5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor LaLiga, Produktif!

Jadi panggung Ronaldo dan Messi

LaLiga Spanyol selalu dihuni sederet penyerang berkualitas dari musim ke musim. Mereka selalu bersaing demi menjadi yang terbaik, khususnya soal perolehan gol. Menariknya, LaLiga menjadi ajang para penyerang asing untuk bersinar dalam waktu yang lama.

Dalam sedekade terakhir, gelar top skor LaLiga selalu jatuh kepada pemain asing. Itu termasuk dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang begitu ikonik. Termasuk keduanya, inilah lima pemain asing terakhir yang meraih gelar top skor LaLiga.

1. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor LaLiga, Produktif!Cristiano Ronaldo (twitter.com/LaLigaEN)

Cristiano Ronaldo meraih berbagai kesuksesan di Real Madrid. Tak hanya trofi tim, sejumlah gelar pribadi juga ia bawa pulang. Salah satu penghargaan yang paling sering Ronaldo sabet saat membela Los Blancos adalah gelar top skor LaLiga. Ia meraihnya sebanyak tiga kali sepanjang kariernya.

Gelar top skor LaLiga pertamanya terjadi pada 2010/2011 dengan koleksi 40 gol. Sementara, dua sisanya diraih secara beruntun, yaitu pada 2013/2014 (31 gol) dan 2014/2015 (48 gol). Ronaldo membela Real Madrid hingga 2018, tetapi tak pernah lagi mendapatkan gelar serupa.

2. Luis Suarez

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor LaLiga, Produktif!Luis Suarez (twitter.com/ChampionsLeague)

Dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi benar-benar sulit untuk dipatahkan. Soal urusan gol, keduanya diandalkan timnya masing-masing sebagai lumbung. Meski begitu, di balik dominasi mereka, ada satu nama yang berhasil menjadi top skor LaLiga. Pemain yang dimaksud adalah Luis Suarez.

Suarez meraih gelar top skor LaLiga satu-satunya pada 2015/2016. Saat itu, Suarez menjalani puncak performanya bersama Barcelona. Ia berhasil mengemas 40 gol di LaLiga. Torehannya itu mengungguli Cristiano Ronaldo (35 gol) dan Lionel Messi (26 gol) yang harus puas menduduki posisi tiga besar.

Baca Juga: Nike Jadi Sponsor Al Nassr, Efek Cristiano Ronaldo?

3. Lionel Messi

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor LaLiga, Produktif!Lionel Messi (twitter.com/FCBarcelona)

Tak hanya Cristiano Ronaldo yang memenangi gelar top skor LaLiga lebih dari sekali. Lionel Messi tak mau kalah soal itu. Ia bahkan meraih delapan gelar top skor LaLiga sepanjang kariernya. Torehannya ini membuat Messi menjadi pemain dengan koleksi gelar top skor LaLiga terbanyak sepanjang masa.

Gelar top skor pertamanya diraih pada 2009/2010 dengan torehan 34 gol. Berlanjut ke 2011/2012 dan 2012/2013, gelar top skor kedua dan ketiganya datang. Puncak keemasannya terjadi pada 2016/2017 hingga 2020/2021. Messi berhasil menyabet lima gelar top skor LaLiga secara beruntun.

4. Karim Benzema

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor LaLiga, Produktif!Karim Benzema (twitter.com/Benzema)

Usai kepergian Ronaldo dan Messi, gelar top skor LaLiga akhirnya jatuh kepada pemain lain. Pada 2021/2022, giliran Karim Benzema yang berhasil meraihnya. Gelar top skor itu merupakan gelar perdananya selama lebih dari sedekade membela Real Madrid. Benzema sukses membukukan 27 gol di LaLiga.

Produktivitasnya juga berperan penting dalam keberhasilan Los Blancos. Benzema merupakan pilar kunci Real Madrid pada musim tersebut. Selain meraih gelar top skor LaLiga, prestasinya juga makin lengkap dengan keberhasilan timnya meraih juara LaLiga dan Liga Champions Eropa.

5. Robert Lewandowski

5 Pemain Asing Terakhir yang Meraih Gelar Top Skor LaLiga, Produktif!Robert Lewandowski (instagram.com/fcbarcelona)

Musim 2022/2023 merupakan musim perdana Robert Lewandowski di LaLiga. Meski berstatus debutan, ia sudah pamer kesuksesan. Lewandowski berhasil menyabet gelar top skor LaLiga bersama Barcelona. Ia mengantongi 23 gol, unggul 4 gol dari raihan Karim Benzema yang menduduki posisi runner-up.

Lewandowski masih menunjukkan ketajamannya sebagai mesin gol buas. Usianya sudah 34 tahun, tetapi belum ada tanda-tanda dirinya mengalami penurunan performa. Lewandowski bakal kembali memimpin lini serang Barcelona. Torehan top skor LaLiga miliknya pun masih bisa bertambah nantinya.

Dominasi penyerang asing mengakar kuat di LaLiga. Terakhir kali, pemain Spanyol yang berhasil menyabet gelar top skor berlangsung pada 2007/2008. Dia adalah Dani Guiza, penyerang andalan Mallorca yang mengoleksi 27 gol.

Baca Juga: Lionel Messi Bagi-bagi Hadiah Buat Pemain Inter Miami

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya