3 Pemain Muda Brighton 2023/2024 yang Berasal dari Afrika, Potensial!

Mendapatkan menit bermain yang cukup

Brighton & Hove Albion mencuri perhatian dalam beberapa musim terakhir. Pencapaian klub berjuluk The Seagulls itu tergolong luar biasa dengan menyelinap di antara klub-klub besar di English Premier League. Brighton melaju ke papan atas klasemen dengan komposisi skuad yang didominasi oleh pemain muda.

Pada 2023/2024, The Seagulls memiliki sejumlah pemain muda potensial. Para pemain tersebut sering diturunkan oleh Brighton dalam pertandingan yang mereka jalani. Dari talenta-talenta berbakat Brighton tersebut, ada tiga nama yang berasal dari benua Afrika. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Tariq Lamptey punya potensi besar meski rentan mengalami cedera

3 Pemain Muda Brighton 2023/2024 yang Berasal dari Afrika, Potensial!Tariq Lamptey (twitter.com/TariqLamptey)

Pertama, ada bek sayap berusia 23 tahun, yaitu Tariq Lamptey. Ia merupakan salah satu andalan Brighton di sisi kanan pertahanan. Sejak merapat ke Amex Stadium pada Januari 2020, Lamptey mampu berkembang pesat bersama The Seagulls. Kualitasnya meningkat dari waktu ke waktu.

Pada 2023/2024, Lamptey tetap dipercaya sebagai bek kanan utama Brighton. Sayangnya, di balik pencapaian manis yang ia raih tersebut, karier Lamptey tak terlepas dari cedera. Pada usianya yang masih muda, Lamptey punya riwayat cedera yang buruk.

Pemain berpaspor Ghana itu sudah berulang kali mengalami cedera. Pada pertengahan November 2023, Lamptey diterpa cedera lutut sehingga harus absen hingga awal tahun 2024 mendatang. Kehilangannya menjadi pukulan telak bagi Brighton yang hanya bertumpu ke Jolt Veltman di posisi bek kanan.

2. Carlos Baleba diplot sebagai pengganti Moises Caicedo

3 Pemain Muda Brighton 2023/2024 yang Berasal dari Afrika, Potensial!Carlos Baleba (brightonandhovealbion.com)

Pemain selanjutnya adalah Carlos Baleba. Berbeda dengan Lamptey, Baleba tergolong sebagai pemain pendatang di Brighton. Baleba baru bergabung dengan skuad The Seagulls pada bursa transfer musim panas 2023. Ia didatangkan dari klub Ligue 1, yaitu Lille.

Kehadiran Baleba ditujukan untuk mengisi lubang yang ditinggalkan oleh Moises Caicedo. Usianya yang masih menginjak 19 tahun membuat Baleba menjadi salah satu aset berharga The Seagulls. Namun, hal tersebut tak memberikannya jaminan untuk langsung tampil reguler.

Pada musim debutnya bersama Brighton, Baleba belum sepenuhnya tampil secara penuh. Pemain berpaspor Kamerun itu harus bersaing dengan gelandang Brighton lain, seperti Adam Lallana hingga Billy Gilmour. Alhasil, Baleba baru bermain sebanyak 16 kali di semua kompetisi.

3. Simon Adingra tampil mengesankan di sisi kanan penyerangan

3 Pemain Muda Brighton 2023/2024 yang Berasal dari Afrika, Potensial!Simon Adingra (brightonandhovealbion.com)

Brighton punya segudang bakat potensial di lini depan pada 2023/2024. Selain Joao Pedro hingga Evan Ferguson, The Seagulls juga punya pemain berharga lainnya, yaitu Simon Adingra. Winger berusia 21 tahun tersebut menunjukkan sinarnya meski baru berkarier di Premier League untuk pertama kali.

Adingra tak kesulitan untuk memberikan kualitas terbaiknya di lini depan Brighton. Pemain berpaspor Pantai Gading itu tampil menjanjikan di sisi sayap kanan The Seagulls. Kualitasnya mampu mengeksploitasi barisan pertahanan lawan dengan olah bola yang mumpuni.

Pada paruh pertama 2023/2024, Adingra berhasil mendapatkan kepercayaan penuh dari sang manajer, Roberto De Zerbi. Ia tampil apik dengan koleksi 5 gol dan 3 assist dari 23 penampilan di semua kompetisi. Catatan tersebut tentunya bisa bertambah karena sisa 2023/2024 yang masih panjang.

Ketiga pemain muda di atas menjadi aset berharga Brighton dalam beberapa musim mendatang. Mereka punya kesempatan besar untuk bersinar. Tak mustahil rasanya klub-klub besar Eropa bakal mengincar jasa mereka nantinya.

Baca Juga: Brighton Bingung Jepang Paksakan Mitoma Main di Piala Asia 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya