Profil Serbia, Negara Pecahan yang Sering Mentas di Piala Dunia

Dahulu masih bernama Yugoslavia

Jakarta, IDN Times - Serbia dipastikan bakal bersaing dengan tim nasional terbaik di putaran final Piala Dunia 2022. Tim berjuluk The Eagles lolos ke Qatar setelah tampil impresif di babak Kualifikasi Zona UEFA.

Di Piala Dunia 2022 nanti, Serbia akan saling adu sikut dengan Brasil, Swiss, dan Kamerun di Grup G.

Mampukah tim asuhan Dragan Stojkovic itu melangkah jauh? Mari kita sama-sama simak fakta dan sejarahnya berikut ini.

1. Serbia sudah jadi langganan lolos sejak Piala Dunia 1930

Profil Serbia, Negara Pecahan yang Sering Mentas di Piala DuniaTimnas Serbia. (koobit.com)

Sejauh ini, Serbia sudah lolos di 12 edisi putaran final Piala Dunia. Mereka bahkan sudah mentas di edisi pertama ajang tersebut pada 1930.

Namun, dahulu mereka masih mentas sebagai Yugoslavia. Mereka baru lolos sebagai Serbia pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Piala Dunia 2022 nanti akan jadi gelaran yang ke-13 bagi negara balkan tersebut.

Baca Juga: Profil Kroasia, Runner Up Piala Dunia 2018 Siap Beri Kejutan

2. Dua kali tempati posisi keempat di Piala Dunia

Profil Serbia, Negara Pecahan yang Sering Mentas di Piala DuniaTimnas Serbia. (ifamnews.com)

Prestasi terbaik Serbia di ajang ini adalah mencapai babak semifinal. Hal itu terjadi di gelaran pertama Piala Dunia pada 1930 dan 1962 lalu.

Pada 1930, saat masih bernama Yugoslavia, mereka finis di peringkat empat. Lolos dari grup yang berisikan Brasil dan Bolivia, langkah mereka harus terhenti lantaran kalah dari Uruguay di semifinal.

Sedangkan pada 1962, Yugoslavia membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman di babak perempat final. Sayang, mereka akhirnya tersingkir oleh Cile saat perebutan tempat ketiga.

Total, Serbia tercatat pernah melaju hingga babak perempat final sebanyak tiga kali dari 12 kali kiprahnya di Piala Dunia.

3. Serbia punya dua bomber mematikan di Piala Dunia 2022

Profil Serbia, Negara Pecahan yang Sering Mentas di Piala Duniapotret Aleksandar Mitrovic bersama Serbia (newsclay.com)

Serbia kembali membuat kejutan saat lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Mereka lolos sebagai juara Grup A kualifikasi Zona UEFA mengungguli Portugal, dengan catatan gemilang meraih enam kemenangan dan dua hasil imbang dari delapan aksinya.

Tak hanya itu, Serbia juga ganas di depan gawang lawan dengan total 18 gol yang sukses membuat lawan-lawannya tak berkutik.

Produktivitas Serbia tak lepas dari dua bomber mematikan yang dimiliki saat ini. Mereka adalah Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic.

Mitrovic yang saat ini membela klub Premier League, Fulham, sudah membukukan delapan gol untuk Serbia. Sedangkan, penyerang potensial Juventus, yakni Vlahovic, sudah mengoleksi empat gol.

Mampukah Serbia berbicara banyak di Piala Dunia 2022? sepak terjangnya menarik untuk dinantikan tentunya.

Baca Juga: Profil Brasil, Penguasa Dunia dengan Lima Gelar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya