Comscore Tracker

6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar 

Mandzukic sudah teruji di klub-klub besar Eropa

Mario Mandzukic yang sebelumnya berstatus tanpa klub setelah dilepas oleh klub Qatar, Al-Duhail, kini resmi bergabung dengan AC Milan. Penyerang yang kini berusia 34 tahun tersebut dapat menjadi tumpuan di lini depan bersama Zlatan Ibrahimovic.

Perjalanan karier Mandzukic sudah begitu panjang karena sudah beberapa klub besar Eropa yang dia bela, dan juga sudah banyak trofi juga yang dia dapatkan. Lantas, bagaimana perjalanan karier Mandzukic dengan klub-klub sebelumnya? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Dinamo Zagreb

6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar goal.com

Dinamo Zagreb merupakan klub besar pertama yang dibela oleh Mandzukic. Bergabung pada musim 2007/2008, dia bermain selama tiga musim di klub asal Kroasia tersebut. Dalam 112 pertandingan yang dia jalani, 53 gol dan 35 assist berhasil dia catat.

Dalam tiga musim itu juga, Mandzukic berhasil meraih 3 titel Liga Kroasia dan 2 Piala Kroasia. Pada musim 2008/2009 juga dia meraih gelar top scorer Liga Kroasia dengan catatan 18 gol.

2. VfL Wolfsburg

6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar goal.com

Berkat penampilan gemilangnya bersama Dinamo Zagreb, Mandzukic menarik perhatian klub asal Jerman, VfL Wolfsburg. Alhasil, pada musim 2010/2011 dia bergabung dengan Wolfsburg dengan mahar 7 juta euro atau sekitar Rp119 miliar.

Mandzukic memberikan dampak besar bagi Wolfsburg dalam dua musimnya bermain di sana. Dia berhasil mencatatkan 20 gol dan 12 assist dalam 60 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Berstatus Bebas Transfer Musim Panas 2021

3. Bayern Munchen

6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar metro.co.uk

Sebagian pecinta Bundesliga membenci Bayern Munchen karena klub tersebut selalu membajak pemain hebat dari klub Bundesliga lain. Hal itu juga yang terjadi pada Mandzukic saat pindah ke Bayern dari Wolfsburg pada musim 2012/13, dengan harga 13 juta euro atau sekitar Rp222 miliar.

Karir Mandzukic sangat bersinar bersama Bayern. Walaupun hanya bermain selama dua musim saja, Mandzukic mencatatkan 48 gol dan 14 assist dalam 88 pertandingan.

Selain itu, dia juga berkontribusi membantu Bayern dalam meraih gelar 2 Bundesliga, 2 DFB Pokal, 1 Piala Super Jerman, 1 Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

4. Atletico Madrid

6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar espn.in

Pada musim 2014/15 Mandzukic kembali berganti klub, dan saat itu dia pindah ke Spanyol yaitu bergabung dengan Atletico Madrid. Dia dibeli oleh klub rival Real Madrid dengan harga 22 juta euro atau sekitar Rp375 miliar.

Bersama klub asuhan Diego Simeone tersebut, Mandzukic hanya bermain satu musim saja. Walaupun begitu, dia berhasil mencatatkan 20 gol dan 5 assist dalam 43 pertandingan. Tak lupa, dia juga membantu Atletico meraih Piala Super Spanyol.

5. Juventus

6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar goal.com

Setelah bermain bersama klub asal ibu kota Spanyol, Mandzukic bergabung dengan raksasa Italia, Juventus. Klub asal Turin tersebut menjadi klub terlama yang Mandzukic bela selama karirnya, yaitu selama lima musim.

Bersama Juventus, Mandzukic meraih banyak titel prestisius seperti 4 titel Serie A, 3 Copa Italia, dan 2 Piala Super Italia. Pencapaian tersebut diraihnya dalam 162 pertandingan dengan mencetak 44 gol dan 17 assist.

6. Al-Duhail

6 Klub Mario Mandzukic Sebelum Bergabung dengan AC Milan, Penuh Gelar inews.id

Pada Januari 2020, Juventus memutus kontrak Mandzukic yang membuatnya dapat bergabung dengan klub asal Qatar, Al-Duhail. Namun, kiprahnya bersama Al-Duhail pun tidak berlangsung lama karena enam bulan kemudian Al-Duhail memutus kontrak dari Mandzukic.

Penampilan Mandzukic bersama Al-Duhail pun ternyata mengecewakan, karena dalam tujuh pertandingan, dia hanya dapat mencetak satu gol saja. Performa yang buruk tersebut menjadi alasan mengapa kontraknya diputus oleh pihak klub.

 

Itulah perjalanan Mandzukic bersama klub-klub top dunia sebelum bergabung dengan AC Milan. Menarik untuk menunggu bagaimana kiprah Mandzukic bersama Rossoneri.

Menurutmu, saat bermain di klub mana penampilan Mandzukic yang paling moncer? Yuk, komen di bawah!

Baca Juga: 5 Penyerang Top Berstatus Bebas Transfer, Ke Mana Mereka Berlabuh?

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya