3 Pemain yang Dipinjam oleh Xavi Hernandez selama Melatih Barcelona

Dua di antaranya bergabung pada musim panas 2023

Karier kepelatihan Xavi Hernandez di Barcelona masih berjalan mulus. Sejak ditunjuk sebagai juru taktik pada Oktober 2021, Xavi membawa La Blaugrana terus konsisten di papan atas klasemen. Hal itu tak terlepas dari aktivitas transfer yang mumpuni dengan kehadiran beberapa pemain anyar ke dalam skuadnya.

Meski dilanda krisis finansial, Barcelona era Xavi tetap aktif berburu pemain. Tak hanya secara permanen, La Blaugrana juga kerap meminjam pemain dari klub lain. Total, selama dilatih oleh Xavi, Barcelona sudah merekrut tiga pemain anyar dengan status pinjaman. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Adama Traore kembali ke klub masa kecilnya

3 Pemain yang Dipinjam oleh Xavi Hernandez selama Melatih BarcelonaAdama Traore (twitter.com/AdamaTrd37)

Bursa transfer musim dingin 2022 menjadi titik balik dalam kebangkitan Barcelona. Setelah paruh pertama yang buruk, La Blaugrana berhasil bangkit dari keadaan kelam itu melalui tambahan sejumlah pemain baru. Xavi Hernandez merekrut beberapa nama anyar ke Camp Nou untuk memperbaiki performa tim.

Adama Traore merupakan salah satu rekrutan Barcelona pada musim dingin 2022. La Blaugrana meminjamnya dari Wolverhampton Wanderers selama 6 bulan. Ia bukanlah sosok asing sebab pernah menimba ilmu di akademi La Masia. Tak ayal, Adama langsung tampil moncer.

Selama melakoni peran pemain pinjaman, Adama kerap diturunkan. Ia mampu tampil reguler dengan catatan 21 penampilan serta mengemas 1 gol dan 4 assist. Ia membawa Barcelona kembali naik ke papan atas klasemen LaLiga. Sayangnya, La Blaugrana tak bisa menebusnya secara permanen.

2. Impian Joao Felix untuk bermain di Barcelona akhirnya terwujud

3 Pemain yang Dipinjam oleh Xavi Hernandez selama Melatih BarcelonaJoao Felix (instagram.com/fcbarcelona)

Pada musim 2022/2023, Barcelona tak meminjam pemain dari klub lain. Berselang semusim kemudian, La Blaugrana melakukannya lagi. Kali ini, Barcelona meminjam dua pemain sekaligus untuk menambah kedalaman skuad. Salah satunya adalah penyerang muda Atletico Madrid, Joao Felix.

Transfer Felix ke Barcelona terealisasi pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2023. Kepindahannya ke Barcelona sangat berarti bagi Felix. Pasalnya, pemain berusia 23 tahun tersebut mengakui bahwa Barcelona merupakan klub impian yang ingin dibelanya sejak lama.

Bersama La Blaugrana, Felix bakal menambah variasi di lini depan. Ia menggantikan posisi Ansu Fati yang dipinjam oleh Brighton selama semusim. Pengalamannya di LaLiga bersama Atletico Madrid menjadi modal bagus. Namun, Barcelona tak memiliki opsi pembelian permanen kepadanya.

3. Joao Cancelo kembali ke LaLiga dengan memakai seragam tempur Barcelona

3 Pemain yang Dipinjam oleh Xavi Hernandez selama Melatih BarcelonaJoao Cancelo (instagram.com/fcbarcelona)

Barcelona meminjam pemain bernama Joao lainnya pada musim panas 2023. Dia adalah Joao Cancelo. La Blaugrana berhasil menyelesaikan kesepakatan peminjaman Cancelo dari Manchester City. Ia bakal berseragam La Blaugrana hingga akhir musim 2023/2024 mendatang.

Cancelo membawa segudang pengalaman berharga. Hal itu bukan tanpa alasan. Ia pernah membela sejumlah klub besar Eropa, seperti Inter Milan, Juventus, hingga Bayern Munich. Cancelo juga dikenal sebagai pemain yang serbabisa di beberapa posisi.

Kehadirannya memberikan keuntungan dari segi taktik bagi Xavi Hernandez. Terlebih lagi, Cancelo tak bakal kesulitan untuk beradaptasi di Spanyol. Hal itu terjadi sebab dirinya pernah berkarier di sana, tepatnya pada 2014 hingga 2017 lalu. Saat itu, Cancelo merupakan pemain aktif Valencia.

Kedatangan Joao Felix dan Joao Cancelo merupakan tambahan amunisi yang ideal bagi Barcelona. Sang pelatih, Xavi Hernandez, juga memiliki banyak opsi dalam penentuan strategi di atas lapangan. Juara di beberapa kompetisi bergengsi pun menjadi target yang pas bagi La Blaugrana pada musim ini.

Baca Juga: Vinicius Jadi Korban Rasisme, Xavi Hernandez: Dia Juga Manusia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya