5 Gelandang Termahal yang Direkrut Manchester City Era Pep Guardiola

Manchester City dikabarkan tertarik dengan Lucas Paqueta

Sejak dilatih oleh Pep Guardiola, Manchester City selalu jor-joran pada tiap bursa transfer. Hal yang sama juga terjadi pada musim panas 2023. Meski sudah menggaet Mateo Kovacic dan Josko Gvardiol, The Citizens dikabarkan masih mengincar pemain lain.

Nama Lucas Paqueta santer dikaitkan dengan Manchester City. Dilansir Fabrizio Romano, mereka bahkan sudah menawarkan harga 81 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun kepada West Ham United. Apabila terealisasi, Paqueta menjadi salah satu gelandang termahal yang direkrut oleh Manchester City era Pep Guardiola.

1. Rodri tampil gemilang sebagai jangkar permainan Manchester City

5 Gelandang Termahal yang Direkrut Manchester City Era Pep GuardiolaRodri (twitter.com/ManCityES)

Rodri merupakan salah satu pembelian terbaik Pep Guardiola selama melatih Manchester City. Ia bergabung dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Tak tanggung-tanggung, The Citizens menebusnya seharga 70 juta atau sekitar Rp1,2 triliun. Rodri pun menunjukkan kualitas terbaiknya.

Ia menjelma menjadi salah satu gelandang bertahan hebat di Eropa. Diplot sebagai pengganti Fernandinho, perannya sangat krusial di lini tengah Manchester City. Rodri sudah bermain dalam 207 penampilan. Prestasinya juga gemilang dengan berbagai gelar juara bersama The Citizens.

2. Bernardo Silva direkrut dari AS Monaco

5 Gelandang Termahal yang Direkrut Manchester City Era Pep GuardiolaBernardo Silva (twitter.com/BernardoCSilva)

Manchester City merekrut Bernardo Silva pada musim panas 2017. Untuk membawanya ke Etihad Stadium, The Citizens harus merogoh kocek yang besar kepada AS Monaco. Biaya senilai 50 juta euro atau sekitar Rp830 miliar dikeluarkan oleh Manchester City untuk merekrutnya.

Harga semahal itu mampu dibayar lunas oleh Silva. Ia tampil menjanjikan dengan fleksibilitasnya yang mahir bermain di beberapa posisi. Silva sudah mengoleksi 55 gol dan 59 assist dari 306 penampilan. Catatan ini tentunya masih bisa bertambah pada musim mendatang.

Baca Juga: Siap Bajak Bernardo Silva dari ManCity, Al Hilal Siapkan Rp3,7 Triliun

3. Kalvin Phillips masih kesulitan bersinar di Manchester City

5 Gelandang Termahal yang Direkrut Manchester City Era Pep GuardiolaKalvin Phillips (twitter.com/Kalvinphillips)

Kepergian Fernandinho diantisipasi dengan cepat oleh Manchester City. The Citizens mempersiapkan beberapa penggantinya. Dari deretan nama tersebut, Manchester City memilih Kalvin Phillips sebagai rekrutan ideal. Sang pemain bergabung dari Leeds United seharga 49 juta euro atau sekitar Rp814 miliar.

Alih-alih bisa tampil reguler, Phillips justru hanya menjadi pelapis. Ia kalah bersaing dengan Rodri. Tak hanya itu, Phillips juga dihantui riwayat cedera yang buruk sehingga kerap menepi. Sewaktu diturunkan, performa Phillips cenderung biasa-biasa saja. Ia baru tampil 21 kali pada musim debutnya.

4. Mateo Kovacic membawa segudang pengalaman dari Real Madrid dan Chelsea

5 Gelandang Termahal yang Direkrut Manchester City Era Pep GuardiolaMateo Kovacic (twitter.com/ManCity)

Manchester City ditinggal oleh sang kapten, Ilkay Gundogan, pada musim panas 2023. Kehilangan Gundogan merupakan sebuah kerugian tersendiri bagi The Citizens. Namun, Manchester City langsung mendapatkan penggantinya, yaitu Mateo Kovacic. Ia bergabung dari Chelsea.

Kovacic ditebus dengan biaya 29 juta euro atau sekitar Rp482 miliar. Manchester City memberikannya kontrak selama 4 musim hingga Juni 2027 mendatang. Dengan pengalaman yang dimilikinya, Kovacic diharapkan dapat langsung beradaptasi di bawah asuhan Pep Guardiola.

5. Ilkay Gundogan menjadi legenda hidup The Citizens

5 Gelandang Termahal yang Direkrut Manchester City Era Pep GuardiolaIlkay Gundogan (twitter.com/IlkayGuendogan)

Sewaktu ditunjuk sebagai pelatih Manchester City pada awal musim 2016/2017, Pep Guardiola merombak skuadnya. Beberapa pemain anyar direkrut ke Etihad Stadium, termasuk Ilkay Gundogan. Manchester City memboyongnya dari Borussia Dortmund seharga 27 juta euro atau sekitar Rp448 miliar.

Gundogan menjelma menjadi sosok vital bagi The Citizens. Ia kerap menjadi pembeda dalam beberapa pertandingan krusial. Tercatat, Gundogan sudah tampil dalam 304 pertandingan di semua ajang. Sayangnya, ia sudah hengkang pada musim panas 2023. Gundogan memilih hijrah ke Barcelona.

Pembelian mahal Manchester City di atas sebenarnya cukup tepat. Hanya Kalvin Phillips yang belum menemukan bentuk permainan terbaiknya. Kira-kira, akankah Lucas Paqueta bisa menyusul mereka ke Etihad Stadium?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bela Barcelona dan Manchester City sebelum Gundogan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya