5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro Tonali

Tonali bakal menambah kekuatan di lini tengah The Magpies

Newcastle United mempersiapkan skuadnya dengan matang pada musim panas 2023. Sederet pemain baru sukses direkrut, salah satunya Sandro Tonali. Gelandang muda energik itu didatangkan dari AC Milan sebagai suntikan berharga di lini tengah.

Kehadiran Tonali tentunya bisa menjadi amunisi vital bagi The Magpies. Ia datang dengan catatan impresif dari Italia. Oleh sebab itu, Tonali langsung dipercaya memakai nomor punggung 8. Nomor tersebut sudah digunakan oleh beberapa gelandang berpengalaman Newcastle United. Sebelum Tonali, inilah lima pemain Newcastle United yang memakai nomor punggung 8.

1. Craig Bellamy

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro TonaliCraig Bellamy (twitter.com/NUFC)

Craig Bellamy menjadi bagian dari kejayaan Newcastle United pada awal medio 2000-an. Ia merupakan sosok penting yang mengantarkan The Magpies meraih berbagai gelar juara bergengsi. Bellamy bergabung dengan Newcastle United pada 2001 dan bertahan selama 4 musim.

Ia mengenakan dua nomor punggung berbeda di skuad The Magpies. Pada musim debutnya, Bellamy sempat memakai nomor punggung 8. Ia tampil impresif dengan nomor ikonik tersebut. Namun, setelah itu, Bellamy memutuskan untuk berganti nomor punggung menjadi 10 hingga akhir petualangannya di Newcastle United.

2. Danny Guthrie

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro TonaliDanny Guthrie (twitter.com/ReadingFC)

Setelah Bellamy, nomor punggung 8 Newcastle United sempat tak bertuan dalam waktu lama. Selama 7 musim beruntun, nomor tersebut tak dipakai oleh pemain The Magpies. Barulah pada musim 2008/2009, ada pemain yang mengenakannya. Dia adalah Danny Guthrie.

Guthrie membela Newcastle United selama 4 musim (2008--2012). Dalam kurun waktu itu, ia selalu akrab dengan nomor punggung 8 The Magpies. Guthrie menorehkan 104 penampilan di semua kompetisi. Sayangnya, ia gagal mempersembahkan gelar sama sekali. Guthrie lalu hijrah ke klub Championship, Reading.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 10 Newcastle United sebelum Anthony Gordon

3. Vurnon Anita

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro TonaliVurnon Anita saat membela Leeds United (twitter.com/LUFC)

Kepergian Guthrie tak membuat nomor punggung 8 Newcastle United kembali lowong. Pasalnya, nomor tersebut langsung dipakai oleh Vurnon Anita. Ia merupakan pemain baru The Magpies pada musim panas 2012. Anita memakainya dalam waktu lama, yaitu hingga akhir musim 2016/2017.

Gelandang berpaspor Curacao ini memiliki kontribusi besar dalam permainan Newcastle United. Anita mampu membukukan 115 penampilan di semua kompetisi. Perannya sebagai gelandang bertahan sangat diandalkan. Setelah itu, Anita pindah ke Leeds United pada musim panas 2017.

4. Jonjo Shelvey

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro TonaliJonjo Shelvey (twitter.com/NUFC)

Jonjo Shelvey menikmati puncak kariernya bersama Newcastle United. Ia membela The Magpies selama 7 tahun (2016--2023). Dalam waktu yang lama itu, ia pun sempat berganti nomor punggung. Shelvey awalnya memakai nomor punggung 12 dalam 2 musim perdana bersama The Magpies.

Setelah kepergian Vurnon Anita, Shelvey dipercaya untuk memakai nomor punggung 8 sejak musim 2017/2018. Kepercayaan itu dijalankan dengan baik olehnya. Shelvey menjadi tulang punggung di lini tengah The Magpies yang tampil 252 kali. Sayangnya, ia memutuskan untuk hijrah ke Nottingham Forest pada awal 2023.

5. Anthony Gordon

5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro TonaliAnthony Gordon (premierleague.com)

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 8 Newcastle United berlanjut kepada Anthony Gordon. Ia merupakan rekrutan baru The Magpies pada musim dingin 2023. Saat awal kedatangannya, Gordon langsung dipercaya memakai nomor punggung 8 warisan dari Jonjo Shelvey.

Meski cukup potensial, Gordon belum tampil maksimal. Ia tampil 16 kali, tetapi kebanyakan turun sebagai pemain pengganti. Namun, Gordon dinilai masih bisa berkembang karena usianya yang masih 22 tahun. Tak heran The Magpies memberikannya nomor punggung 10 sejak musim 2023/2024.

Sandro Tonali bakal menjalani petualangan barunya di Inggris. Ia dinilai bisa menawarkan banyak hal untuk Newcastle United dengan segala potensi yang dimilikinya. Bisakah Tonali melakukannya?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Italia yang Berkarier di Premier League, Tonali Terbaru

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya