberapa pemain belum mampu menunjukkan performa terbaiknya. Seiring berjalannya waktu, mampukah Erik ten Hag dan para mantan pemain Ajax ini membawa The Red Devils kembali berjaya?

Baca Juga: Manchester United Pusing, Bisa Kehilangan Onana Lama

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya