Noah Darvich, Wonderkid Jerman yang Siap Jadi Bintang Barcelona

Sukses bikin gebrakan di Piala Dunia U-17 2023

Sepak bola Jerman menandakan kebangkitannya lewat prestasi timnas U-17. Der Panzer muda berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Prancis dengan skor 4-3 lewat adu penalti pada 2 Desember 2023. Para pemain yang membawa Timnas Jerman U-17 2023 langsung menjadi sorotan publik sepak bola.

Peraih penghargaan Golden Ball atau pemain terbaik di Piala Dunia U-17 2023, Paris Brunner, tengah naik daun dan dipantau oleh klub-klub besar Eropa. Akan tetapi, bintang Jerman dalam laga final melawan Prancis, Noah Darvich, juga menunjukkan potensi besarnya sebagai pemain dengan bakat luar biasa. Kapten Timnas Jerman U-17 itu berhasil mencetak satu gol ketika bermain imbang 2-2 pada waktu normal.

Mengenal lebih dalam tentang sosok Noah Darvich, intik tiga fakta unik seputar wonderkid Timnas Jerman dan Barcelona tersebut melalui artikel ini, yuk!

1. Mengawali karier sepak bolanya bersama akademi SC Freiburg

Noah Darvich, Wonderkid Jerman yang Siap Jadi Bintang BarcelonaNoah Darvich (dfb.de)

Noah Darvich lahir di Freiburg pada 25 September 2006. Ayahnya lahir di Prancis, tetapi memiliki keturunan Irak. Sementara ibunya warga asli Jerman. Ia mulai serius menimba ilmu sepak bola bersama akademi Eintracht Freiburg. Darvich kemudian pindah ke akademi SC Freiburg pada Juli 2017.

Ia mulai bermain di tim U-17 SC Freiburg pada Juli 2021. Darvich menampilkan performa apik dengan menorehkan 9 gol dan 5 assist dari 23 pertandingan di kompetisi Bundesliga U-17. Hal tersebut membuatnya menjadi incaran beberapa klub besar Eropa, salah satunya Barcelona.

Baca Juga: 4 Pemain Jerman Jebolan Piala Dunia U-17 yang Juara Piala Dunia 2014

2. Barcelona membelinya dengan seharga Rp50 miliar

Noah Darvich, Wonderkid Jerman yang Siap Jadi Bintang BarcelonaNoah Darvich (fcbarcelona.com)

Barcelona benar-benar serius ingin mendatangkan Darvich. Pelatih Barca Atletic, Rafael Marquez, tertarik dengan bakat sang pemain. Darvich akhirnya bergabung dengan Barcelona setelah klub menebusnya dari SC Freiburg seharga 3 juta euro atau Rp50 miliar pada musim panas 2023.

Banyak pihak yang meragukan Darvich mampu beradaptasi dengan sistem permainan Barcelona yang identik dengan formasi 4-3-3. Pasalnya, ia merupakan pemain bertipe nomor 10 atau playmaker yang biasa beroperasi di belakang striker. Darvich selalu ditempatkan sebagai gelandang serang bertipe nomor 10 di Freiburg U-17, U-19, dan Timnas Jerman U-17. Nyatanya, Darvich mampu menyesuaikan diri dengan sistem permainan Barcelona selama tampil di tim Barca Atletic. Sejauh ini, ia mampu mencatat 9 penampilan dan mencetak 1 gol di semua kompetisi bersama Barca Atletic pada 2023/2024.

3. Menjadi kapten Timnas Jerman di Euro U-17 2023 dan Piala Dunia U-17 2023

Noah Darvich, Wonderkid Jerman yang Siap Jadi Bintang BarcelonaNoah Darvich (kanan baju hitam) kapten Timnas Jerman U-17. (fifa.com)

Darvich tidak hanya piawai sebagai kreator serangan, tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan sejak usia muda. Terbukti, ia dipercaya memegang jabatan kapten untuk Timnas Jerman di Euro U-17 2023 dan Piala Dunia U-17 2023. Hasilnya, Darvich bersama rekan-rekannya mampu meraih gelar juara di dua turnamen tersebut.

Ia menunjukkan potensinya sebagai gelandang kreatif yang mampu menciptakan assist. Dilansir Transfermarkt, Darvich menorehkan 2 gol dan 4 assist di Euro U-17 2023, serta 2 gol dan 4 assist dalam 7 penampilannya di Piala Dunia U-17 2023. Ia mengungkapkan bahwa gelar juara Piala Dunia U-17 sangat penting bagi Jerman dan dirinya bangga bisa menjadi kapten selama turnamen.

Kegemilangan Darvich tentu menjadi angin segar bagi sepak bola Jerman yang tengah melakukan proyek regenerasi. Sebab, prestasi Der Panzer merosot tajam usai tersingkir di babak grup Piala Dunia 2018 dan 2022. Darvich juga digadang-gadang akan menjadi bintang Barcelona dalam beberapa tahun ke depan. Ia memiliki peluang untuk segera menjalani debut di tim utama Barcelona dengan penampilan impresif serta jiwa kepemimpinan yang ia tunjukkan selama Euro U-17 dan Piala Dunia U-17 2023, 

Baca Juga: 3 Jebolan Piala Dunia U-17 yang Mencetak Gol di Final Piala Dunia

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya