Comscore Tracker

Van Basten dan Van Dijk Adu Komentar Akibat Belanda Imbang

Virgil van Dijk dinilai tak becus jadi kapten Belanda

Timnas Belanda berambisi finis di tempat terbaik di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka ingin membuktikan diri lantaran sebelumnya tidak lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia. Namun, baru juga memasuki pertandingan kedua babak penyisihan grup, Belanda sudah goyah.

Tim berjuluk Oranje itu menang atas Senegal karena gol telat yang dicetak pada pengujung waktu. Kemudian, mereka tidak berhasil merebut poin penuh usai ditahan imbang 1-1 oleh Ekuador.

Baru-baru ini, Virgil van Dijk selaku kapten tim mendapat kritik pedas dari legenda Timnas Belanda, Marco van Basten. Van Basten dan Van Dijk adu komentar akibat Belanda imbang.

1. Belanda bermain imbang 1-1 melawan Ekuador

Van Basten dan Van Dijk Adu Komentar Akibat Belanda ImbangTimnas Belanda ditahan imbang 1-1 oleh Timnas Ekuador pada putaran kedua Piala Dunia 2022 Qatar. (twitter.com/DenzelJMD2)

Pada putaran kedua babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar, Belanda gagal menang. Meski jadi favorit, anak-anak asuh Louis van Gaal ditahan imbang 1-1 oleh Ekuador yang sedang naik daun di Grup A. 

La Tri tampil ngotot meski dibobol Cody Gakpo pada menit ke-6. Pervis Estupinan berhasil menembus pertahanan Belanda hingga bola sampai di kaki Enner Valencia. Kawasan yang kosong membuat Valencia mudah menyamakan kedudukan pada menit ke-49.

Kedua tim itu sekarang sejajar di klasemen Grup A Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka mengantongi empat poin dan punya harapan besar untuk lolos ke fase gugur. Akan tetapi, laga tersebut menjadi catatan buruk bagi Belanda sebagai tim favorit.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Belanda di Piala Dunia 2022, Ada Virgil van Dijk

2. Marco van Basten nilai Virgil van Dijk tak becus jadi kapten Belanda

Van Basten dan Van Dijk Adu Komentar Akibat Belanda ImbangMarco van Basten (twitter.com/FIFAWorldCup)

Melihat Belanda gagal menang, Marco van Basten melontarkan kritik pedas. Melansir laman Talk Sport, legenda Ajax Amsterdam dan Timnas Belanda itu menyoroti penampilan Virgil van Dijk. 

“Van Dijk hanya menunggu dan menyaksikan dia (Valencia) menembak. Apa yang dia lihat? Dia harus berada di atasnya! Dia hanya membiarkan dia menembak!" kata Van Basten.

Marco van Basten bahkan mengatakan bahwa Van Dijk tidak bisa jadi kapten yang seharusnya memimpin tim. Alih-alih bertindak keras, Van Dijk dinilai hanya bisa diam. 

“Dia tidak memimpin. Dia tidak mengurus apa pun di tim. Dia membuat suara, tetapi dia tidak mengatakan apa-apa. Inilah yang dia lakukan," tambah sang legenda.

3. Virgil van Dijk mengaku dirinya sudah memimpin dengan baik

Van Basten dan Van Dijk Adu Komentar Akibat Belanda ImbangVirgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Tak terima, Virgil van Dijk pun membalas komentar Marco van Basten dalam sebuah wawancara usai pertandingan. Menurutnya, bermain di lapangan tak semudah berbicara di studio.

"Saya tidak berpikir dia pernah positif, jadi apa yang harus saya lakukan dengan itu? Sangat mudah untuk berbicara dari studio," ujar Van Dijk.

Bek top Liverpool ini juga membantah tudingan kegagalannya dalam memimpin. Ia mengaku selalu tampil di garis terdepan dan memimpin dengan cara terbaiknya. 

“Saya gagal sebagai kapten? Apa yang Anda ingin saya lakukan dengan informasi itu? Saya selalu di depan. Saya memimpin tim dengan cara terbaik," bantah Van Dijk. 

Marco van Basten memang sering menyoroti kepemimpinan Virgil van Dijk di timnas. Terlepas dari itu, Van Dijk masih punya peluang besar untuk membuktikan kualitasnya sebagai kapten. Selanjutnya, Belanda akan bersua tuan rumah, Qatar, pada 29 November 2022 mendatang.

Baca Juga: 10 Potret Cody Gakpo, Pemain Muda Timnas Belanda yang Tampil Impresif

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya