5 Pemain Barcelona dengan Nomor Punggung 11 sebelum Raphinha

Raphinha bakal jalani musim keduanya di Barcelona

Skuad Barcelona untuk musim 2023/2024 telah diumumkan. Sederet perubahan terjadi di dalamnya, khususnya terkait nomor punggung. Beberapa pemain La Blaugrana mengubah nomor punggungnya, termasuk Raphinha. Awalnya ia memakai nomor punggung 22, kini ia menggantinya menjadi 11.

Nomor punggung 11 identik dengan penyerang andalan di tiap klub. Hal yang sama juga diharapkan untuknya. Raphinha bakal menjadi pemain penting La Blaugrana dengan nomor punggung tersebut. Ia mengikuti jejak sederet pengguna nomor punggung 11 Barcelona sebelumnya. Siapa saja?

1. Neymar bersinar di Barcelona selama 4 musim

5 Pemain Barcelona dengan Nomor Punggung 11 sebelum RaphinhaNeymar (twitter.com/ChampionsLeague)

Neymar merupakan salah satu pemilik nomor punggung 11 tersukses di Barcelona. Ia memakainya selama 4 musim berseragam La Blaugrana. Bergabung pada 2013, Neymar menjelma jadi salah satu sosok bintang. Ketajamannya di lini serang berkontribusi positif terhadap produktivitas yang diraih oleh Barcelona.

Ia mencetak 105 gol dan 76 assist dari 186 penampilan. Prestasi Neymar juga makin istimewa dengan kehadiran berbagai gelar bergengsi, seperti 2 gelar LaLiga dan 1 trofi Liga Champions. Ia membela Barcelona hingga akhir musim 2016/2017. Setelah itu, Neymar hengkang ke klub kaya raya Ligue 1, PSG.

2. Ousmane Dembele diboyong mahal dari Borussia Dortmund

5 Pemain Barcelona dengan Nomor Punggung 11 sebelum RaphinhaOusmane Dembele (twitter.com/FCBarcelona)

Kepergian Neymar merupakan sebuah kerugian besar bagi Barcelona. Oleh sebab itu, La Blaugrana dengan cepat mencari penggantinya. Pilihan Barcelona itu akhirnya jatuh kepada Ousmane Dembele. Ia datang ke Camp Nou sebagai penerus Neymar. Dembele juga diberikan nomor punggung 11 pada musim panas 2017.

Dembele memakai nomor punggung 11 selama 4 musim di Barcelona. Selebihnya, ia memakai nomor 7. Meski datang dengan harapan yang tinggi, karier Dembele di Barcelona tak sepenuhnya mengesankan. Ia kerap menepi karena cedera. Dembele bahkan memilih hengkang ke PSG pada musim panas 2023.

Baca Juga: Barcelona Akan Lebih Baik Tanpa Ousmane Dembele

3. Yusuf Demir tak bertahan lama di Barcelona karena berstatus pinjaman

5 Pemain Barcelona dengan Nomor Punggung 11 sebelum RaphinhaYusuf Demir (twitter.com/yusufdemir_10)

Setelah Dembele, nomor punggung 11 Barcelona dipakai oleh Yusuf Demir. Ia merupakan rekrutan anyar Barcelona pada musim panas 2021. Dipinjam dari Rapid Vienna, Demir langsung dipercaya menghuni skuad utama La Blaugrana. Sayangnya, ia tak bertahan lama karena kalah bersaing di lini serang.

Selama membela Barcelona, Demir hanya tampil sebanyak sembilan kali di semua kompetisi. Durasi peminjamannya pun dipotong lebih awal. Demir dikembalikan ke klub asalnya pada musim dingin 2022. Itu terjadi sebab Barcelona enggan menbayar klausul khusus di kontraknya apabila Demir bermain sepuluh kali di tim utama.

4. Adama Traore kembali ke Barcelona dengan nomor punggung 11

5 Pemain Barcelona dengan Nomor Punggung 11 sebelum RaphinhaAdama Traore (twitter.com/AdamaTrd37)

Adama Traore merupakan pemilik nomor punggung 11 Barcelona berikutnya. Ia mengenakannya selama paruh kedua musim 2021/2022 lalu. Saat itu, Adama merupakan pemain pinjaman dari Wolverhampton. Ia direkrut oleh La Blaugrana sebagai tenaga tambahan di lini depan. Kehadirannya pun tak sia-sia.

Jebolan akademi La Masia itu membawa Barcelona bangkit dan finis di posisi runner-up LaLiga. Adama tampil sebanyak 21 kali dengan koleksi 1 gol dan 4 assist. Meski performanya cukup apik, Barcelona tak tertarik untuk menebusnya secara permanen. Adama lalu kembali ke Wolves pada musim berikutnya.

5. Ferran Torres pakai nomor punggung 11 sebelum beralih ke nomor 7

5 Pemain Barcelona dengan Nomor Punggung 11 sebelum RaphinhaFerran Torres (instagram.com/ferrantorres)

Ferran Torres bergabung dengan Barcelona pada musim dingin 2022. Ia awalnya memakai nomor punggung 19. Namun, pada awal musim 2022/2023, Ferran dipercaya untuk memakai nomor punggung 11. Ia menjadi salah satu pemain penting di lini serang Barcelona meski tak selalu tampil sebagai starter.

Secara keseluruhan, Ferran sudah mengoleksi 14 gol dan 9 assist dari 71 penampilan. Ia juga menjadi bagian penting di balik keberhasilan Barcelona meraih gelar LaLiga 2022/2023. Seiring dengan kepergian Dembele ke PSG, Ferran mengganti nomor punggungnya menjadi 7 pada musim panas 2023.

Raphinha bakal menjadi salah satu andalan di lini serang Barcelona. Dengan nomor punggung baru, ia diharapkan dapat meningkatkan performanya di Camp Nou. Bisakah Raphinha mewujudkannya?

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 7 Barcelona sebelum Ferran Torres

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya