6 Pemain Inggris yang Tinggalkan Klub Masa Kecilnya pada 2023

Akhiri hubungan yang sudah berlangsung lama

Bursa transfer selalu menjadi momen yang menyajikan beragam hal menarik seputar perburuan pemain oleh tiap klub. Mulai dari drama hingga waktu yang ideal untuk berpisah, sederet kepindahan pemain ke klub barunya tentu menyimpan berbagai cerita di dalamnya.

Pada musim panas 2023, misalnya, ada beberapa pemain yang berpisah dengan klub yang sudah dibelanya sejak kecil. Mereka pindah karena beragam alasan, seperti tersingkirkan dari skuad atau ingin mencoba tantangan baru. Keenam pemain asal Inggris ini mengalaminya. Mereka meninggalkan klub masa kecilnya.

1. Ruben Loftus-Cheek pergi ke AC Milan dan susul beberapa rekannya

6 Pemain Inggris yang Tinggalkan Klub Masa Kecilnya pada 2023Ruben Loftus-Cheek (twitter.com/acmilan)

Ruben Loftus-Cheek mengakhiri petualangannya bersama Chelsea. Kepastian ini diperoleh usai dirinya hengkang ke AC Milan. Loftus-Cheek berpisah dari klub yang sudah dibelanya sejak masih berusia 8 tahun. Ia meninggalkan Chelsea karena kesulitan mendapatkan tempat utama di lini tengah.

Loftus-Cheek bakal menjajal kompetisi baru. Ia bergabung dengan AC Milan yang berambisi untuk tampil lebih kuat di bawah kepemilikan baru. Sosoknya diplot sebagai pengganti Sandro Tonali. Dengan pengalamannya yang berkarier di liga sekaliber EPL, Loftus-Cheek dinilai tak bakal kesulitan di Italia.

2. Ainsley Maitland-Niles meninggalkan Arsenal karena tak menjadi pilihan utama

6 Pemain Inggris yang Tinggalkan Klub Masa Kecilnya pada 2023Ainsley Maitland-Niles (twitter.com/OL_English)

Proyek jangka panjang Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta berjalan dengan baik. Salah satu faktor keberhasilannya karena kombinasi pemain-pemain muda yang mumpuni. Namun, geliat positif The Gunners harus memakan korban sederet pemain akademi miliknya. Mereka terpaksa pindah ke klub lain.

Pada musim panas 2023, Arsenal melepas Ainsley Maitland-Niles secara gratis. Kepergiannya terjadi sebab persaingan ketat di lini tengah The Gunners. Maitland-Niles harus pergi demi bisa tampil reguler. Kini, ia bergabung dengan Olympique Lyon. Ia punya peluang untuk bangkit dan membuktikan kualitas terbaiknya.

Baca Juga: 12 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 7 di MU, Ada Mason Mount

3. Mason Mount berlabuh ke Manchester United

6 Pemain Inggris yang Tinggalkan Klub Masa Kecilnya pada 2023Mason Mount (twitter.com/ManUtd)

Kabar mengejutkan datang dari Mason Mount. Ia memutuskan untuk berpisah dengan Chelsea pada musim panas 2023. Padahal, Mount sudah berseragam The Blues sejak masih belia. Ia hengkang dari Stamford Bridge karena ingin mencoba pengalaman baru bersama klub lain.

Klub selanjutnya yang dibela Mount adalah Manchester United. Kepindahannya seharga 64 juta euro atau sekitar Rp1 triliun itu menuai banyak sorotan. Terlebih lagi, The Red Devils merupakan salah satu rival Chelsea di EPL. Mount dianggap sebagai pengkhianat oleh penggemar The Blues.

4. Harry Winks mencoba petualangan baru bersama Leicester City

6 Pemain Inggris yang Tinggalkan Klub Masa Kecilnya pada 2023Harry Winks (twitter.com/LCFC)

Nasib Harry Winks di Tottenham Hotspur sebenarnya sudah berantakan sejak musim lalu. Ia dipinjamkan ke Sampdoria karena tak masuk skema pelatih. Kini, pada musim panas 2023, Winks akhirnya dilepas secara permanen. Tottenham Hotspur melepas salah satu jebolan akademinya itu ke Leicester City.

Kepindahannya ke Leicester City mengakhiri pengabdian panjang Winks bersama The Lilywhites. Ia sudah berseragam Tottenham Hotspur sejak berusia 6 tahun. Namun, semuanya tinggal kenangan. Winks dihadapkan dengan misi penting untuk membawa Leicester City kembali naik ke EPL.

5. Harry Kane tinggalkan Tottenham Hotspur dengan rekor top skor sepanjang masa klub

6 Pemain Inggris yang Tinggalkan Klub Masa Kecilnya pada 2023Harry Kane (twitter.com/FCBayern)

Drama terkait masa depan Harry Kane akhirnya terjawab pada musim panas 2023. Ia memutuskan untuk hijrah ke Bayern Munich. Pilihannya itu sekaligus menyudahi karier panjang Kane bersama Tottenham Hotspur. Ia tak bakal memakai jersey The Lilywhites untuk pertama kalinya pada musim depan.

Kane meninggalkan Tottenham Hotspur dengan catatan impresif. Sejak promosi ke skuad utama, Kane jadi top skor sepanjang masa tim dengan koleksi 280 gol. Catatan tersebut sangat menjanjikan. Ia diharapkan bisa menjadi pengganti ideal Robert Lewandowski di lini serang Bayern Munich.

6. James Ward-Prowse berpisah dengan Southampton usai gagal bertahan di EPL

6 Pemain Inggris yang Tinggalkan Klub Masa Kecilnya pada 2023James Ward-Prowse (twitter.com/WestHam)

Musim 2023/2024 bakal menjadi musim yang berbeda bagi James Ward-Prowse. Pasalnya, ia tak lagi membela Southampton. Ward-Prowse berpisah dengan klub masa kecilnya itu usai gagal bertahan di EPL. Ia sepakat untuk hengkang ke West Ham United seharga 35 juta euro atau sekitar Rp586 miliar.

Kehadiran Ward-Prowse bakal menguntungkan The Hammers. Pengalamannya di EPL tak perlu diragukan lagi. Selain itu, kualitasnya yang masih mumpuni bisa memperkaya opsi di lini tengah. Ward-Prowse punya atribut lengkap sebagai pengatur permainan. Ia dinilai bisa menggantikan posisi Declan Rice.

Keenam pemain di atas meninggalkan klub yang sudah dibelanya sejak lama. Namun, waktu tak bisa ditebak. Mereka bisa saja kembali pada masa depan untuk menyelesaikan cerita yang belum usai di sana.

Baca Juga: 10 Potret James Ward-Prowse, Algojo Free Kick Terbaik EPL Saat Ini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya