5 Kiper Non-Eropa yang Menjadi Andalan Klub EPL pada 2023/2024

Didominasi oleh kiper asal Brasil

English Premier League (EPL) 2023/2024 telah dimulai sejak 12 Agustus 2023. Pekan pembuka sudah tersaji dengan sederet pertandingan seru dan menarik. Tak hanya soal pertandingan tiap tim, performa para pemain bersama klubnya masing-masing juga menyita perhatian.

Di posisi kiper, tiap klub EPL sudah mempunyai kiper utamanya masing-masing. Menariknya, sebagian besar dari klub EPL ini mengandalkan kiper dari benua Eropa. Hanya ada lima kiper non-Eropa yang menjadi andalan klub EPL pada musim 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Neto menjalani musim keduanya di Bournemouth sebagai kapten tim

5 Kiper Non-Eropa yang Menjadi Andalan Klub EPL pada 2023/2024Neto (twitter.com/afcbournemouth)

Neto bakal menjalani musim keduanya di Bournemouth. Perannya untuk The Cherries sangat krusial. Ia langsung mendepak Mark Travers sebagai kiper utama pada musim debutnya. Tren positif itu terus berlanjut pada musim ini. Neto masih dipercaya sebagai andalan Bournemouth di bawah mistar gawang.

Peran eks pemain Barcelona itu juga lebih dari sebagai kiper nomor satu. Neto juga ditunjuk sebagai kapten tim. Pengalamannya yang segudang menjadi alasan utama. Meski sudah berusia kepala tiga, performanya belum terlalu menurun. Neto diharapkan dapat membawa The Cherries bersaing lebih jauh di EPL.

2. Emiliano Martinez masih bertahan di Aston Villa meski dikaitkan dengan sejumlah klub besar

5 Kiper Non-Eropa yang Menjadi Andalan Klub EPL pada 2023/2024Emiliano Martinez (twitter.com/emimartinezz1)

Aksi Emiliano Martinez masih berlangsung di gawang Aston Villa. Ia tetap menjadi kiper nomor satu The Villans saat ini. Memasuki musim keempatnya bersama Aston Villa, peran Emiliano nyaris tak tergoyahkan. Dominasinya sebagai kiper utama sulit digusur oleh kiper The Villans lain.

Emiliano juga tak punya kompetitor yang sepadan. Selain dirinya, Aston Villa sebenarnya juga punya Robin Olsen, tetapi performanya jauh di bawah Emiliano. Oleh sebab itu, kehadirannya jelas menjadi salah satu senjata utama. Emiliano bakal tampil di sejumlah kompetisi yang padat nantinya.

Baca Juga: 9 Reaksi Kocak Warganet Lihat Jan Ethes Jadi Escort Emiliano Martinez

3. Posisi Alisson Becker sebagai kiper utama nyaris tak tersentuh

5 Kiper Non-Eropa yang Menjadi Andalan Klub EPL pada 2023/2024Alisson Becker (instagram.com/liverpoolfc)

Liverpool melakukan beberapa perubahan di dalam skuadnya pada musim panas 2023. Namun, sektor kiper tak berubah sama sekali. The Reds masih mengandalkan Alisson Becker sebagai kiper nomor satu. Sementara itu, status kiper pelapis diemban oleh Caomhin Kelleher dan Adrian.

Keputusan Liverpool untuk tetap percaya kepada Alisson merupakan sebuah pilihan yang tepat. Terlebih lagi, performa kiper asal Brasil itu masih konsisten. Alisson tampil solid di bawah mistar gawang The Reds. Dengan struktur lini pertahanan yang tangguh, Alisson tentunya bisa meraup banyak clean sheet musim ini.

4. Ederson Moraes jadi kiper utama Manchester City sejak musim 2017/2018

5 Kiper Non-Eropa yang Menjadi Andalan Klub EPL pada 2023/2024Ederson Moraes (instagram.com/ederson93)

Hegemoni kiper asal Brasil terlihat jelas di Premier League 2023/2024. Selain Neto dan Alisson, ada juga Ederson Moraes yang menjadi pilar utama Manchester City. Ia bahkan tergolong sebagai sosok senior di skuad The Citizens. Pasalnya, Ederson bakal menjalani musim kedelapan di sana.

Posisi Ederson sebagai kiper nomor satu Manchester City masih terus berlanjut. Hal itu bukan tanpa alasan. Performa Ederson sebagai pengawal pertahanan masih menjanjikan di bawah mistar gawang The Citizens. Tak hanya itu, ia juga jadi bagian penting dalam permainan Pep Guardiola sebagai pembangun serangan dari bawah.

5. Andre Onana bergabung ke Manchester United sebagai pengganti David De Gea

5 Kiper Non-Eropa yang Menjadi Andalan Klub EPL pada 2023/2024Andre Onana (twitter.com/ManUtd)

Andre Onana bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2023. Ia direkrut dari Inter Milan seharga 52,5 juta euro atau sekitar Rp877 miliar. Onana diproyeksikan sebagai pengganti David De Gea di bawah mistar gawang The Red Devils. Ia ditunjuk sebagai kiper nomor satu tim.

Kehadiran Onana tak terlepas dari campur tangan sang pelatih, Erik ten Hag. Keduanya pernah bekerja sama saat aktif membela Ajax. Tak hanya itu, Onana juga punya atribut sebagai kiper modern yang mumpuni. Pemain berpaspor Kamerun itu mahir soal distribusi bola dan cocok dengan filosofi permainan ten Hag.

Kelima kiper di atas punya kapasitas mumpuni sebagai kiper utama klubnya masing-masing. Peran mereka tentunya sangat penting. Mereka menjadi salah satu pemain krusial yang tak tergantikan di timnya.

Baca Juga: Menilik Debut Andre Onana Bersama MU di Premier League

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya