4 Pemain Manchester City 2023 yang Pernah Membela Big Six EPL Lain

Sebagian besar pernah membela Chelsea

Manchester City memiliki kedalaman skuad yang berkualitas pada 2023/2024. Tiap posisi berisi pemain-pemain dengan kualitas yang menjanjikan. Itu sebabnya klub berjuluk The Citizens tersebut dianggap sebagai salah satu kandidat kuat juara, baik di English Premier League (EPL) atau kompetisi lainnya.

Sederet pemain yang mengisi skuad Manchester City saat ini punya perjalanan karier yang berbeda. Beberapa nama di antaranya bahkan sempat membela Big Six EPL lainnya. Kehadiran para pemain ini tentunya sangat menguntungkan untuk skuad Manchester City.

Inilah empat pemain Manchester City 2023/2024 yang pernah membela Big Six EPL lain.

1. Nathan Ake kurang berkembang saat bermain untuk Chelsea

4 Pemain Manchester City 2023 yang Pernah Membela Big Six EPL LainNathan Ake (twitter.com/NathanAke)

Nathan Ake merupakan salah satu bek andalan Manchester City yang sudah bergabung sejak 2020 lalu. Namanya makin dikenal selama membela The Citizens. Meski begitu, Ake sebenarnya sudah pernah berseragam klub top lain di Inggris, Chelsea. The Blues juga menjadi pelabuhan pertama Ake di Inggris.

Ia direkrut Chelsea pada 2011. Sayangnya, bakat Ake kurang berkembang sehingga lebih banyak dipinjamkan. Pada 2016, ia dipinjamkan kepada Bournemouth. Kualitas Ake meningkat sehingga jasanya ditebus permanen. Ia menjelma jadi salah satu bek muda tangguh hingga dilirik Manchester City.

2. Kyle Walker sempat bertahan lama di Tottenham Hotspur

4 Pemain Manchester City 2023 yang Pernah Membela Big Six EPL LainKyle Walker (twitter.com/ManCity)

Kyle Walker memberikan kontribusi yang besar di balik pencapaian Manchester City dalam beberapa musim terakhir. Ia meraih segalanya di Manchester City. Sebelum bergelimang gelar juara, Walker sejatinya sempat berkarier di klub Big Six EPL lainnya, Tottenham Hotspur.

Pada musim panas 2009, Walker mulai menjadi bagian dari skuad The Lillywhites. Hingga akhir musim 2016/2017, Walker dipercaya sebagai bek kanan utama Tottenham Hotspur. Ia mampu mengantongi 227 penampilan. Performanya yang impresif mengundang minat Manchester City untuk membawanya ke Etihad Stadium.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City 2023/2024 dengan Masa Bakti Terlama

3. Mateo Kovacic pindah ke Manchester City pada musim panas 2023

4 Pemain Manchester City 2023 yang Pernah Membela Big Six EPL LainMateo Kovacic (twitter.com/ManCity)

Mateo Kovacic merupakan pemain anyar Manchester City pada 2023/2024. Kehadirannya ditujukan untuk menambal lubang di lini tengah usai kepergian Ilkay Guendogan. Pengalaman Kovacic cukup mentereng. Ia pernah membela sederet klub besar di Eropa, seperti Inter Milan dan Real Madrid.

Sebelum hijrah ke Manchester City, pengalaman Kovacic di Inggris sudah matang dengan membela Chelsea. Dalam kurun waktu 5 tahun (2018--2023), ia menjadi gelandang andalan The Blues yang meraih berbagai gelar juara, termasuk sebuah gelar juara Liga Champions Eropa. Kovacic lalu hijrah dan memilih Manchester City sebagai pelabuhan terbarunya.

4. Kevin De Bruyne sempat berada di titik terendah bersama Chelsea

4 Pemain Manchester City 2023 yang Pernah Membela Big Six EPL LainKevin De Bruyne (premierleague.com)

Alumnus Chelsea di skuad Manchester City pada 2023/2024 cukup banyak. Selain Nathan Ake dan Mateo Kovacic, ada juga sang gelandang andalan, Kevin De Bruyne. Pemain yang dikenal melalui permainannya yang genius ini sempat membela Chelsea meski sebentar. Bersama The Blues, kariernya penuh lika-liku.

De Bruyne bergabung dengan Chelsea pada 2012. Nasibnya tak berjalan mulus karena tak mendapatkan menit bermain yang cukup. Tak ayal De Bruyne hanya bertahan selama 2 tahun. Ia lalu hijrah ke VfL Wolfsburg. Bersama klub Bundesliga Jerman itu, kualitas De Bruyne meningkat pesat sehingga direkrut Manchester City pada musim panas 2015.

Keempat pemain di atas memiliki pengalaman mentereng di English Premier League. Mereka telah merasakan atmosfer yang kompetitif bersama Manchester City dan Big Six EPL lain yang pernah dibelanya.

Baca Juga: 4 Pemain Aston Villa asal Inggris yang Pindah ke Manchester City

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya