3 Pemain Republik Ceko yang Mengisi Skuad Bayer Leverkusen 2023/2024

Patrik Schick adalah salah satunya

Bayer Leverkusen mencuat ke permukaan publik dengan segudang kejutannya pada 2023/2024. Di bawah asuhan Xabi Alonso, klub berjuluk Die Werkself ini tampil luar biasa. Bayer Leverkusen memuncaki klasemen sementara Bundesliga dan lolos dengan mulus ke fase gugur Liga Europa. Mereka juga belum terkalahkan hingga pertengahan 2023/2024.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari kontribusi para pemain Die Werkself. Menariknya, dari keseluruhan pemain di skuad Bayer Leverkusen, ada tiga nama yang berasal dari Republik Ceko. Negara tersebut sejatinya tak memiliki prestasi mentereng di dunia sepak bola. Tentunya ketiga pemain ini memberikan angin segar tersendiri bagi negaranya.

Inilah tiga pemain Republik Ceko yang mengisi skuad Bayer Leverkusen pada 2023/2024.

1. Matej Kovar bergabung dengan Bayer Leverkusen pada awal 2023/2024

3 Pemain Republik Ceko yang Mengisi Skuad Bayer Leverkusen 2023/2024Matej Kovar (twitter.com/bayer04_en)

Matej Kovar merupakan pemain baru Bayer Leverkusen pada 2023/2024. Ia bergabung dari salah satu klub papan atas English Premier League, Manchester United. Keputusannya untuk pindah itu disebabkan masa depan Kovar yang tidak jelas di Old Trafford. Oleh sebab itu, Kovar memilih hijrah ke Bayer Leverkusen.

Bersama Die Werkself, Kovar sejatinya punya kesempatan besar untuk bersinar. Namun, awal petualangannya di Jerman tak benar-benar berjalan mulus. Kovar tak langsung diandalkan sebagai kiper utama. Ia hanya ditempatkan sebagai cadangan dari Lukas Hradecky yang memimpin barisan pertahanana Die Werkself.

Secara keseluruhan, Kovar tampil cukup menjanjikan. Ia mampu mengantongi 3 clean sheet dari 7 penampilan. Semua pertandingan yang Kovar jalani berlangsung di Liga Europa dan DFB Pokal. Kovar belum menjalani debut di Bundesliga. Namun, sisa 2023/2024 masih panjang dan kesempatannya itu bisa saja terjadi dalam waktu dekat.

2. Adam Hlozek menambah kedalaman di lini serang Die Werkself

3 Pemain Republik Ceko yang Mengisi Skuad Bayer Leverkusen 2023/2024Adam Hlozek (twitter.com/bayer04_en)

Selain Kovar, dua rekan senegaranya di Bayer Leverkusen sama-sama beroperasi di lini serang. Salah satunya adalah Adam Hlozek. Ia sudah menjadi bagian dari skuad Bayer Leverkusen sejak 2022/2023 lalu. Hlozek merupakan salah satu pemain berharga yang dimiliki oleh Die Werkself. Pasalnya, ia baru menginjak usia 21 tahun.

Meski begitu, kontribusi yang diberikan oleh Hlozek untuk tim tak sepenuhnya maksimal. Ia kesulitan menjadi pilihan utama sang manajer, Xabi Alonso. Terlebih lagi, lini depan Bayer Leverkusen diisi oleh beberapa penyerang berkualitas lainnya. Tak ayal Hlozek hanya dipercaya sebagai pilihan terakhir.

Eks pemain Sparta Prague itu lebih banyak tampil sebagai pemain pengganti pada 2023/2024. Ia sejatinya sudah tampil sebanyak 20 kali. Namun, koleksinya baru mencapai 5 gol dan 3 assist. Dengan potensi yang ia miliki, Hlozek tentunya dapat menjadi andalan utama Bayer Leverkusen dalam beberapa musim mendatang.

3. Patrik Schick tampil moncer meski rentan mengalami cedera

3 Pemain Republik Ceko yang Mengisi Skuad Bayer Leverkusen 2023/2024Patrik Schick (instagram.com/p_schicky)

Selain Hlozek, ada juga Patrik Schick yang bertugas untuk merusak jala gawang lawan. Dibandingkan kedua nama di atas, Schick memiliki masa bakti yang lebih lama. Ia sudah berseragam Bayer Leverkusen sejak 2020/2021. Kariernya juga cukup gemilang. Schick sempat menjadi mesin gol utama Die Werkself.

Terlepas dari performanya tersebut, Schick juga memiliki masalah kebugaran. Ia sering kali mengalami cedera yang beragam, khususnya saat membela Bayer Leverkusen. Hal yang sama juga terjadi pada 2023/2024. Schick menderita cedera betis. Akibat cedera tersebut, Schick harus absen selama 3 bulan.

Riwayat kebugarannya yang buruk tersebut membuat posisi Schick terasingkan. Pasalnya, ia tak diandalkan lagi sebagai penyerang utama. Posisinya direbut oleh Victor Boniface. Schick baru bermain dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi. Dari laga tersebut, ia mencetak 6 gol dan 1 assist.

Meski tak semuanya menjadi pilihan utama, ketiga nama di atas tetap memiliki peran penting di skuad Bayer Leverkusen. Kehadiran mereka saat dibutuhkan kerap kali menjadi pembeda. Bisakah mereka mengantarkan Die Werkself meraih gelar juara Bundesliga nanti?

Baca Juga: 5 Klub EPL Ini Incar Patrik Schick, Striker Andalan Bayer Leverkusen

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya