4 Eks Bayern Munich yang Membela Borussia Dortmund pada 2023/2024

Seperti apa kiprahnya?

Borussia Dortmund dan Bayern Munich dikenal memiliki rivalitas yang panjang di sepak bola Jerman. Keduanya kerap bersaing di papan atas klasemen Bundesliga. Bahkan, pada 2022/2023 lalu, Bayern Munich harus bersaing sengit dengan rivalnya tersebut hingga pekan terakhir Bundesliga.

Meski begitu, kedua tim ini justru punya hubungan yang erat soal transfer pemain. Ada sejumlah pemain yang pernah membela Borussia Dortmund dan Bayern Munich. Pada 2023/2024 ini, skuad Borussia Dortmund dihuni oleh empat eks pemain Die Bayern. Siapa saja? Simak informasinya di bawah ini.

1. Emre Can ditunjuk sebagai kapten Borussia Dortmund pada awal 2023/2024

4 Eks Bayern Munich yang Membela Borussia Dortmund pada 2023/2024Emre Can (twitter.com/BlackYellow)

Emre Can merupakan kapten utama Borussia Dortmund sejak awal 2023/2024. Pemilihan dirinya tersebut bukan tanpa alasan. Emre sudah kenyang pengalaman di liga top Eropa. Ia pernah membela sejumlah klub papan atas, salah satunya adalah Bayern Munich. Bersama Die Bayern, karier Emre berkembang.

Ia bergabung dengan tim muda Bayern Munich. Puncaknya, pada 2012, Emre berhasil promosi ke skuad utama. Ia hanya bertahan semusim karena menit bermain yang terbatas. Setelah itu, Emre berkelana ke Bayer Leverkusen, Liverpool, dan Juventus. Pada awal 2020, ia kembali ke Jerman dan memutuskan untuk bergabung dengan Borussia Dortmund.

2. Mats Hummels bolak-balik berseragam Bayern Munich dan Borussia Dortmund

4 Eks Bayern Munich yang Membela Borussia Dortmund pada 2023/2024Mats Hummels (instagram.com/aussenrist15)

Mats Hummels punya alur perjalanan karier yang menarik. Ia hanya pernah membela dua klub, yaitu Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Awalnya, Hummels menimba ilmu di tim akademi Bayern Munich sejak usia belasan tahun. Pada 2008, Hummels memutuskan untuk hijrah ke Borussia Dortmund demi mengembangkan kariernya.

Hummels bertahan selama 8 tahun di skuad Die Borussen. Ia sempat pulang ke Bayern Munich. Meski begitu, Hummels kembali hengkang ke Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas 2019. Hummels masih menjadi andalan di lini belakang Die Borussen. Ia bahkan tampil reguler pada 2023/2024.

Baca Juga: 9 Potret Niklas Sule, Bek Tangguh De Bavaria yang Hijrah Ke Dortmund

3. Niklas Sule membela Borussia Dortmund usai panen gelar di Bayern Munich

4 Eks Bayern Munich yang Membela Borussia Dortmund pada 2023/2024Niklas Sule (bundesliga.com)

Niklas Sule mengenakan kostum kebesaran Borussia Dortmund sejak awal 2022/2023. Namun, sebelum merapat ke skuad Die Borussen, Sule sebenarnya sudah merasakan kesuksesan besar di klub lain. Ia menjadi bagian dari kejayaan Bayern Munich selama 5 musim (2017--2022). Dalam kurun waktu tersebut, Sule bergelimang gelar juara.

Ia akhirnya pindah ke Borussia Dortmund secara bebas transfer. Hal ini terjadi sebab perpanjangan kontrak yang urung menemui kata sepakat. Sule lantas pindah ke klub rival. Namun, keputusannya itu sering kali diragukan. Performa Bayern Munich dinilai jauh lebih konsisten dibandingkan Borussia Dortmund dalam beberapa musim terakhir.

4. Marcel Sabitzer pindah ke Borussia Dortmund pada awal 2023/2024

4 Eks Bayern Munich yang Membela Borussia Dortmund pada 2023/2024Marcel Sabitzer (twitter.com/BVB)

Pemain terakhir adalah Marcel Sabitzer. Berbeda dengan pemain-pemain di atas, Sabitzer merupakan sosok anyar di skuad Borussia Dortmund. Ia direkrut dari Bayern Munich pada bursa transfer musim panas 2023 lalu. Kepindahannya ini disebabkan karena menit bermain Sabitzer yang terbatas di Bayern Munich.

Bersama Die Bayern, karier Sabitzer kurang bersinar. Ia kesulitan untuk mendapatkan tempat utama di lini tengah. Sabitzer gagal bersaing dengan Joshua Kimmich dan Leon Goretzka. Pada paruh kedua 2022/2023, ia bahkan dipinjamkan ke Manchester United. Kini, bersama Borussia Dortmund, Sabitzer memiliki segalanya untuk kembali unjuk gigi.

Keempat pemain di atas punya pengalaman bagus sebab pernah membela Bayern Munich. Itu tentunya menjadi modal berharga. Tak ayal mereka langsung menjadi andalan di dalam permainan Borussia Dortmund.

Baca Juga: 10 Potret Marcel Sabitzer, Pemain Cerdik yang Tersisihkan di Munchen

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya