5 Kiper yang Mengisi Skuad PSG pada 2023/2024, Banyak Pilihan!

Gianluigi Donnarumma menjadi kiper utama

Paris Saint-Germain menjalani perubahan besar-besaran pada awal musim 2023/2024. Salah satu aspek yang berubah secara masif tersebut adalah komposisi skuad Les Parisiens. Bongkar pasang pemain dilakukan oleh PSG untuk menambah kedalaman skuad agar menjadi makin kompetitif.

Tiap posisi di skuad PSG berisikan pemain-pemain berkualitas. Di sektor kiper, misalnya. Pada musim 2023/2024 ini, PSG memiliki lima kiper sekaligus di tim utama. Banyaknya opsi tersebut dapat memperkaya strategi dan opsi bagi sang manajer, Luis Enrique.

Inilah lima kiper yang mengisi skuad PSG pada musim 2023/2024.

1. Gianluigi Donnarumma tampil dominan sebagai kiper utama PSG

5 Kiper yang Mengisi Skuad PSG pada 2023/2024, Banyak Pilihan!Gianluigi Donnarumma (twitter.com/donnarumma)

Status kiper utama PSG masih dipegang oleh sosok yang sama sejak musim 2021/2022 lalu. Kiper yang dimaksud itu adalah Gianluigi Donnarumma. Ia menyegel jabatan sebagai kiper nomor satu Les Parisiens di semua kompetisi. Kontribusi Donnarumma sangat krusial di bawah mistar gawang klub kaya raya asal kota Paris tersebut.

Pada musim 2023/2024, Donnarumma tak pernah absen sama sekali. Dari 12 pertandingan yang dijalani oleh PSG, ia mampu tampil penuh selama 90 menit. Donnarumma juga berhasil membukukan enam clean sheet. Catatan apik ini membuktikan dominasinya sebagai palang pintu utama yang dimiliki PSG.

2. Keylor Navas merupakan pemain tertua PSG pada 2023/2024

5 Kiper yang Mengisi Skuad PSG pada 2023/2024, Banyak Pilihan!Keylor Navas (instagram.com/keylornavas1)

Selanjutnya ada Keylor Navas. Nasibnya di sektor kiper PSG makin tak jelas pada musim 2023/2024. Sama seperti 2 musim terakhir, Navas hanya menjadi cadangan dari Donnarumma. Bahkan, pada paruh kedua musim 2022/2023 lalu, ia sempat dipinjamkan ke Nottingham Forest demi tampil reguler.

Eks kiper Real Madrid itu hanya menjadi penghangat bangku cadangan pada musim 2023/2024. Navas belum pernah diturunkan sama sekali. Navas sempat dikabarkan bakal hengkang dari PSG pada bursa transfer musim panas 2023. Namun, kabar tersebut tak terealisasi sehingga dirinya masih menjadi bagian dari skuad Les Parisiens.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Kosta Rika, Ada Navas!

3. Arnau Tenas datang dari Barcelona untuk meningkatkan kariernya

5 Kiper yang Mengisi Skuad PSG pada 2023/2024, Banyak Pilihan!Arnau Tenas (psg.fr)

Arnau Tenas merupakan rekrutan anyar PSG pada bursa transfer musim panas 2023. Tenas bergabung dari tim muda Barcelona secara gratis untuk meningkatkan kariernya. Usianya yang masih 22 tahun membuat Tenas penuh dengan potensi. Sayangnya, PSG tak bisa memberi jaminan menit bermain untuk kiper Spanyol itu.

Tenas belum menjalani debutnya bersama PSG. Kesempatannya untuk tampil juga sangat terbatas karena opsi kiper yang dimiliki oleh PSG sangat bervariasi. Padahal, menit bermain yang cukup sangat penting untuknya demi bisa berkembang. Tenas harus tampil reguler untuk meningkatkan kualitasnya.

4. Sergio Rico masih menjalani proses pemulihan dari cedera otak yang ia alami

5 Kiper yang Mengisi Skuad PSG pada 2023/2024, Banyak Pilihan!Sergio Rico (instagram.com/sergioricogonzalez1)

Nasib Sergio Rico juga serupa dengan Keylor Navas dalam 2 musim terakhir di PSG. Ia jarang diturunkan oleh Les Parisiens karena dominasi Donnarumma yang nyaris tak tersentuh. Situasi rumit yang dialami olehnya juga diperparah dengan insiden kecelakaan saat berkuda pada Juni 2023 lalu.

Rico sempat mengalami cedera otak yang parah sehingga dirawat secara intensif. Ia melewatkan tur pramusim yang dijalani oleh PSG. Rico juga tak masuk ke dalam skuad PSG pada awal musim 2023/2024. Ia masih menjalani proses pemulihan dan diperkirakan baru pulih sepenuhnya pada awal 2024 nanti.

5. Pengalaman Alexandre Letellier tetap dibutuhkan meski jarang tampil

5 Kiper yang Mengisi Skuad PSG pada 2023/2024, Banyak Pilihan!Alexandre Letellier (psg.fr)

Alexandre Letellier merupakan kiper terakhir yang dimiliki oleh PSG pada musim 2023/2024. Ia sudah membela PSG sejak musim 2020/2021. Perannya di skuad utama nyaris tak mendapatkan sorotan. Pasalnya, Letellier jarang bermain dan hanya menambah opsi kiper PSG.

Letellier hanya mengantongi dua penampilan selama berseragam PSG. Bahkan, pada musim 2023/2024 ini, ia belum bermain sama sekali. Kontraknya juga bakal berakhir pada Juni 2024 mendatang. Terlepas dari menit bermainnya yang sedikit, Letellier merupakan pemain senior yang kaya pengalaman.

Di antara klub-klub top Eropa lainnya, PSG memiliki opsi kiper yang lebih banyak. Hal itu merupakan sebuah keuntungan besar dalam melewati kondisi-kondisi tertentu, utamanya badai cedera. Meski begitu, pada musim 2023/2024, PSG baru menurunkan satu kiper di semua ajang, yaitu Gianluigi Donnarumma.

Baca Juga: Profil Kiper Arema FC Julian Schwarzer, Anak Eks Kiper Chelsea

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya