5 Pengguna Nomor Punggung 19 di Chelsea sebelum Armando Broja

Salah satu bomber muda potensial The Blues

Armando Broja menjadi salah satu pemain muda potensial yang dimiliki Chelsea. Pada 2023/2024, ia pulih dari cedera anterior cruciate ligament (ACL) yang dideritanya pada Desember 2022 lalu. Ia sudah absen selama 9 bulan dan kini kembali ke dalam skuad The Blues di bawah asuhan Mauricio Pochettino. 

Kembalinya Armando Broja ke skuad Chelsea juga ditandai dengan nomor punggung baru. Ia berganti menggunakan nomor punggung 19 dari yang sebelumnya 18. Sebelum dipakai Broja, sederet pemain pernah mengenakan nomor punggung 19. Siapa saja mereka dan seperti apa kiprahnya bersama The Blues?

1. Mason Mount meraih juara Liga Champions bersama Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 19 di Chelsea sebelum Armando BrojaMason Mount (chelseafc.com)

Mason Mount merupakan pengguna nomor punggung 19 terakhir Chelsea sebelum Armando Broja. Ia merupakan jebolan akademi yang promosi ke skuad utama. Secara total, ia menghabiskan waktu selama 18 tahun sejak menimba ilmu di akademi. Ia menjadi andalan tim utama pada periode 2019–2022.

Secara keseluruhan, Mount telah terlibat dalam 195 laga di semua ajang. Ia menyumbang 33 gol dan menghasilkan 37 assist. Gelandang berusia 24 tahun ini turut membawa Chelsea meraih juara Liga Champions Eropa 2020/2021. Pada musim panas 2023, ia memutuskan hengkang dan bergabung ke Manchester United

2. Tammy Abraham memakai nomor punggung 19 saat promosi ke skuad utama Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 19 di Chelsea sebelum Armando BrojaTammy Abraham (chelseafc.com)

Tammy Abraham adalah sosok striker jebolan akademi Chelsea. Ia melakoni debutnya pada 11 Mei 2016 dengan menggunakan nomor punggung 19. Setelah debutnya, ia dipinjamkan ke beberapa klub Inggris pada periode 2016–2019. Ia baru menembus skuad utama pada 2019/2020 dan berganti menggunakan nomor punggung 9.

Bomber internasional Inggris berada di skuad utama Chelsea hanya selama 2 tahun pada 2019–2021. Abraham melakoni 92 pertandingan dengan sumbangsih 30 gol dan 12 assist. Ia juga turut mengantarkan The Blues meraih juara Liga Champions dan UEFA Super Cup. Setelah dari Chelsea, ia bergabung dengan AS Roma pada musim panas 2021 dan bertahan di ibu kota Italia hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio Pochettino

3. Diego Costa menjadi bomber andalan Chelsea berkat ketajamannya di lini serang

5 Pengguna Nomor Punggung 19 di Chelsea sebelum Armando BrojaDiego Costa (twitter.com/premierleague)

Diego Costa menjadi salah satu striker tajam Chelsea. Ia merupakan momok menakutkan bagi para pemain yang menghadapinya. Ia membela The Blues selama 3 musim pada 2014–2017. Sosoknya sebagai bomber haus gol membantu tim meraih 2 kali juara Premier League dan 1 Piala Liga Inggris.

Dengan balutan nomor punggung 19 yang jarang digunakan striker, Costa mampu berkontribusi dengan 59 gol dan 23 assist dari 120 laga. Ia juga dikenal sebagai pemain yang garang dan spartan di pertahanan lawan. Hal itu yang membuatnya diandalkan di lini serangan. Usai dari Chelsea, ia bertualang di beberapa klub, seperti Atletico Madrid, Atletico Mineiro, dan Wolverhampton Wanderers. Saat ini, ia memperkuat Botafogo yang berkompetisi di liga Brasil.

4. Demba Ba hanya memperkuat Chelsea dalam waktu singkat

5 Pengguna Nomor Punggung 19 di Chelsea sebelum Armando BrojaDemba Ba (twitter.com/premierleague)

Demba Ba merupakan salah satu pemain ikonis yang dimiliki Chelsea. Ia direkrut dari Newcastle United pada Januari 2013. Striker asal Senegal ini tercatat berseragam The Blues selama 2,5 musim. Pada awal kedatangannya, ia mengenakan nomor punggung 29. Baru pada 2013/2014, ia berganti menggunakan nomor punggung 19.

Secara keseluruhan, Demba Ba bermain dalam 51 pertandingan di semua ajang. Ia menciptakan 14 gol dan menghasilkan 5 assist. Kendati tidak banyak membuat gol, sebagai sosok striker ia kerap menciptakan gol unik. Hal ini yang membuatnya diingat banyak pendukung. Ia juga membawa Chelsea menjuarai Liga Europa 2012/2013. Ia memutuskan pensiun pada 13 September 2021. Saat ini, ia menjadi presiden Amitie FC dan penasihat klub USL Dunkerque.

5. Paulo Ferreira menjadi sosok penting Chelsea pada era awal Roman Abramovich

5 Pengguna Nomor Punggung 19 di Chelsea sebelum Armando BrojaPaulo Ferreira (chelseafc.com)

Paulo Ferreira merupakan salah satu rekrutan awal Chelsea ketika transisi di bawah kepemilikan Roman Abramovich. Ia direkrut dari Porto pada musim panas 2004 dan menghabiskan waktu selama 9 tahun di Stamford Bridge. Sosoknya sebagai bek tangguh menghasilkan deretan trofi bergengsi bagi The Blues.

Pada awal kedatangannya, Ferreira memilih nomor punggung 20. Ia menggunakannya pada 2004–2008. Ia berganti ke nomor punggung 19 mulai 2008 dan memakainya hingga pensiun bersama Chelsea pada 2013. Secara total, ia berkontribusi dalam 217 laga dengan sumbangan 2 gol dan 8 assist. Bersama The Blues, ia meraih titel juara seperti 4 Piala FA, 3 Premier League, 2 Piala Liga Inggris, dan masing-masing 1 Liga Champions dan Liga Europa.

Dari kelima pemain dengan nomor punggung 19 di atas, semuanya punya rekam jejak yang baik. Semua pemain mampu menjadi andalan dan meraih trofi bersama Chelsea. Dengan potensi yang dimiliki Armando Broja, maka potensinya untuk bersinar terbuka lebar. Ia bisa menjadi sosok penting kebangkitan The Blues dalam meraih prestasi pada masa mendatang.

Baca Juga: 3 Pemain yang Pernah Meraih Trofi Bersama Chelsea dan Manchester City

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya