Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Tetap Dipanggil Tim Nasional di Euro 2020

Eric Garcia salah satunya!

Hanya tinggal menghitung hari, perhelatan Euro 2020 bakal segera berlangsung. Hampir dari seluruh negara kontestan juga telah mengumumkan daftar skuadnya yang bakal melakoni turnamen akbar sepak bola di Benua Biru tersebut.

Menariknya, terdapat beragam fakta menarik di balik pemanggilan para pemain di Euro 2020 nanti. Tak hanya mereka yang selalu menjadi langganan, Euro 2020 juga menjadi panggung bagi para pemain yang baru memulai turnamen prestisius pertamanya untuk tim nasional.

Selain itu, terdapat beberapa pemain yang jarang tampil bersama klub, justru dipanggil oleh timnasnya masing-masing. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Nathan Ake (Belanda)

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Tetap Dipanggil Tim Nasional di Euro 2020Nathan Ake (bitterandblue.sb.nation.com)

Cedera yang dialami Virgil van Dijk membuat pelatih Timnas Belanda memanggil bek tengah lain, yaitu Nathan Ake. Menilik performanya musim ini, pemain berusia 26 tahun tersebut memang mengantarkan Manchester City juara Premier League dan Carabao Cup.

Namun, Ake tak banyak tampil karena kalah bersaing. Duet Ruben Dias dan John Stones yang tampil solid di lini pertahanan The Cityzens membuat Ake hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Selain itu, ia juga acap kali mengalami cedera dan melewatkan sejumlah pertandingan. Tercatat, Ake hanya membuat 13 penampilan di musim ini.

2. Sime Vrsaljko (Kroasia)

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Tetap Dipanggil Tim Nasional di Euro 2020Sime Vrsaljko (90min.com)

Sime Vrsaljko merupakan pemain langganan timnas Kroasia dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran bila melihat aksi gemilangnya saat bermain di sektor kanan pertahanan. Kini, ia kembali dipercaya untuk mengenakan jersey Kroasia di Euro 2020. Namun, sejatinya performa Vrsaljko tak begitu mentereng saat ini.

Bersama klubnya, Atletico Madrid, Vrsaljko hanya menjadi pelapis dari Kieran Trippier yang begitu diandalkan. Tercatat, Vrsaljko hanya membuat 10 penampilan di musim ini. Kendati begitu, hal tersebut bukan menjadi penghalang Vrsaljko untuk tampil di Euro, apalagi ia merupakan salah satu pemain Kroasia yang berpengalaman.

Baca Juga: 7 Pemain Muslim yang Memperkuat Timnas Prancis di Euro 2020

3. Matz Sels (Belgia)

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Tetap Dipanggil Tim Nasional di Euro 2020Matz Sels (eurosport.fr)

Di Euro 2020, timnas Belgia masih mengandalkan sejumlah nama berpengalaman macam Romelu Lukaku dan Kevin De Bruyne. Selain itu, sang pelatih, Roberto Martinez juga tak luput memanggil pemain baru di dalam skuadnya, tak terkecuali Matz Sels. Namanya mungkin tak begitu familier.

Saat ini, Sels bermain untuk klub Ligue 1, Strasbourg. Performanya di musim ini juga tak tak terlalu menjanjikan dan hanya menjadi pelapis. Tercatat, kiper berusia 29 tahun ini cuma membuat 6 penampilan tanpa mengoleksi satupun clean sheet. Melihat komposisi skuad timnas Belgia, Sels diprediksi bakal berstatus sebagai kiper ketiga.

4. Emerson Palmieri (Italia)

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Tetap Dipanggil Tim Nasional di Euro 2020Emerson Palmieri (sempreinter.com)

Emerson Palmieri merupakan salah satu dari 26 pemain yang dibawa timnas Italia di Euro 2020. Ia menjadi bagian Chelsea menjuarai Liga Champions musim ini, namun sebagian besar pertandingan Emerson lewati dengan hanya duduk dari bangku cadangan. Maklum, persaingan bek kiri Chelsea memang begitu ketat.

Di musim ini, Thomas Tuchel lebih senang memainkan Ben Chilwell dan Marcos Alonso di sektor kiri pertahanan. Imbasnya, Emerson tampil minim dan hanya membuat 13 penampilan di semua ajang. Sedangkan di Euro nanti, ia bakal bersaing dengan sejumlah bek kiri lain, salah satunya Leonardo Spinazzola.

5. Eric Garcia (Spanyol)

Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Tetap Dipanggil Tim Nasional di Euro 2020Eric Garcia (goal.com)

Kehadiran Eric Garcia di skuad timnas Spanyol untuk Euro 2020 sempat menimbulkan pro-kontra. Menilik performanya bersama Manchester City, bek berusia 20 tahun tersebut jarang tampil dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Tak ayal, banyak pihak mempertanyakan keputusan timnas Spanyol.

Di musim ini, Garcia cuma tampil di 12 pertandingan City di semua ajang. Selain kalah bersaing, pemain yang kini berseragam Barcelona tersebut juga kerap melakukan blunder yang membahayakan. Selain dirinya, timnas Spanyol juga diisi beberapa bek tengah lain, seperti Aymeric Laporte, Pau Torres, dan Diego Llorente.

 

Tiap pelatih tim nasional di atas tentu punya pertimbangan sendiri dalam memanggil pemain-pemain di dalam skuadnya. Akankah para pemain di atas berhasil membawa negaranya melangkah lebih jauh di Euro 2020 nanti? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: Absen Lama, 5 Pemain Ini Kembali Perkuat Timnas Negaranya di Euro 2020

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya