4 Pemain Afrika yang Membela Bayer Leverkusen pada 2023/2024

Victor Boniface salah satunya!

Bayer Leverkusen menjadi salah satu tim Bundesliga yang menarik untuk disorot pada musim 2023/2024. Pasalnya, klub berjuluk Die Werkself ini tengah menjalani tren positif di bawah asuhan Xabi Alonso. Mereka menjadi penantang serius dalam perebutan gelar Bundesliga bersama Bayern Munich.

Selain racikan sang pelatih, konsistensi yang dicatatkan oleh Bayer Leverkusen juga tak terlepas dari performa para pemainnya. Dari keseluruhan pemain di dalam skuadnya, sebagian besar berasal dari Eropa. Tak hanya itu, ada juga empat pemain Afrika di skuad Bayer Leverkusen pada musim 2023/2024. Siapa saja?

1. Amine Adli membela Bayer Leverkusen sejak musim 2021/2022

4 Pemain Afrika yang Membela Bayer Leverkusen pada 2023/2024Amine Adli (twitter.com/bayer04_en)

Amine Adli merupakan salah satu pemain kunci di lini depan Bayer Leverkusen. Pemain berpaspor Maroko ini sudah menjadi bagian dari skuad Die Werkself sejak musim 2021/2022. Kehadirannya cukup berpengaruh. Pasalnya, Adli kerap merepotkan barisan pertahanan lawan saat diberikan kesempatan untuk tampil.

Adli memiliki kontribusi yang menjanjikan di lini depan Bayer Leverkusen. Secara keseluruhan, ia berhasil membukukan 14 gol dan 13 assist dari 76 pertandingan di semua kompetisi. Catatan ini tentunya masih bisa bertambah sebab Adli menjadi pemain tumpuan sang pelatih, Xabi Alonso.

2. Odilon Kossounou memperkuat kedalaman di lini belakang Bayer Leverkusen

4 Pemain Afrika yang Membela Bayer Leverkusen pada 2023/2024Odilon Kossounou (twitter.com/OdilonKossounou)

Di lini belakang, Bayer Leverkusen memiliki dua pemain aktif yang berasal dari Benua Afrika. Salah satu pemain yang dimaksud itu adalah Odilon Kossounou. Sama seperti Adli, Kossounou sudah membela Bayer Leverkusen sejak musim 2021/2022. Perannya pun cukup penting di sektor pertahanan Die Werkself. 

Pemain berpaspor Pantai Gading itu menunjukkan ketangguhannya di lini belakang Bayer Leverkusen. Tercatat, Kossounou sudah mengantongi 74 pertandingan di berbagai kompetisi. Aksinya yang impresif membuat Kossounou kerap dipanggol oleh timnas senior Pantai Gading.

Baca Juga: Daftar Pemain Baru Leverkusen untuk Musim 2023-2024

3. Edmond Tapsoba baru saja memperpanjang kontraknya hingga Juni 2028

4 Pemain Afrika yang Membela Bayer Leverkusen pada 2023/2024Edmond Tapsoba (twitter.com/12Tapsoba)

Selain Kossounou, Bayer Leverkusen juga memiliki bek asal Afrika lainnya, yaitu Edmond Tapsoba. Ia tergolong sebagai salah satu pemain senior Die Werkself sebab sudah bergabung sejak awal 2020. Posisi Tapsoba sangat vital dalam permainan Bayer Leverkusen sehingga nyaris tak tergantikan oleh pemain lain.

Tapsoba yang berasal dari Burkina Faso ini memimpin barisan pertahanan timnya dengan catatan 144 penampilan. Tak ayal, jasanya kerap dikaitkan dengan klub-klub besar Eropa. Namun, Tapsoba memilih untuk tetap setia. Ia bahkan baru saja memperpanjang kontraknya hingga Juni 2028 mendatang.

4. Victor Boniface tampil sensasional pada awal debutnya bersama Bayer Leverkusen

4 Pemain Afrika yang Membela Bayer Leverkusen pada 2023/2024Victor Boniface (twitter.com/bayer04_en)

Victor Boniface menjadi pemain Afrika terakhir di dalam daftar ini. Berbeda dengan ketiga nama di atas, Boniface merupakan pemain anyar Bayer Leverkusen. Ia baru bergabung dari klub Belgia, Union Saint-Gilloise, pada musim panas 2023 lalu. Kehadirannya pun berefek positif terhadap permainan Die Werkself.

Boniface tak membutuhkan waktu lama untuk bersinar di klub barunya itu. Pemain berpaspor Nigeria tersebut langsung tampil moncer pada awal musim debutnya. Dalam 7 laga yang sudah dijalaninya di semua kompetisi, Boniface sukses mengemas 8 gol dan 3 assist.

Keempat pemain di atas memberikan kontribusi positif untuk Bayer Leverkusen. Mereka tak sekadar menghiasi skuad Die Werkself, tetapi menjadi tumpuan utama yang diandalkan oleh Xabi Alonso.

Baca Juga: 4 Gaetan Terakhir Leverkusen dari Klub Belgia sebelum Victor Boniface

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya