5 Penjualan Termahal Southampton Sepanjang Masa, Untung Besar!

Dua nama baru pindah ke klub baru pada musim panas 2023!

Southampton merupakan salah satu klub yang berkompetisi di kasta teratas English Premier League (EPL). Namun, mereka sejatinya bukanlah klub penantang gelar juara. Mereka lebih sering berada di papan tengah klasemen Premier League.

Kendati demikian, Southampton kerap dihuni oleh pemain berkualitas. Performa apik mereka di Southampton sukses jadi incaran sejumlah klub top Eropa lain. Ada lima pemain yang berhasil dijual mahal oleh Southampton ke klub lain. Berikut lima penjualan termahal Southampton sepanjang masa.

1. Virgil van Dijk jadi pemain termahal yang dijual Southampton ke Liverpool

5 Penjualan Termahal Southampton Sepanjang Masa, Untung Besar!Virgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Virgil van Dijk bergabung ke Southampton pada musim panas 2015. Pada musim tersebut, ia diboyong dari klub Skotlandia, Celtic, dengan biaya 16 juta euro atau Rp272 miliar. Ia merupakan pemain yang kerap mengisi pos bek tengah.

Selama membela Southampton, ia berhasil menunjukkan performa terbaiknya. Banyak klub top Eropa yang ingin menggunakan jasa pemain asal Belanda ini. Alhasil, ia ditebus Liverpool dengan biaya 88 juta euro atau Rp1,47 triliun pada musim dingin 2018.

2. Romeo Lavia masuk dalam daftar usai ditebus mahal oleh Chelsea

5 Penjualan Termahal Southampton Sepanjang Masa, Untung Besar!Romeo Lavia (chelseafc.com)

Ketatnya persaingan di Manchester City membuat Romeo Lavia memutuskan pindah. Pada musim panas 2022, sang pemain memilih Southampton menjadi destinasi selanjutnya. Ia justru memiliki penampilan gemilang kala membela klub tersebut.

Selama semusim penuh, Romeo Lavia jadi andalan di lini tengah Southampton. Performa apiknya ini membuat ia sempat akan pindah ke Liverpool pada musim panas 2023. Namun, Chelsea berhasil mendapatkan sang pemain usai ditebus dengan biaya 64 juta euro atau Rp1,07 triliun.

Baca Juga: 3 Alasan Utama Romeo Lavia Pilih Chelsea Ketimbang Liverpool

3. Kepindahan Sadio Mane ke Liverpool membuat Southampton untung besar

5 Penjualan Termahal Southampton Sepanjang Masa, Untung Besar!Sadio Mane (liverpoolfc.com)

Southampton membeli Sadio Mane pada musim panas 2014. Sang pemain bergabung usai dibeli dari klub Austria, RB Salzburg, dengan biaya 23 juta euro atau Rp399 miliar. Berposisi winger, ia memiliki catatan impresif di Southampton.

Sadio Mane menghabiskan waktu selama dua musim lamanya. Pada musim panas 2016, ia memutuskan hengkang dan bergabung ke Liverpol. Liverpool rela menebusnya dengan biaya 42 juta euro atau Rp716 miliar.

4. Performa apik Luke Shaw sukses membuat dirinya dibeli mahal Manchester United

5 Penjualan Termahal Southampton Sepanjang Masa, Untung Besar!Luke Shaw (manutd.com)

Luke Shaw merupakan pemain yang berasal dari akademi Southampton. Dirinya dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2012. Ia biasa mengisi posisi bek kiri di skuad Southampton.

Luke Shaw mencatatkan 67 pertandingan dengan mencetak 2 assist di semua kompetisi. Melihat penampilan apiknya, ia diboyong oleh Manchester United pada musim panas 2014. Ia ditebus dengan biaya 39 juta euro atau Rp651 miliar.

5. Tino Livramento akan jadi bek anyar Newcastle United usai dibeli mahal pada 2023

5 Penjualan Termahal Southampton Sepanjang Masa, Untung Besar!Tino Livramento (nufc.co.uk)

Sulitnya menembus skuad utama Chelsea membuat Tino Livramento pindah ke Southampton pada musim panas 2021. Pemain berposisi bek tengah ini langsung jadi andalan di lini belakang Southampton. Namun, kiprahnya di Southampton tak berlangsung lama.

Tino Livramento memilih pindah ke Newcastle United pada musim panas 2023. Sang pemain berhasil dibeli dengan biaya 38 juta euro atau Rp646 miliar. Ia akan jadi bek anyar di skuad Newcastle United pada musim 2023/2024.

Southampton kerap memiliki pemain-pemain hebat yang memiliki potensi luar biasa. Penampilan apik mereka berhasil membuat Southampton untung besar usai dijual ke klub lain. Dari daftar di atas, adakah pemain idolamu?

Baca Juga: 4 Pemain Baru Newcastle 2023, Ada Tino Livramento!

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya