7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024

Sebagian besar masih menjadi pilihan utama

Barcelona menjadi salah satu kandidat kuat juara LaLiga Spanyol pada 2023/2024. Di kancah Eropa, performa La Blaugrana juga cukup impresif. Mereka berhasil lolos ke fase gugur Liga Champions. Hal ini tak terlepas dari kombinasi para pemain senior dan pemain muda di dalam skuadnya.

Barcelona memiliki sederet pemain muda potensial. Tak hanya itu, ada juga beberapa nama senior dengan usia kepala tiga yang memiliki segudang pengalaman. Mereka sudah menjalani berbagai situasi selama berkarier sebagai pemain.

Pada 2023/2024, ada tujuh pemain Barcelona yang berusia kepala tiga. Siapa saja mereka?

1. Robert Lewandowski menjadi mesin gol utama Barcelona

7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Robert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Robert Lewandowski merupakan pemain tertua yang mengisi skuad Barcelona pada 2023/2024. Saat ini, ia sudah menginjak usia 35 tahun. Meskipun usianya sudah tak muda lagi, Lewandowski tetap menjadi andalan utama Barcelona di lini depan. Ketajamannya dipercaya sebagai senjata maut La Blaugrana. Dari 15 penampilan, Lewandowski berhasil membukukan 8 gol dan 4 assist.

2. Ilkay Guendogan memulai perjalanan barunya di Barcelona

7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Ilkay Guendogan (instagram.com/fcbarcelona)

Ilkay Guendogan menjajal petualangan baru pada 2023/2024. Setelah sukses besar bersama Manchester City, Gundogan melanjutkan kariernya ke Barcelona. Kedatangannya sangat menguntungkan La Blaugrana. Meski berusia 33 tahun, performa Guendogan tetap menjanjikan dalam mengatur permainan. Hasilnya pun berbuah manis. Guendogan dengan cepat beradaptasi di Barcelona. Ia sudah bermain 18 kali dengan koleksi 1 gol dan 5 assist.

3. Inigo Martinez menambah opsi bek di lini belakang

7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Inigo Martinez (instagram.com/fcbarcelona)

Inigo Martinez bergabung dengan Barcelona pada awal 2023/2024. Ia datang untuk menambah variasi di jantung pertahanan La Blaugrana. Kedatangannya sempat diragukan sebab Inigo sudah berusia 32 tahun. Namun, semua keraguan itu berhasil ia patahkan. Inigo sejatinya sempat menjadi cadangan, tetapi kini sudah tampil reguler. Ia mampu mengantongi sembilan penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 22 Barcelona sebelum Ilkay Guendogan

4. Oriol Romeu kembali ke Barcelona setelah berkelana ke berbagai negara

7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Oriol Romeu (twitter.com/FCBarcelona)

Oriol Romeu juga berstatus sebagai pemain anyar Barcelona pada 2023/2024. Ia kembali ke klub masa kecilnya tersebut. Romeu bergabung ke Barcelona untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Sergio Busquets. Namun, adaptasinya tak berjalan dengan cepat. Pemain berusia 32 tahun itu belum sepenuhnya tampil menjanjikan. Romeu memang bermain sebanyak 17 kali, tetapi kebanyakan turun sebagai pemain pengganti.

5. Marcos Alonso hanya menjadi cadangan di lini pertahanan

7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Marcos Alonso (instagram.com/marcosalonso28)

Marcos Alonson menambah opsi di lini belakang Barcelona sejak merapat pada 2022/2023. Kedatangannya ke Camp Nou tak banyak disorot. Sebab, Alonso hanya diproyeksikan sebagai bek pelapis. Hal itu berlanjut pada 2023/2024. Alonson hanya diplot sebagai pelapis dari Alejandro Balde di posisi bek kiri Barcelona. Secara keseluruhan, eks pemain Chelsea ini hanya bermain sebanyak tujuh kali di semua kompetisi.

6. Sergi Roberto ditunjuk sebagai kapten utama Barcelona sejak awal 2023/2024

7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Sergi Roberto (twitter.com/fcbarcelona_tr)

Sergi Roberto memasuki akhir dari petualangannya bersama Barcelona. Jebolan akademi La Masia ini mulai kehilangan tempatnya sebagai pilihan utama. Meski berstatus sebagai kapten tim, peran Roberto makin berkurang. Masalah cedera hingga persaingan yang ketat membuatnya kerap hanya duduk di bangku cadangan. Ia dikabarkan bakal hijrah dari Barcelona musim depan.

7. Marc-Andre ter Stegen masih menjadi kiper nomor satu Barcelona

7 Pemain Barcelona yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Marc-Andre ter Stegen (twitter.com/mterstegen1)

Pemain terakhir adalah Marc-Andre ter Stegen. Kiper berusia 31 tahun ini memiliki peran krusial di bawah mistar gawang Barcelona. Ter Stegen memegang status sebagai kiper nomor satu La Blaugrana tiap musim, termasuk pada 2023/2024. Dominasinya belum tergeser kiper Barcelona yang lain. Tercatat, ter Stegen sudah bermain sebanyak 17 kali dengan catatan 8 clean sheet.

Kehadiran para pemain senior di atas memberikan banyak keuntungan bagi Barcelona. Selain performanya masih kompetitif, mereka juga bisa menjadi memberikan ilmu dan pengalamannya kepada rekan setim yang lain.

Baca Juga: Noah Darvich, Wonderkid Jerman yang Siap Jadi Bintang Barcelona

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya