3 Pemain Inggris yang Hengkang ke Bundesliga pada 2023/2024

Memulai petualangan baru di luar negeri

Bursa transfer musim panas 2023 telah ditutup pada awal September 2023. Berbagai kepindahan pemain ke klub barunya sudah terealisasi. Dari transfer pemain yang sudah tercipta itu, klub-klub English Premier League (EPL) sangat mendominasi dengan sederet rekrutan barunya.

Para pemain asal Inggris betah berkarier di negeri sendiri. Hanya ada beberapa nama yang memutuskan untuk hengkang ke liga lain, termasuk ketiga pemain ini. Mereka memutuskan untuk berkarier di Bundesliga Jerman pada 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Japhet Tanganga dipinjam Augsburg

3 Pemain Inggris yang Hengkang ke Bundesliga pada 2023/2024Japhet Tanganga (kiri) (twitter.com/FCA_World)

Japhet Tanganga menjalani petualangan baru pada musim panas 2023. Ia memutuskan untuk hengkang ke Augsburg dengan status pinjaman. Tanganga meninggalkan klub masa kecilnya, Tottenham Hotspur, karena tak menjadi pilihan utama di lini belakang. 

Pemain berusia 24 tahun tersebut diharapkan mampu berkembang di Jerman. Terlebih lagi, Tanganga sejatinya punya potensi untuk bersinar apabila memiliki menit bermain yang cukup. Kesempatannya untuk tampil reguler sangat terbuka lebar sebab Augsburg membutuhkan bek yang berpengalaman.

Tanganga bukanlah pemain pertama yang pernah dipinjamkan Tottenham Hotspur ke Bundesliga. Sebelumnya, ada Ryan Sessegnon yang sempat mengalami hal serupa. Ia dipinjamkan ke TSG 1899 Hoffenheim pada 2020/2021 lalu karena persaingan ketat di lini pertahanan The Lilywhites.

Baca Juga: 5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023

2. Nathan Tella diplot sebagai pengganti Moussa Diaby

3 Pemain Inggris yang Hengkang ke Bundesliga pada 2023/2024Nathan Tella (twitter.com/bayer04_en)

Bayer Leverkusen menunjukkan pergerakan aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Klub berjuluk Die Werkself ini merekrut sederet pemain anyar, salah satunya adalah Nathan Tella. Sang pemain bergabung dari Southampton seharga 23 juta euro atau sekitar Rp378 miliar.

Tella mendapatkan kontrak dengan durasi selama 5 musim hingga Juni 2028 mendatang. Ia diproyeksikan sebagai pengganti Moussa Diaby yang hijrah ke Aston Villa. Tella bakal menambah variasi di sisi sayap penyerangan Bayer Leverkusen.

Di sisi lain, kepergiannya makin memperparah eksodus pemain yang melanda Southampton. Usai gagal bertahan di English Premier League (EPL), The Saints kehilangan sejumlah pemain andalannya. Selain Tella, mereka juga ditinggal James Ward-Prowse hingga Romeo Lavia.

3. Harry Kane meninggalkan klub masa kecilnya, Tottenham Hotspur

3 Pemain Inggris yang Hengkang ke Bundesliga pada 2023/2024Harry Kane (instagram.com/fcbayern)

Kepindahan Harry Kane ke Bayern Munich menyita sorotan hangat. Setelah berbagai drama yang terjadi di dalamnya, transfer Kane dari Tottenham Hotspur akhirnya terealisasi. Die Roten berhasil mendaratkannya ke Allianz Arena seharga 100 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun.

Kane diikat kontrak hingga Juni 2027 mendatang. Kehadirannya dinilai sebagai kepingan penting di lini serang Bayern Munich. Kane bisa menjadi pengganti ideal dari Robert Lewandowski. Keduanya sama-sama berstatus sebagai striker top di dunia saat ini.

Bersama Bayern Munich, Kane juga punya kans besar untuk meraih gelar perdana. Dahaga trofi yang ia alami sekarang berpotensi untuk terpecahkan. Pasalnya, Die Roten merupakan penguasa Bundesliga dalam sedekade terakhir. Mereka juga menjadi tim unggulan di sejumlah kompetisi, termasuk Liga Champions Eropa.

Pemain Inggris yang aktif berkarier di Bundesliga bisa dihitung dengan jari. Ini menjadi bukti bahwa tak banyak pemain dari Inggris yang mampu bersinar di sana. Akankah ketiganya bisa menjadi andalan di klub barunya?

Baca Juga: 6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya