5 Pengguna Nomor Punggung 20 Chelsea sebelum Cole Palmer

Sebagian besar tak bertahan lama di Stamford Bridge

Chelsea merekrut banyak pemain muda pada bursa transfer musim panas 2023. Salah satunya adalah Cole Palmer. Ia didatangkan dari juara bertahan English Premier League (EPL), Manchester City. Keputusannya untuk meninggalkan The Citizens sempat disorot karena bakal berpengaruh terhadap kariernya.

Di sisi lain, kedatangan Palmer membuat lini tengah Chelsea makin berwarna. Sosoknya yang potensial dinilai dapat berkembang lagi. Terkait nomor punggung, Palmer memutuskan untuk memakai nomor punggung 20. Nomor ini tak terlalu ikonis di Chelsea karena kerap berganti kepemilikan dalam beberapa musim terakhir.

Inilah lima pemilik nomor punggung 20 Chelsea sebelum Palmer.

1. Victor Moses mengenakan nomor punggung 20 di Chelsea meski tak lama

5 Pengguna Nomor Punggung 20 Chelsea sebelum Cole PalmerVictor Moses (twitter.com/ChelseaFC)

Victor Moses bergabung dengan Chelsea pada musim 2012/2013. Kariernya di sana awalnya tak berjalan mulus karena sering dipinjamkan. Pada awal musim 2015/2016, Moses sempat mengisi skuad Chelsea dan menggunakan nomor punggung 20. Namun, tak berselang lama, ia kembali dipinjamkan ke West Ham United.

Usai masa pinjamannya itu selesai, karier Moses di Chelsea sempat membaik. Khususnya saat dilatih oleh Antonio Conte, Moses cukup diandalkan di sisi kanan permainan. Namun, sejak paruh kedua musim 2018/2019, kariernya kembali menurun. Ia sempat dipinjamkan ke Fenerbahce dan Inter Milan. Moses akhirnya dilepas permanen ke Locomotiv Moscow.

2. Matt Miazga hanya setengah musim menjadi bagian dari skuad utama Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 20 Chelsea sebelum Cole PalmerMatt Miazga (kiri) (twitter.com/ChelseaFC)

Matt Miazga bergabung dengan Chelsea pada paruh kedua musim 2015/2016. Saat itu, ia memilih untuk mengenakan nomor punggung 20. Kehadiran Miazga ditujukan untuk memperkuat barisan pertahanan The Blues. Sayangnya, karier pemain asal Amerika Serikat itu tak berjalan lancar.

Miazga hanya bertahan selama setengah musim di Stamford Bridge. Selebihnya, ia harus menjalani peminjaman ke klub lain, seperti Vitesse, Reading, hingga Alaves secara beruntun. Setelah itu, Miazga memilih pulang ke Amerika Serikat pada musim panas 2022. Ia bergabung dengan salah satu kontestan Major League Soccer (MLS), FC Cincinnati.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 19 di Chelsea sebelum Armando Broja

3. Callum Hudson-Odoi sempat menjadi bagian krusial Chelsea yang meraih beberapa gelar juara bergengsi

5 Pengguna Nomor Punggung 20 Chelsea sebelum Cole PalmerCallum Hudson-Odoi (twitter.com/Calteck10)

Setelah Miazga, pemilik nomor punggung 20 Chelsea berikutnya adalah Callum Hudson-Odoi. Jebolan akademi The Blues itu mulai memakai nomor punggung 20 sejak pertengahan musim 2018/2019. Hudson-Odoi sempat menjadi pilar penting Chelsea yang meraih berbagai gelar juara, termasuk trofi Liga Champions.

Secara keseluruhan, Hudson-Odoi mengantongi 126 penampilan dengan koleksi 16 gol dan 22 assist di semua kompetisi. Sayangnya, nasib Hudson-Odoi mulai tak jelas sejak musim 2022/2023. Ia dipinjamkan ke Bayer Leverkusen. Semusim berselang, Chelsea menjualnya secara permanen ke Nottingham Forest.

4. Denis Zakaria dipinjam dari Juventus pada musim 2022/2023

5 Pengguna Nomor Punggung 20 Chelsea sebelum Cole PalmerDenis Zakaria (twitter.com/ChampionsLeague)

Di saat Callum Hudson-Odoi menjalani pinjaman ke Bayer Leverkusen, nomor punggung 20 Chelsea langsung dipakai oleh pemain lain. Dia adalah Denis Zakaria. The Blues merekrutnya secara pinjaman dari Juventus selama semusim penuh untuk menambah kedalaman di lini tengah.

Alih-alih bisa memberikan warna baru, karier Zakaria di Chelsea tak berjalan sesuai ekspektasi. Performanya kurang maksimal karena cedera yang kerap menghantui. Itu sebabnya Zakaria hanya mampu mencatatkan 11 penampilan bersama The Blues. Jasanya tak dipermanenkan dan langsung dipulangkan ke Juventus.

5. Andrey Santos memakai nomor punggung 20 Chelsea sebelum dipinjamkan ke Nottingham Forest

5 Pengguna Nomor Punggung 20 Chelsea sebelum Cole PalmerAndrey Santos (twitter.com/04Andrey)

Andrey Santos meneruskan penggunaan nomor punggung 20 di skuad Chelsea. Andrey sebenarnya merupakan rekrutan anyar The Blues pada musim dingin 2023, tetapi dipinjamkan terlebih dahulu ke Santos. Ia ditunjuk sebagai pemilik nomor tersebut pada awal musim 2023/2024.

Namun, hal yang mengejutkan terjadi pada detik-detik terakhir bursa transfer musim panas 2023. Ia dipinjamkan ke Nottingham Forest. Chelsea melepasnya terlebih dahulu selama semusim demi perkembangan karier Andrey. Ia dinilai dapat bersinar bersama Nottingham Forest karena persaingan yang tidak terlalu berat.

Melihat kiprah dari kelima pemain di atas, Cole Palmer tentunya harus waspada. Pasalnya, beberapa di antara mereka tak bertahan lama di Chelsea. Bisakah Palmer mematahkan tren buruk pengguna nomor punggung 20 Chelsea tersebut?

Baca Juga: 4 Kiper Utama Terakhir Chelsea sebelum Robert Sanchez

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya