5 Pemain Muda Termahal yang Dibeli Newcastle United Era Eddie Howe

Aleksander Isak salah satunya

Newcastle United mencuri sorotan di English Premier League (EPL). Terlebih, sejak ditangani oleh Eddie Howe pada November 2021, The Magpies kembali unjuk gigi di papan atas klasemen. Newcastle United mampu tampil konsisten dengan komposisi skuad yang berkualitas.

Di bawah asuhan Howe, The Magpies kerap merekrut pemain muda bertalenta. Para pemain ini mampu berkembang dengan baik sehingga harga mahal yang dikeluarkan oleh manajemen tak sia-sia. Inilah lima pemain muda termahal yang dibeli oleh Newcastle United era Eddie Howe.

1. Sven Botman jadi bek andalan Newcastle United yang tampil solid

5 Pemain Muda Termahal yang Dibeli Newcastle United Era Eddie HoweSven Botman (twitter.com/NUFC)

Potensi Sven Botman sebenarnya sudah tercium sejak membela Lille. Namanya jadi incaran sejumlah klub besar. Puncaknya, Botman setuju untuk hengkang ke Newcastle United. Ia merapat ke St. James Park dengan biaya 37 juta euro atau sekitar Rp619 miliar pada musim panas 2022 lalu. Pembelian ini sepenuhnya tepat.

Botman tampil solid di jantung pertahanan The Magpies. Musim debutnya pun berjalan dengan mengesankan. Tercatat, Botman mengoleksi 44 penampilan di semua kompetisi. Ia menjadi salah satu aktor penting di balik keberhasilan Newcastle United kembali lolos ke Liga Champions.

2. Anthony Gordon merapat dari Everton pada musim dingin 2023

5 Pemain Muda Termahal yang Dibeli Newcastle United Era Eddie HoweAnthony Gordon (premierleague.com)

Anthony Gordon merupakan produk akademi Everton. Namun, The Toffees tak mampu menjaganya lebih lama. Gordon memilih untuk hengkang ke Newcastle United pada musim dingin 2023. Dalam proses kepindahannya itu, Gordon ditebus dengan biaya 46 juta euro atau sekitar Rp770 miliar.

Kehadiran Gordon menambah daya serang The Magpies. Meski begitu, performanya masih belum maksimal di Newcastle United. Pemuda berusia 22 tahun itu tampil sebanyak 16 kali di semua ajang, tetapi kebanyakan turun sebagai pemain pengganti. Ia diharapkan dapat bersinar nantinya.

Baca Juga: 4 Pemain Baru Newcastle 2023, Ada Tino Livramento!

3. Tino Livramento perkuat sisi kanan pertahanan Newcastle United

5 Pemain Muda Termahal yang Dibeli Newcastle United Era Eddie HoweTino Livramento (nufc.co.uk)

Newcastle United sudah mendapatkan penerus Kieran Trippier. Pemain yang dimaksud itu adalah Tino Livramento. The Magpies sukses menebus jasanya dari Southampton seharga 37 juta euro atau sekitar Rp619 milair. Livramento datang dengan bakat yang sangat potensial.

The Magpies mengontraknya hingga Juni 2028 mendatang. Kedatangan Livramento dapat menambah kekuatan di sektor kanan pertahanan tim. Potensi dan kualitasnya sudah teruji di EPL. Sebelum membela Southampton, Livramento mengawali karier sepak bolanya bersama tim akademi Chelsea.

4. Sandro Tonali merapat ke Newcastle United dengan biaya selangit

5 Pemain Muda Termahal yang Dibeli Newcastle United Era Eddie HoweSandro Tonali (twitter.com/NUFC)

Newcastle United secara mengejutkan sukses merekrut Sandro Tonali pada musim panas 2023. Gelandang berusia 23 tahun itu diboyong dari AC Milan seharga 64 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Bersama The Magpies, Tonali dikontrak dengan durasi selama 5 musim.

Kepindahan Tonali dari AC Milan menjadi sorotan hangat. Pasalnya, ia sempat dinilai bakal menjadi pemain andalan AC Milan dalam waktu lama. Sayangnya, karena masalah finansial yang menerpa Rossoneri, Tonali terpaksa dijual untuk menyeimbangkan neraca keuangan tim.

5. Alexander Isak dipercaya jadi mesin gol utama The Magpies

5 Pemain Muda Termahal yang Dibeli Newcastle United Era Eddie HoweAlexander Isak (instagram.com/alex_isak)

Rekor transfer Newcastle United pecah pada musim panas 2022 lalu. Hal ini terjadi usai The Magpies merekrut Alexander Isak dari Real Sociedad. Pembelian striker asal Swedia itu menembus angka 70 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun. Isak pun langsung dijadikan sebagai mesin gol utama The Magpies.

Ia sebenarnya tak menjalani musim debut secara penuh. Bukan karena tak tampil impresif, Isak sempat menepi akibat mengalami cedera. Alhasil, ia hanya bermain dalam 27 pertandingan. Kendati tak tampil reguler, ia tetap produktif dengan koleksi 10 gol dan 3 assist.

Meski sempat diragukan, Eddie Howe berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih hebat. Ia membangun ulang skuad Newcastle United dengan sederet pemain muda bertalenta yang mampu bersaing di papan atas klasemen EPL.

Baca Juga: 5 Fakta Alexander Isak, Striker Baru Newcastle United asal Swedia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya