7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023

Deretan pemain muda Korea Selatan!

Bursa transfer musim panas 2023 jadi momen yang tepat untuk industri sepak bola Korea Selatan. Pasalnya, banyak pemain Korea Selatan yang mulai berkarier di Eropa. Hal tersebut merupakan sebuah kemajuan besar bagi mereka. Terlebih lagi, Korea Selatan juga memiliki pemain top sekelas Son Heung Min.

Sederet pemain Korea Selatan sudah memutuskan untuk pindah ke klub barunya. Dari keseluruhan transfer yang sudah terealisasi, ada tujuh pemain yang diboyong oleh klub Eropa. Itu termasuk Lee Kang In yang hijrah ke PSG dan Kim Min Jae yang jadi sosok anyar di lini belakang Bayern Munich.

1. Kim Ji Soo susul Son Heung Min dan Hwang Hee Chan di Premier League

7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023Kim Ji Soo (brentfordfc.com)

Brentford membuat terobosan dengan sebuah investasi yang menarik. The Bees merekrut pemain muda Korea, Kim Ji Soo, pada musim panas 2023. Ji Soo diboyong dari klub K-League 2, Seongnam FC, seharga 600 ribu euro atau sekitar Rp10 miliar. Brentford mengontraknya selama 4 musim. Meski begitu, Ji Soo belum masuk ke skuad utama. Ia bakal dimasukkan terlebih dahulu ke tim muda Brentford untuk meningkatkan kualitasnya.

2. Kwon Hyeok Kyu direkrut oleh Celtic

7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023Kwon Hyeok Kyu (twitter.com/CelticFC)

Celtic punya tradisi kuat soal pemain dari Asia Timur. Tak hanya pemain Jepang, Celtic juga sering memboyong pemain dari Korea Selatan. Hal itu terlihat pada musim panas 2023. Celtic merekrut dua pemain Korea Selatan, salah satunya Kwon Hyeok Kyu. Ia direkrut dari Busan IPark seharga 1 juta euro atau sekitar Rp17 miliar. Bersama Celtic, Hyeok Kyu bakal menambah variasi di lini tengah tim.

3. Yang Hyun Jun dikontrak oleh Celtic selama 5 musim

7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023Yang Hyun Ju (twitter.com/CelticFC)

Selain Hyeok Kyu, Celtic juga memboyong Yang Hyun Jun. Sang pemain didatangkan dari klub K-Ligue, Gangwon FC, dengan mahar 2,5 juta euro atau sekitar Rp42 miliar. Celtic memberikannya kontrak dengan durasi selama 5 musim. Kehadiran Hyun Jun diproyeksikan untuk memperkuat sisi sayap penyerangan. Usianya masih 21 tahun dan Hyun Jun punya banyak waktu untuk berkembang di Celtic.

Baca Juga: 6 Pemain Baru Celtic pada Musim Panas 2023

4. Cho Gue Sung mendarat di klub top Denmark, FC Midtjylland

7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023Cho Gue Sung (twitter.com/fcmidtjylland)

FC Midtjylland, klub papan atas Denmark, kerap menjadi pelabuhan sementara para pemain sebelum hijrah ke klub top Eropa. Hal yang sama bisa saja terjadi kepada Cho Gue Sung. Ia bergabung dengan Midtjylland usai ditebus dari Jeonbuk Hyundai. Gue Sung langsung diplot sebagai mesin gol utama. Ketajamannya sudah terlihat. Dari 6 laga awal, Gue Sung sukses mencetak 3 gol.

5. Jeong Woo Yeong lanjutkan karier ke Stuttgart

7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023Jeong Woo Yeong (vfb.de)

Karier Jeong Woo Yeong di Bundesliga terus berlanjut. Pada musim panas 2023, ia memulai lembaran baru bersama Stuttgart. Woo Yeong direkrut dari Freiburg seharga 3 juta euro atau sekitar Rp50 miliar. Kehadirannya menjadi suntikan berharga di lini tengah Stuttgart. Terlebih lagi, Woo Yeong sudah tak asing dengan atmosfer Bundesliga. Ia sebelumnya pernah membela Bayern Munich dan Freiburg.

6. Lee Kang In tambal lubang di lini depan PSG

7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023Lee Kang In (twitter.com/PSG_espanol)

Revolusi besar-besaran dilakukan oleh PSG pada musim panas 2023. Usai melepas beberapa pemain andalannya, Les Parisiens menggaet sederet nama anyar ke Parc des Princes. Salah satu pemain baru PSG itu adalah Lee Kang In. Ia didatangkan dari Mallorca seharga 22 juta euro atau sekitar Rp368 miliar. Kang In bakal menambah kekuatan di lini serang PSG usai ditinggal oleh Lionel Messi.

7. Kim Min Jae perkuat Bayern Munich usai bersinar di Napoli

7 Pemain Korea Selatan yang Direkrut Klub Eropa pada Musim Panas 2023Kim Min Jae (twitter.com/FCBayern)

Kim Min Jae menjadi salah satu aktor penting di balik keberhasilan Napoli yang meraih scudetto pada musim 2022/2023. Namun, ia hanya bertahan semusim. Min Jae langsung hengkang ke Bayern Munich. Ia direkrut oleh Die Roten seharga 50 juta euro atau sekitar Rp837 miliar. Min Jae bakal diproyeksikan sebagai pengganti Lucas Hernandez yang hijrah ke PSG. Kualitas Min Jae diharapkan dapat memperbaiki lini belakang Die Roten nantinya.

Industri sepak bola Korea Selatan terus berkembang. Hal ini terlihat dari makin banyaknya pemain Korea Selatan yang berkarier di Eropa. Bisakah ketujuh nama di atas jadi andalan di klub barunya? Kita nantikan saja.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min Jae

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya