6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024

Felix Nmecha salah satunya

VfL Wolfsburg menjadi salah satu klub Bundesliga Jerman tersibuk pada musim panas 2023. Klub berjuluk Die Wolfe ini merekrut sederet pemain anyar untuk memperkuat komposisi skuad. Karena kehadiran beberapa nama baru, Wolfsburg juga harus melepas sejumlah pemainnya ke klub lain.

Dari semua pemain yang meninggalkan VfL Wolfsburg pada musim panas 2023, sebagian besar masih bertahan di Bundesliga. Ada enam pemain Die Wolfe yang memutuskan untuk hijrah ke klub Bundesliga lain. Siapa saja mereka? Inilah pemain Wolfsburg yang hijrah ke klub Bundesliga lain pada 2023/2024.

1. Bartol Franjic dipinjam Darmstadt 98

6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024Bartol Franjic (twitter.com/sv98)

Bartol Franjic tak mampu menjadi pilihan utama di VfL Wolfsburg. Kariernya pun hanya bertahan seumur jagung. Baru direkrut pada musim panas 2022, Franjic sudah dilepas Die Wolfe semusim berikutnya. Ia dipinjamkan kepada Darmstadt 98 selama semusim penuh. Ia diharapkan mampu bersinar di sana. 

Bersama Darmstadt, kesempatan Franjic untuk bersinar sangat terbuka. Ia bisa berkembang pesat di lini tengah klub barunya tersebut. Namun, pemain berpaspor Kroasia itu punya misi yang berat. Franjic harus mampu membawa Darmstadt untuk bertahan di Bundesliga pada musim berikutnya.

2. Maximilian Phillip kembali ke klub lamanya

6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024Maximilian Phillip (twitter.com/scfreiburg)

Maximilian Phillip berpisah dengan VfL Wolfsburg pada musim panas 2023. Kepastian itu diperoleh usai kontraknya habis dan tak diperpanjang. Setelah itu, Phillip memutuskan untuk pulang ke klub lamanya, SC Freiburg. Klub tersebut bukanlah tempat yang asing baginya.

Phillip pernah berseragam Freiburg selama 3 musim (2014--2017). Dalam kurun waktu tersebut, ia cukup diandalkan di lini serang. Kini, Phillip bakal menjalani periode keduanya bersama Freiburg. Pengalamannya yang segudang diharapkan mampu mengangkat performa Freiburg di Bundesliga.

3. Tim Siersleben bergabung dengan tim promosi, Heidenheim

6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024Tim Siersleben (twitter.com/FCH1846)

Tim Siersleben merupakan lulusan akademi VfL Wolfsburg. Namanya mulai menghiasi skuad utama Die Wolfe pada awal 2021 lalu. Namun, kiprahnya bersama tim inti Wolfsburg justru tak berjalan dengan mulus. Siersleben kesulitan mendapatkan menit bermain reguler. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke beberapa klub.

Pada musim panas 2023, Siersleben akhirnya meninggalkan Wolfsburg secara permanen. Ia memutuskan untuk hengkang ke klub promosi Bundesliga, 1. FC Heidenheim. Siersleben dikontrak dengan durasi selama 3 musim. Kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan kekuatan di lini belakang Heidenheim.

Baca Juga: 5 Pemain Jerman yang Tinggalkan Bundesliga pada Musim Panas 2023

4. Luca Waldschmidt dipinjamkan ke FC Koeln selama semusim

6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024Luca Waldschmidt (instagram.com/lucawaldschmidt)

VfL Wolfsburg melalui bursa transfer musim panas 2023 dengan tak begitu aktif merekrut pemain. Namun, Die Wolfe justru sudah melepas beberapa pemainnya, termasuk Luca Waldschmidt. Ia dipinjamkan ke klub Bundesliga lain, FC Koeln, hingga akhir musim 2023/2024 untuk mendapatkan jam terbang yang layak.

Wolfsburg meminjamkannya bukan tanpa alasan.Ia kesulitan untuk tampil reguler bersama Die Wolfe. Sejak bergabung pada awal musim 2021/2022 lalu, Waldschmidt baru bermain 37 kali. Ia butuh lebih banyak jam terbang agar kualitasnya mampu berkembang pesat.

5. Omar Marmoush merapat ke Eintracht Frankfurt secara gratis

6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024Omar Marmoush (eintracht.de)

Omar Marmoush dipastikan tak menjadi milik VfL Wolfsburg lagi pada musim panas 2023. Ia meninggalkan skuad Die Wolfe dengan status bebas transfer sebab kontraknya sudah berakhir. Meski begitu, Marmoush tak terlalu khawatir. Ia sudah mendapatkan klub baru, Eintracht Frankfurt.

Marmoush langsung diamankan manajemen Die Adler hingga 4 musim ke depan. Ia diproyeksikan sebagai alternatif di lini serang Frankfurt. Pemain berpaspor Mesir itu bakal bersaing dengan beberapa nama lain, seperti Lucas Alario, untuk menjadi pilihan utama.

6. Felix Nmecha direkrut Borussia Dortmund sebagai pengganti Jude Bellingham

6 Pemain Wolfsburg yang Hijrah ke Klub Bundesliga Lain pada 2023/2024Felix Nmecha (instagram.com/blackyellow)

Borussia Dortmund mendapatkan rekrutan keduanya pada bursa transfer musim panas 2023. Usai menggaet Ramy Bensebaini secara gratis, Die Borussen juga meresmikan perekrutan Felix Nmecha. Ia bergabung dari VfL Wolfsburg usai ditebus dengan biaya 30 juta euro atau sekitar Rp490 miliar.

Nmecha menjadi suntikan yang berharga bagi Borussia Dortmund. Ia diplot sebagai pengganti Jude Bellingham yang hengkang ke Real Madrid. Selain sudah tak asing dengan atmosfer Bundesliga, Nmecha juga punya modal bagus sebab pernah menimba ilmu di akademi Manchester City.

Keenam pemain di atas menjalani karier barunya pada 2023/2024. Mereka meninggalkan VfL Wolfsburg dan membela klub yang berbeda di Bundesliga. Bisakah mereka bersinar bersama klub barunya tersebut?

Baca Juga: 4 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya