4 Pemain Aston Villa asal Inggris yang Pindah ke Manchester City

Mereka menuai prestasi

Aston Villa memiliki sejarah bagus dalam mengorbitkan para pemain lokal. Beberapa talenta berbakat dari Inggris pernah menunjukkan kualitasnya selama membela Aston Villa, seperti Ashley Young, Gabriel Agbonlahor, dan Emile Heskey.

Sebagian dari pemain terbaik Aston Villa asal Inggris memilih pindah ke klub yang lebih besar, seperti Manchester City. Misalnya, empat eks pemain Aston Villa berikut yang memutuskan menerima tawaran hengkang menuju Manchester City.

Mereka tidak hanya tergiur dengan gaji tinggi, tetapi juga potensi meraih gelar juara bergengsi. Keputusan keempat pemain ini terbukti tepat bagi karier mereka.

1. Gareth Barry termasuk generasi emas Manchester City pada 2011/2012

4 Pemain Aston Villa asal Inggris yang Pindah ke Manchester CityGareth Barry (mancity.com)

Gareth Barry merupakan salah satu jebolan terbaik akademi Aston Villa pada medio 2000-an. Ia berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik dengan kemampuan bertahan sekaligus visi permainannya. Barry sempat mendapat tawaran dari Liverpool pada 2008. Akan tetapi, sang pemain lebih memilih proyek ambisius Manchester City pada musim panas 2009.

Pilihan Barry untuk pindah ke Manchester City terbukti tepat. Ia berhasil membawa Manchester City meraih gelar juara Piala FA 2010/2011 dan English Premier League (EPL) 2011/2012. Barry termasuk salah satu generasi emas Manchester City yang mengawali kesuksesan klub dalam beberapa tahun setelahnya. Ia total bermain dalam 175 laga dengan torehan 8 gol serta 18 assist di semua kompetisi.

2. James Milner menuai kesuksesan bersama Manchester City

4 Pemain Aston Villa asal Inggris yang Pindah ke Manchester CityJames Milner (mancity.com)

James Milner memiliki reputasi sebagai salah satu pemain underrated terbaik asal Inggris. Ia sudah cukup menonjol ketika melakoni debut bersama Leeds United saat usianya masih 17 tahun pada 2002/2003. Kariernya makin meningkat ketika membela Aston Villa. Milner mencatat 126 penampilan dengan torehan 22 gol serta 26 assist di semua kompetisi. Kepiawaian Milner bermain di banyak posisi membuat Manchester City tertarik mendatangkannya pada musim panas 2010.

Ia sukses menjadi pemain andalan Manchester City saat meraih trofi Piala FA 2010/2011 serta gelar juara EPL 2011/2012 dan 2013/2014. Milner tercatat tampil dalam 203 laga dan mencetak 19 gol serta 44 assist di semua kompetisi. Ia masih aktif bermain dengan membela Brighton & Hove Albion sejak musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Direkrut Brighton secara Gratis, Milner Terbaru

3. Kepindahan Fabian Delph ke Manchester City jadi kontroversi

4 Pemain Aston Villa asal Inggris yang Pindah ke Manchester CityFabian Delph (mancity.com)

Karier Fabian Delph meroket setelah bergabung dengan Aston Villa pada Agustus 2009. Ia memainkan peran penting dalam kestabilan skema permainan The Villans sebagai gelandang bertahan. Akan tetapi, Delph malah bikin kontroversi ketika memutuskan menerima tawaran dari Manchester City pada Juli 2015.

Sebab, Delph baru saja menandatangani kontrak baru berdurasi 5 tahun pada Januari 2015. Ia bahkan sempat membantah rumor tentang kepindahannya ke Manchester City dan siap berkomitmen kepada Aston Villa. Nyatanya, Delph memutuskan bergabung dengan Manchester City tidak lama setelah menyatakan kesetiaanya kepada The Villans. Sikapnya membuat fans Aston Villa marah dan melabelinya sebagai pembohong.

Keputusan Delph menerima tawaran Manchester City sebetulnya baik bagi kariernya. Pasalnya, ia sukses mengangkat trofi EPL dalam 2 tahun berturut-turut pada 2017--2019. Akan tetapi, Delph tidak cocok dengan gaya permainan penguasaan bola yang diterapkan Manajer Manchester City, Pep Guardiola. Alhasil, ia hanya diplot sebagai pemain pelapis selama di Manchester City. Delph tercatat mengoleksi 89 penampilan dengan torehan 5 gol dan 3 assist di seluruh kompetisi.

4. Jack Grealish mengalami transformasi dalam permainannya di Manchester City

4 Pemain Aston Villa asal Inggris yang Pindah ke Manchester CityJack Grealish (mancity.com)

Selain Gareth Barry, Aston Villa pernah melahirkan talenta terbaik Inggris lainnya, yaitu Jack Grealish. Namanya mulai sering diperbincangkan sejak menjalani debut pada 2013/2014. Grealish termasuk salah satu pemain yang cukup setia kepada Aston Villa. Sebab, ia tidak meninggalkan The Villans ketika mengalami degradasi pada akhir 2015/2016. Padahal, Grealish sempat menjadi incaran klub-klub besar, seperti Manchester United, Chelsea, dan Arsenal.

Grealish sukses membawa Aston Villa kembali promosi ke EPL pada 2018/2019. Ia juga mampu mempertahankan klub asal Birmingham itu terhindar dari ancaman degradasi pada 2019/2020. Grealish akhirnya memutuskan hengkang dari Aston Villa menuju Manchester City pada musim panas 2021. Ia total mencatat 213 penampilan dengan torehan 32 gol serta 43 assist selama membela Aston Villa.

Manchester City membeli Grealish dengan memecahkan rekor transfer pemain Inggris termahal seharga 100 juta pound sterling atau Rp1,9 triliun. Ia awalnya dicap sebagai pembelian flop setelah tampil inkonsisten pada 2021/2022. Ketidakcocokan gaya permainan Grealish dengan Manajer The Citizens, Pep Guardiola, menjadi salah satu faktornya.

Namun, Grealish membuktikan bahwa dirinya layak dibeli dengan harga mahal. Ia membuktikannya dengan tampil memukau selama 2022/2023. Grealish sukses menjadi bagian penting dalam raihan treble winner Manchester City. Ia total mencetak 12 gol dan 17 assist dari 104 laga di semua kompetisi.

Keempat eks pemain Aston Villa di atas terbukti mampu meraih trofi bergengsi saat memutuskan pindah ke Manchester City. Mereka dapat dikatakan cukup sukses saat menjalani karier bersama The Citizens. Hanya Fabian Delph yang penampilannya kurang berkesan selama membela Manchester City meskipun mampu meraih dua gelar juara EPL.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Pakai Nomor 10 sebelum Jack Grealish

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya