5 Pemain Non-Eropa Termahal yang Dilepas Napoli, Untung Besar!

Bersinar di Napoli sehingga dijual dengan harga tinggi

Napoli merupakan salah satu klub papan atas di Serie A Italia. Konsistensi klub berjuluk Partenopei ini tetap terjaga selama bermusim-musim. Hal ini tentunya tak lepas dari peran penting berbagai pihak, khususnya para pemain yang tampil apik di atas lapangan.

Napoli selalu disinggahi sederet pemain hebat. Para pemain ini jadi andalan Partenopei sehingga diburu klub-klub lain. Dari hasil penjualannya, Napoli mendapatkan keuntungan besar. Dari daftar pemain termahal yang dijual mereka, sebagian besar merupakan pemain yang berasal dari luar Eropa.

Inilah pemain non-Eropa termahal yang dilepas Napoli.

1. Ezequiel Lavezzi

5 Pemain Non-Eropa Termahal yang Dilepas Napoli, Untung Besar!Ezequiel Lavezzi (psg.fr)

Ezequiel Lavezzi memulai petualangan baru usai hijrah dari Napoli pada musim panas 2012. Ia sepakat untuk pindah ke Paris Saint-Germain. Les Parisiens menebusnya seharga 30 juta euro atau sekitar Rp502 miliar. Pembelian ini pun sepenuhnya tepat. Pasalnya, Lavezzi benar-benar bersinar di Prancis.

Ia menjadi salah satu aktor dari awal kejayaan PSG. Lavezzi membawa Les Parisiens mendominasi kancah domestik. Selama 4 musim, ia tampil 161 kali dengan raihan 35 gol dan 24 assist. Setelah itu, Lavezzi hengkang ke klub China, Hebei China Fortune, pada awal 2016 lalu.

2. Kalidou Koulibaly

5 Pemain Non-Eropa Termahal yang Dilepas Napoli, Untung Besar!Kalidou Koulibaly (twitter.com/ChelseaFC)

Kalidou Koulibaly akhirnya dijual Napoli pada musim panas 2022. Klub yang berhasil mendapatkan jasanya adalah Chelsea. Di bawah kepemilikan baru, Todd Boehly, The Blues menebus jasanya seharga 38 juta euro atau sekitar Rp636 miliar. Sayangnya, pembelian ini seolah gagal.

Koulibaly tak mampu mengangkat performa Chelsea yang anjlok. Ia pun tampil angin-anginan di jantung pertahanan dan hanya tampil 32 kali. Tak heran apabila Koulibaly bertahan selama semusim saja. Ia langsung dilepas ke klub Arab Saudi, Al-Hilal, pada musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min Jae

3. Kim Min Jae

5 Pemain Non-Eropa Termahal yang Dilepas Napoli, Untung Besar!Kim Min Jae (twitter.com/FCBayernEN)

Napoli kehilangan bek andalannya, Kim Min Jae, pada musim panas 2023. Kim memutuskan untuk pindah ke Bayern Munich. Dalam proses kepindahannya ini, Bek Terbaik Serie A 2022/2023 itu ditebus seharga 50 juta euro atau sekitar Rp837 miliar. Kepergian Kim merupakan kerugian besar bagi Napoli.

Di sisi lain, Bayern Munich merekrutnya sebagai amunisi anyar di lini belakang. Die Roten mengontrak pemain berpaspor Korea Selatan itu selama 5 musim. Kim bakal membentuk duet tangguh di lini pertahanan Bayern Munich bersama Matthijs de Ligt. Keduanya pun sama-sama masih muda.

4. Edinson Cavani

5 Pemain Non-Eropa Termahal yang Dilepas Napoli, Untung Besar!Edinson Cavani (twitter.com/ECavaniOfficial)

Edinson Cavani membuat keputusan tepat sewaktu bergabung ke PSG pada 2013. Dibeli dari Napoli seharga 64,5 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun, Cavani menjelma jadi sosok yang ganas di lini depan PSG. Ia sangat diandalkan Les Parisiens sehingga tampil reguler selama bermusim-musim.

Cavani berhasil mengemas 200 gol bersama PSG. Catatan itu sempat membuatnya menjadi top skor sepanjang masa PSG sebelum disalip Kylian Mbappe. Kariernya di Paris berakhir pada musim panas 2020. Cavani hengkang secara gratis ke Manchester United.

5. Gonzalo Higuain

5 Pemain Non-Eropa Termahal yang Dilepas Napoli, Untung Besar!Gonzalo Higuain (twitter.com/ChampionsLeague)

Gonzalo Higuain merupakan pemain termahal yang pernah dijual Napoli. Kepastian itu diperoleh saat dirinya hengkang ke Juventus pada musim panas 2016. Higuain ditebus Bianconeri seharga 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Keputusannya ini sempat menuai kontroversi karena dicap pengkhianat.

Higuain sejatinya tampil impresif bersama Juventus. Dalam 2 musim perdana, ia merupakan mesin gol andalan Bianconeri. Sayangnya, kehadiran nama-nama baru membuat posisinya terpinggirkan. Higuain sempat dipinjamkan ke AC Milan dan Chelsea sebelum dilepas permanen pada 2020.

Napoli merupakan klub yang istimewa bagi kelima pemain di atas. Bersama Napoli, karier mereka berkembang dengan baik. Akankah ada pemain lain yang bisa memecahkan rekor transfer mereka?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bertahan Semusim Membela Chelsea, Ada Koulibaly

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya