5 Pemain Inggris Termahal yang Didatangkan oleh West Ham United

James Ward-Prowse berada di puncak

West Ham United sempat tak aktif dalam berburu pemain pada musim panas 2023. Pergerakannya tak begitu terlihat, namun menjelang akhir bursa transfer, The Hammers mulai serius dalam meracik skuadnya. West Ham United dikabarkan tertarik dengan beberapa pemain.

The Hammers juga sudah mendapatkan dua pemain baru, yaitu Edson Alvarez dan James Ward-Prowse. Terkhusus bagi Ward-Prowse, ia menjadi pemain Inggris termahal yang pernah direkrut oleh The Hammers. Termasuk dirinya, inilah lima pemain Inggris termahal yang didatangkan oleh West Ham United.

1. James Ward-Prowse bergabung dari Southampton usai gagal bertahan di EPL

5 Pemain Inggris Termahal yang Didatangkan oleh West Ham UnitedJames Ward-Prowse (twitter.com/WestHam)

James Ward-Prowse akhirnya meninggalkan Southampton pada musim panas 2023. Ia tetap bertahan di EPL sebab setuju untuk pindah ke West Ham United. Dalam proses kepindahannya ini, Ward-Prowse ditebus oleh The Hammers seharga 35 juta euro atau sekitar Rp miliar. Ia dikontrak dengan durasi selama 4 musim.

Pemain berusia 28 tahun itu menjadi rekrutan kedua West Ham United setelah Edson Alvarez. Hadirnya Ward-Prowse dapat memperkaya opsi di lini tengah The Hammers. Pengalaman dan kematangannya yang mumpuni bisa menjadi suntikan berharga. Ward-Prowse juga dikenal mahir dalam situasi bola mati.

2. Jarred Bowen tampil tajam di lini serang The Hammers

5 Pemain Inggris Termahal yang Didatangkan oleh West Ham UnitedJarrod Bowen (twitter.com/WestHam)

Jarrod Bowen resmi berseragam West Ham United pada musim dingin 2020. Saat itu, The Hammers bersedia menebusnya seharga 21 juta euro atau sekitar Rp351 miliar dari Hull City. Pembelian ini membuahkan hasil yang manis bagi keduanya. Bowen bersinar di lini serang klub barunya itu.

Ia menjelma salah satu pemain kunci The Hammers. Kontribusinya terbilang impresif di sektor penyerangan. Tercatat, Bowen sudah mengantongi 54 gol dan 14 assist dari 131 penampilan. Ia juga mempersembahkan 1 gelar UEFA Conference League pada musim 2022/2023 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain West Ham yang Pakai Nomor Punggung 20 Sebelum Jarrod Bowen

3. Andy Carroll pindah ke West Ham United usai gagal bersinar di Liverpool

5 Pemain Inggris Termahal yang Didatangkan oleh West Ham UnitedAndy Carroll (premierleague.com)

West Ham United menjadi tempat selanjutnya bagi Andy Carroll usai terpuruk di Liverpool. Proses kepindahannya itu terealisasi pada musim panas 2012. Carroll awalnya dipinjam selama semusim. Karena tampil mengesankan jasanya pun dipermanenkan seharga 17,5 juta euro atau sekitar Rp293 miliar.

Bersama The Hammers, Carroll menikmati kariernya. West Ham United juga menjadi klub terlama yang ia bela. Selama 7 musim, Carroll jadi salah satu opsi andalan sebagai mesin gol. Ia mencetak 34 gol dan 17 assist dari 142 laga. Pada musim panas 2019, Carroll hijrah ke klub lamanya, Newcastle United.

4. Matthew Upson jadi salah satu pilar penting di lini belakang West Ham United

5 Pemain Inggris Termahal yang Didatangkan oleh West Ham UnitedMatthew Upson (twitter.com/WestHam)

Matthew Upson sudah malang-melintang di sejumlah klub Inggris. Sederet klub top pernah dibelanya, termasuk saat dirinya sukses meraih 2 gelar EPL bersama Arsenal. Selain The Gunners, Upson juga sempat berseragam klub kota London lainnya, yaitu West Ham United.

Ia direkrut oleh The Hammers pada musim dingin 2007. Upson digaet dari Birmingham City seharga 13 juta euro atau sekitar Rp217 miliar. Selama 4,5 musim, Upson menjadi pilar utama di jantung pertahanan West Ham United. Ia mencatatkan 146 penampilan sebelum hijrah ke Stoke City.

5. Danny Ings bergabung dengan West Ham United pada Januari 2023

5 Pemain Inggris Termahal yang Didatangkan oleh West Ham UnitedDanny Ings (premierleague.com)

Danny Ings baru bergabung dengan West Ham United pada musim dingin 2023. Ia ditebus dari Aston Villa seharga 12 juta euro atau sekitar Rp miliar. Kehadirannya ditujukan untuk menambah daya serang The Hammers. Terlebih lagi, lini serang West Ham United tumpul meski sudah dihuni oleh Gianluca Scamacca dan Michail Antonio.

Ings diharapkan dapat memberi kontribusi signifikan. Meski begitu, performanya masih belum maksimal. Setengah musim debut yang dijalani oleh Ings belum menjanjikan. Ia baru mencetak 2 gol dan 3 assist dari 23 laga. Namun, Ings tetap menjadi bagian penting dalam keberhasilan The Hammers meraih gelar UEFA Conference League.

West Ham United sebenarnya mengincar pemain Inggris lain pada musim panas 2023. Dia adalah Harry Maguire. Namun, kesepakatan transfer gagal tercapai karena Maguire tak ingin hengkang dari Manchester United.

Baca Juga: Harry Maguire Gagal Pindah ke West Ham

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya