5 Bek Tengah yang Bisa Buat Belanda Sulit Dibobol di Piala Dunia 2022

Ada Virgil van Dijk hingga Stefan de Vrij

Setelah absen pada edisi 2018, Timnas Belanda bangkit dan kembali mentas di Piala Dunia 2022 Qatar. Demi mencapai hasil yang diinginkan, Louis van Gaal selaku pelatih mengerahkan para pemain terbaiknya, termasuk pula di lini belakang.

Pada laga pertama jumpa Timnas Senegal, tim dengan julukan Oranje ini berhasil menang 2-0 di Stadion Al Thumama, Senin (21/11/2022) malam. Hasil clean sheet tersebut tak lepas dari peran krusial yang ditunjukkan pemain belakang. 

Centre back atau bek tengah termasuk posisi penting di tembok pertahanan. Oleh karena itu, lima bek tengah yang dibawa bisa mengukuhkan pertahanan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar. Siapa saja? 

1. Matthijs de Ligt

5 Bek Tengah yang Bisa Buat Belanda Sulit Dibobol di Piala Dunia 2022Matthijs de Ligt (instagram.com/mdeligt_)

Performa De Ligt sedang bagus bersama klub barunya, Bayern Munich. Ia sudah membukukan 18 penampilan di berbagai ajang pada musim 2022/2023. Tak pelak, pemain berusia 23 tahun tersebut dibawa Timnas Belanda ke Piala Dunia 2022 Qatar. 

Meski sering dicadangkan dalam beberapa waktu ke belakang, Matthijs de Ligt masih memiliki catatan bagus di level timnas. Lantas, ia dipercaya bermain selama 90 menit penuh saat Timnas Belanda membungkam Timnas Senegal kemarin malam. 

2. Virgil van Dijk

5 Bek Tengah yang Bisa Buat Belanda Sulit Dibobol di Piala Dunia 2022Virgil van Dijk (fifa.com)

Nama Virgil van Dijk tidak mungkin terlewat di barisan centre back Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Sebab, ia merupakan pemain sentral yang berkontribusi besar meloloskan Belanda ke turnamen itu.

Van Dijk boleh dikatakan sebagai centre back terbaik milik Oranje saat ini. Bahkan, ia memegang ban kapten dari 2018 hingga sekarang. Penampilannya kontra Timnas Senegal kemarin adalah caps ke-50 sekaligus turnamen terbesar yang pernah dilakoninya bersama timnas. 

3. Jurrien Timber

5 Bek Tengah yang Bisa Buat Belanda Sulit Dibobol di Piala Dunia 2022Jurrien Timber (instagram.com/jurrientimber)

Ajax Amsterdam merupakan eksportir terkenal yang mengirim bakat-bakat hebat ke penjuru dunia. Skuad Timnas Belanda untuk Piala Dunia 2022 Qatar juga didominasi oleh pemain mereka. 

Salah satu yang sedang disorot adalah Jurrien Timber, pemain berusia 21 tahun yang debut untuk Timnas Belanda pada 2 Juni 2021 lalu. Piala Dunia 2022 Qatar bisa jadi ajang unjuk gigi baginya. Sayang, ia masih duduk di bangku cadangan pada pertandingan pertama Oranje di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Senegal di Piala Dunia 2022 

4. Nathan Ake 

5 Bek Tengah yang Bisa Buat Belanda Sulit Dibobol di Piala Dunia 2022Nathan Ake (instagram.com/nathanake)

Nathan Ake merupakan pemain matang yang sudah membela timnas senior sejak 2017. Statusnya sebagai salah satu penggawa klub top, Manchester City, membuat Ake masih sering mendapat panggilan dari tim nasional. 

Walau akrab dengan kursi cadangan, Kapasitas Nathan Ake yang stabil masih layak untuk diperhitungkan. Bek kelahiran tahun 1995 tersebut juga ikut berpesta dalam kemenangan Timnas Belanda atas Timnas Senegal kemarin malam. Ia jadi starter dan tampil penuh di lapangan. 

5. Stefan de Vrij

5 Bek Tengah yang Bisa Buat Belanda Sulit Dibobol di Piala Dunia 2022Stefan de Vrij (instagram.com/stefandevrij)

Stefan de Vrij jadi satu-satunya centre back Timnas Belanda yang sebelumnya sudah punya pengalaman mentas di Piala Dunia. Ia berperan cukup penting saat Tim Oranje memperoleh tempat ketiga di Piala Dunia 2014 Brasil.

Pemain Inter Milan ini kemarin masih dicadangkan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan, Louis van Gaal akan melakukan rotasi pemain nantinya. Stefan de Vrij sangat siap mengukuhkan pertahanan Oranje di pertandingan selanjutnya. 

Dihuni pemain-pemain top dari berbagai lini, Timnas Belanda paling diunggulkan di Grup A Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka juga makin percaya diri setelah mengalahkan Timnas Senegal kemarin malam. 

Baca Juga: 5 Rekor Apik Belanda usai Pecundangi Senegal di Piala Dunia 2022

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya