5 Pemain Portugal Rekrutan PSG sebelum Goncalo Ramos

Sebagian besar masih bertahan hingga sekarang

Paris Saint-Germain (PSG) menjadi salah satu tim Ligue 1 tersibuk pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka sudah menggaet sejumlah pemain anyar. Terbaru, PSG dikabarkan bakal mendapatkan servis pemain muda berbakat Portugal, Goncalo Ramos.

Kepindahan Ramos ke Kota Paris tinggal menunggu waktu. Ia bakal menambah daftar panjang pemain Portugal yang pernah membela Les Parisiens. PSG memang punya hubungan yang erat dengan pemain Portugal sebab lokasi kedua negara yang berdekatan.

Sebelum Ramos, berikut lima pemain Portugal terakhir yang direkrut oleh PSG. Bagaimana kiprah mereka?

1. Goncalo Guedes

5 Pemain Portugal Rekrutan PSG sebelum Goncalo RamosGoncalo Guedes (twitter.com/PSG_English)

PSG mendaratkan bintang muda Benfica, Goncalo Guedes, pada musim dingin 2017. Guedes direkrut ke Parc des Princes seharga 30 juta euro atau sekitar Rp498 miliar. Ia datang ke Paris dengan membawa catatan impresif di klub asalnya. Sayangnya, Guedes tak bertahan lama di PSG.

Setengah musim debutnya tak berjalan mulus. Guedes hanya tampil 13 kali dengan koleksi 1 gol. Pada musim 2017/2018, Guedes dipinjamkan ke Valencia karena tak menjadi pilihan utama di PSG. Performanya membaik di sana sehingga Valencia menebus jasa Guedes secara permanen.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane Dembele

2. Danilo Pereira

5 Pemain Portugal Rekrutan PSG sebelum Goncalo RamosDanilo Pereira (twitter.com/iamDaniloP)

Danilo Pereira awalnya membela PSG dengan status pinjaman. Ia dipinjam oleh Les Parisiens dari Porto pada musim panas 2020 lalu. Karena performanya yang cukup mengesankan, Danilo pun ditebus permanen dengan biaya sebesar 16 juta euro atau sekitar Rp266 miliar.

Danilo menjelma menjadi pemain yang serba bisa di PSG. Tak hanya sebagai gelandang, ia juga kerap ditempatkan sebagai bek tengah. Fleksibilitas itu memungkinkan Danilo mendapat banyak kesempatan tampil bersama PSG meski bersaing dengan deretan pemain bintang. Sejauh ini, ia sudah mengoleksi 123 penampilan serta meraih berbagai gelar juara, termasuk 2 titel Ligue 1.

3. Renato Sanches

5 Pemain Portugal Rekrutan PSG sebelum Goncalo RamosRenato Sanches (instagram.com/renatosanches18)

Karier Renato Sanches kembali menanjak bersama Lille. Ia sukses mengantarkan mantan timnya itu menjadi kampiun Ligue 1 2020/2021. PSG akhirnya terpikat dengan aksi pemain yang kini berusia 25 tahun tersebut. Les Parisiens lalu merekrut Sanches seharga 15 juta euro atau sekitar Rp249 miliar pada musim panas 2022.

Sayangnya, Sanches tak menjalani musim debut yang impresif. Ia harus bergantian dengan pemain lain untuk mengisi lini tengah PSG. Masalah cedera juga menghambat kiprahnya di Paris. Secara keseluruhan, Sanches baru mengantongi 27 penampilan dengan koleksi 2 gol di semua kompetisi bersama PSG.

4. Nuno Mendes

5 Pemain Portugal Rekrutan PSG sebelum Goncalo RamosNuno Mendes (instagram.com/nunomendes_5)

Sisi kiri pertahanan PSG makin kuat usai hadirnya Nuno Mendes. Ia bergabung dengan PSG pada musim panas 2021. Mendes awalnya berstatus pinjaman dari Sporting Lisbon. Tak disangka, ia tampil menjanjikan sehingga dipermanenkan seharga 38 juta euro alias Rp631 miliar.

Mendes menjadi salah satu andalan di posisi bek kiri PSG. Ia menggusur bek senior macam Layvin Kurzawa yang nasibnya makin terpinggirkan. Dibekali atribut kecepatan dan visi permainan yang mumpuni, Mendes sukses tampil reguler di sisi kiri pertahanan PSG. Hingga kini, Nuno Mendes sudah bermain sebanyak 69 kali.

5. Vitinha

5 Pemain Portugal Rekrutan PSG sebelum Goncalo RamosVitinha (twitter.com/vitinha)

Vitinha merupakan salah satu rekrutan PSG era Cristophe Galtier. Demi mendapatkan jasanya, Les Parisiens harus membayar 41,5 juta euro atau sekitar Rp689 miliar kepada FC Porto pada musim panas 2022. Meski cukup mahal, Vitinha mampu membuktikan dirinya layak dibanderol harga tinggi.

Pemain berusia 23 tahun itu langsung menjadi pilihan utama di lini tengah PSG. Vitinha tak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Perannya nyaris tak tersentuh oleh pemain lain. Tak ayal dirinya mampu membukukan 48 penampilan di semua ajang. 

Goncalo Ramos kabarnya segera menyusul mereka dalam waktu dekat. Kehadirannya diproyeksi memperkuat lini serang PSG. Terlebih lagi, Les Parisiens berpotensi kehilangan Kylian Mbappe yang sudah tak betah.

Baca Juga: 5 Remaja yang Pernah Didatangkan PSG, Ada yang Baru

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya