5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor Bundesliga

Harry Kane berpotensi mengikuti jejak mereka

Bundesliga selalu dihuni oleh sederet penyerang berkualitas dari musim ke musim. Hal ini bisa terlihat dari peta persaingan gelar top skor yang selalu sengit. Dalam sedekade terakhir, perbandingan antara penyerang lokal dan asing tidak jauh berbeda. 

Meski begitu, pemain asing tetap mendominasi perburuan gelar top skor Bundesliga. Hal itu sepertinya bakal terus berlanjut pada musim depan. Pasalnya, striker top Inggris, Harry Kane, resmi berkarier di Bundesliga bersama Bayern Munich. Ia berpotensi mengikuti jejak kelima pemain asing ini yang meraih gelar top skor Bundesliga.

1. Edin Dzeko

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor BundesligaEdin Dzeko (twitter.com/VfLWolsburg_EN)

Edin Dzeko pernah meraih gelar top skor Bundesliga sekali. Ia mendapatkannya pada musim 2009/2010 lalu saat masih berseragam Wolfsburg. Dzeko berhasil mengemas 22 gol, Catatannya itu terpaut 1 gol dari penyerang Eintracht Frankfurt, Stefan Kiessling, yang menempati posisi runner-up.

Musim 2009/2010 juga menjadi musim terbaiknya bersama Wolfsburg. Selain menyabet top skor Bundesliga, Dzeko juga meraih gelar DFB Pokal. Ia membela Wolfsburg hingga pertengahan musim 2010/2011. Setelah itu, Dzeko hijrah ke klub top EPL, Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Bundesliga yang Loyal bersama Satu Klub, Setia!

2. Klaas-Jan Huntelaar

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor BundesligaKlaas-Jan Huntelaar (twitter.com/ChampionsLeague)

Gelar top skor Bundesliga 2010/2011 jatuh ke tangan penyerang lokal, Mario Gomez. Semusim berselang, gelar itu disabet oleh striker haus gol Schalke 04, Klaas-Jan Huntelaar. Sepanjang musim berjalan, ia berhasil mengantongi 29 gol di Bundesliga. Catatan itu mengalahkan striker lain.

Sama seperti Dzeko, Huntelaar juga hanya sekali meraih gelar top skor Bundesliga. Kariernya di Jerman sebenarnya sangat lama. Ia berkiprah di Bundesliga sejak 2010 bersama Schalke 04. Huntelaar bertahan selama 7 musim. Ia juga meraih 1 gelar Piala Super Jerman serta 1 trofi DFB Pokal.

3. Robert Lewandowski

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor BundesligaRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Robert Lewandowksi menjadi penyerang asing tersukses di Bundesliga dalam sedekade terakhir. Kejayaannya sangat dominan. Tercatat, Lewandowski berhasil merengkuh 7 gelar top skor Bundesliga bersama dua klub berbeda. Ia meraihnya bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munich.

Lewandowski awalnya menyabet gelar tersebut pada musim 2013/14 (20 gol) bersama Die Borussen. Selebihnya, ia tampil superior dan mengoleksi 7 gelar top skor lain bareng Bayern Munich. Lewandowski meraihnya pada 2015/2016, serta dari musim 2017/2018 hingga 2021/2022 lalu.

4. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor BundesligaPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/BVB)

Di sela-sela dominasi Lewandowski, Bundesliga sejatinya tetap dihuni oleh sederet penyerang ganas. Buktinya, gelar top skor Bundesliga 2016/2017 disabet oleh pemain lain. Dia adalah striker andalan Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, yang mengoleksi 31 gol.

Aubameyang mengungguli Lewandowski di posisi kedua dengan selisih 1 gol saja. Itu merupakan gelar top skor Bundesliga satu-satunya yang ia raih. Aubameyang pun berkarier di Jerman hingga awal 2018. Setelah membela Borussia Dortmund, ia memutuskan hijrah ke Arsenal.

5. Christopher Nkunku

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor BundesligaChristopher Nkunku (instagram.com/c_nkunku)

Bundesliga 2022/2023 masih berjalan seru meski Lewandowski sudah hengkang. Persaingan gelar top skor bahkan berlangsung hingga pekan terakhir. Berbeda dengan beberapa musim sebelumnya, gelar top skor pada musim lalu diraih oleh dua pemain sekaligus.

Top skor Bundesliga 2022/2023 adalah Nicclas Fullkrug dan Christopher Nkunku. Keduanya sama-sama mengemas 16 gol. Terkhusus bagi Nkunku, gelar top skor itu menjadi kado perpisahan manis baginya dengan RB Leipzig. Pasalnya, Nkunku memilih hijrah ke Chelsea pada musim panas 2023.

Persaingan gelar top skor Bundesliga pada musim 2023/2024 bakal memanas. Kehadiran striker top macam Harry Kane tentunya menyuguhkan perburuan gelar yang sengit. Siapakah pemain yang kelak mendapatkan gelar tersebut nantinya?

Baca Juga: Gak Galau Lagi, Harry Kane Menuju Bayern Munich

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya