5 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023

Kebanyakan pemain Leeds dipinjamkan ke Bundesliga

Leeds United menjadi salah satu klub yang harus merasakan pahitnya degradasi dari English Premier League (EPL) pada akhir musim 2022/2023. The Whites gagal bertahan di kasta teratas usai menjalani musim yang sangat buruk. Kondisi itu berbuah efek domino kepada komposisi skuadnya.

Sederet pemain Leeds United memutuskan untuk hijrah ke klub lain. Mereka pergi demi tetap bisa bermain di kasta tertinggi liga. Dari keseluruhan pemain itu, ada lima pemain Leeds United yang hijrah dengan status pinjaman, mulai dari Marc Roca hingga Maximilian Wober.

1. Marc Roca

5 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Marc Roca (twitter.com/RealBetis)

Marc Roca akhirnya pulang ke Spanyol pada musim panas 2023. Ia berlabuh ke Real Betis dengan status pinjaman dari Leeds United. Roca bakal membela Real Betis selama semusim penuh. Kehadirannya diharapkan mampu menambah variasi di lini tengah Real Betis nantinya.

Sebelum membela Real Betis, karier Roca cukup berliku. Ia pernah berseragam Bayern Munich selama 2 musim (2021--2023), tetapi jarang mendapatkan kesempatan bermain. Pindah ke Leeds United, ia tampil reguler. Sayangnya, Roca gagal menyelamatkan timnya itu dari jurang degradasi.

2. Rasmus Kristensen

5 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Rasmus Kristensen (instagram.com/officialasroma)

Sektor kiri pertahanan Leeds United ditinggal oleh dua pemainnya sekaligus. Selain Junior Firpo yang dipastikan hengkang, Rasmus Kristensen juga melakukan hal serupa. Ia pindah ke AS Roma dengan status pinjaman selama semusim penuh. Kristensen direkrut untuk suntikan bek kiri Giallorossi.

Kualitas yang dimilikinya sudah cukup teruji. Tak heran sang pelatih, Jose Mourinho, tertarik untuk membawanya ke Kota Roma. Kristensen juga bakal mengikuti jejak rekan setimnya di Leeds United, Diego Llorente. Keduanya tengah menjalani masa peminjaman di AS Roma.

Baca Juga: AS Roma Resmi Pinjam Rasmus Kristensen dari Leeds United

3. Brenden Aaronson

5 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Brenden Aaronson (twitter.com/fcunion)

Brenden Aaronson gagal membantu Leeds United untuk tetap bertahan di EPL. Statusnya sebagai rekrutan termahal pun tak mampu berkontribusi signifikan. Usai momen pahit itu, Aaronson memutuskan untuk pergi. Ia setuju untuk dipinjamkan ke Union Berlin hingga akhir musim 2023/2024 mendatang.

Kehadiran Aaronson merupakan suntikan berharga di lini serang Die Eisernen. Ia punya potensi yang bisa berkembang dengan baik di Jerman. Terlebih lagi, Union Berlin bakal menjalani musim yang sibuk nantinya. Aaronson bisa memberikan banyak hal untuk klub barunya tersebut.

4. Robin Koch

5 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Robin Koch (twitter.com/RobinKoch25)

Robin Koch berpisah dengan Leeds United pada musim panas 2023. Ia memutuskan untuk hijrah ke Eintracht Frankfurt dengan status pinjaman selama semusim. Die Adler menjadi klub Bundesliga kedua yang ia bela sepanjang kariernya setelah menimba ilmu di tim akademi Freiburg.

Koch diproyeksikan untuk menambah kekuatan di lini belakang Frankfurt. Die Adler juga kehilangan beberapa bek andalannya, termasuk Evan Ndicka yang hijrah ke AS Roma. Koch bisa mengisi kekosongan itu. Pengalamannya yang pernah bermain di EPL merupakan modal bagus bagi Koch.

5. Maximilian Wober

5 Pemain Leeds United yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Maximilian Wober (twitter.com/borussia_en)

Maximilian Wober sejatinya baru membela Leeds United pada musim dingin 2023. Namun, usai timnya itu terdegradasi, Wober memutuskan untuk pindah. Ia memilih hengkang ke Borussia Monchengladbach dengan status pinjaman. Wober dipinjam oleh Gladbach selama semusim penuh.

Pemain berpaspor Austria itu bakal menjalani petualangan perdananya di Bundesliga. Sebelumnya, Wober sudah malang-melintang di berbagai liga top. Tak hanya EPL, mantan pemain RB Salzburg ini juga pernah berkiprah di Eredivisie dan LaLiga. Pengalaman dan kualitasnya tentu sangat dibutuhkan oleh tim.

Sudah jatuh, tertimpa tangga. Mungkin begitulah kondisi yang dialami oleh Leeds United saat ini. Degradasi ke Championship hingga ditinggal oleh sederet andalannya membuat The Whites harus berbenah secepat mungkin.

Baca Juga: Maximilian Wober, Bek Tangguh asal Austria yang Direkrut Leeds United

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya