5 Pengguna Nomor Punggung 14 Barcelona sebelum Joao Felix

Semuanya sudah meninggalkan Barcelona

Barcelona merampungkan kesepakatan Joao Felix pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023. Felix direkrut dengan status pinjaman dari Atletico Madrid. Ia dipinjam tanpa opsi pembelian permanen. Kehadirannya bakal menambah variasi di lini depan La Blaugrana.

Bersama klub barunya itu, Felix bakal memakai nomor punggung 14. Nomor tersebut tak terlalu ikonis di Barcelona sebab pemiliknya terus berganti dalam waktu singkat. Kebanyakan dari mereka juga gagal bersinar. Inilah lima pengguna nomor punggung 14 Barcelona sebelum Joao Felix.

1. Javier Mascherano menjelma salah satu legenda Barcelona

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Barcelona sebelum Joao FelixJavier Mascherano (twitter.com/ChampionsLeague)

Nomor punggung 14 akrab dengan Javier Mascherano selama ia berseragam Barcelona. Total, Javier Mascherano membela La Blaugrana selama 8 tahun (2010--2018). Mascherano merupakan andalan Barcelona yang selalu tampil penuh. Kehadirannya membuat lini pertahanan La Blaugrana makin solid.

Di Barcelona, Mascherano bertransformasi menjadi salah satu bek tangguh pada masanya. Ia berhasil mengantongi 334 penampilan di semua kompetisi. Berbagai gelar juara pun ia persembahkan, termasuk 2 gelar Liga Champions. Mascherano lalu hijrah ke klub China, Hebei China Fortune.

2. Philippe Coutinho gagal membuktikan kualitasnya selama membela Barcelona

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Barcelona sebelum Joao FelixPhilippe Coutinho (twitter.com/FCBarcelona)

Philippe Coutinho sudah membela Barcelona sejak musim dingin 2018. Ia selalu lekat dengan nomor punggung 14. Pada setengah musim debutnya, Coutinho memakai nomor tersebut. Namun, mantan pemain Liverpool ini sempat mengganti nomor punggungnya menjadi 7 pada musim 2018/2019.

Kiprah Coutinho cukup berliku di Barcelona. Ia bahkan dipinjamkan ke Bayern Munich pada 2019/2020. Usai masa pinjamannya berakhir, Coutinho kembali dan memakai nomor punggung 14. Sayangnya, ia hanya bertahan hingga musim dingin 2022. Coutinho lalu dilepas ke Aston Villa.

Baca Juga: 4 Pemain Liga Top Eropa yang Menjadi Incaran Al-Ettifaq, Ada Coutinho!

3. Malcom berseragam Barcelona hanya selama semusim

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Barcelona sebelum Joao FelixMalcom (twitter.com/ChampionsLeague)

Malcom mengenakan nomor punggung 14 selama membela Barcelona. Meski begitu, kiprahnya di Barcelona hanya sebentar. Ia membela La Blaugrana selama semusim, yaitu pada 2018/2019 lalu. Malcom datang ke Camp Nou secara kontroversial sebab nyaris pindah ke AS Roma.

Petualangannya bersama Barcelona tak berjalan indah sebab kekurangan menit bermain. Malcom gagal menjadi pilihan utama. Ia hanya jadi cadangan di lini serang yang tampil sebanyak 24 kali. Tak heran Malcom langsung hijrah ke Zenit St. Petersburg pada musim berikutnya.

4. Nico Gonzalez promosi ke tim utama Barcelona dengan nomor punggung 14

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Barcelona sebelum Joao FelixNico Gonzalez (instagram.com/nico14)

Nomor punggung 14 Barcelona langsung dipakai oleh pemain lain usai kepergian Coutinho. Pada pertengahan musim 2021/2022, giliran jebolan La Masia yang memakai nomor tersebut. Dia adalah Nico Gonzalez. Nico menggunakan nomor punggung baru itu usai memakai nomor 28.

Meski begitu, kiprah Nico di tim utama Barcelona hanya seumur jagung. Ketatnya persaingan di lini tengah membuatnya jarang tampil. Nico dipinjamkan ke Valencia pada musim 2022/2023. Usai pinjamannya berakhir, Nico dilepas permanen ke Porto demi mencari pengalaman baru.

5. Memphis Depay tertutup bayang-bayang Robert Lewandowski di lini depan

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Barcelona sebelum Joao FelixMemphis Depay (twitter.com/Memphis)

Setelah Nico, pemilik nomor punggung 14 Barcelona jatuh kepada Memphis Depay. Ia sejatinya sempat memakai nomor lain di Barcelona, yaitu nomor 9. Memphis mengenakannya sejak bergabung dari Lyon pada awal musim 2021/2022. Sayangnya, Memphis memilih untuk mengalah.

Ia merelakan nomor punggung 9 kepada Robert Lewandowski. Sebagai gantinya, Memphis memakai nomor punggung 14. Namun, ia menggunakannya hanya selama setengah musim. Itu terjadi karena Memphis memutuskan untuk hijrah ke Atletico Madrid pada musim dingin 2023 lalu.

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 14 Barcelona berlanjut kepada Joao Felix. Meski hanya pinjaman, ia diharapkan mampu memberikan kontribusi maksimal di lini serang La Blaugrana.

Baca Juga: 5 Catatan Terakhir Gol Memphis Depay sepanjang Kariernya

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya