7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023

Kursi kepelatihan Wolves juga ikut berganti

Wolverhampton Wanderers tak banyak melakukan pergerakan pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka malah melepas sederet pemain andalan. Hal itu berpengaruh terhadap kursi kepelatihan. Julen Lopetegui memutuskan untuk mundur karena kecewa dengan strategi transfer Wolves.

Kekecewaan Lopetegui sangat beralasan. Pasalnya, Wolves telah menjual pemain seniornya daripada membangun skuad yang solid. Ada tujuh pemain yang sudah dilepas. Angka itu tentunya masih bisa bertambah. Lantas, siapa sajakah pemain senior yang dilepas Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2023?

1. Ruben Neves buat kejutan dengan hijrah ke Arab Saudi

7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023Ruben Neves (twitter.com/Alhilal_FC)

Teka-teki terkait klub selanjutnya yang dibela Ruben Neves akhirnya terungkap. Sempat dihubungkan dengan Barcelona, pilihan akhir sang pemain justru di luar ekspektasi. Ia bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Hilal. Biaya transfer Neves itu mencapai 55 juta euro atau sekitar Rp920 miliar. Neves menjadi salah satu rekrutan top Al-Hilal pada musim panas 2023 dengan gaji yang fantastis.

2. Nathan Collins memecahkan rekor transfer Brentford

7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023Nathan Collins (twitter.com/BrentfordFC)

Nathan Collins sebenarnya baru semusim membela Wolverhampton Wanderers. Ia tampil apik di lini belakang Wolves. Sayangnya, Collins memutuskan untuk hijrah pada musim panas 2023. Ia hengkang ke Brentford dengan biaya 27 juta euro atau sekitar Rp451 miliar. Nominal itu menjadikannya sebagai rekrutan termahal sepanjang sejarah The Bees. Collins dikontrak selama 6 musim dan menambah kekuatan di jantung pertahanan Brentford.

3. Conor Coady mencoba tantangan baru di Leicester City

7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023Conor Coady (twitter.com/LCFC)

Conor Coady sudah tak menjadi pilihan utama di lini belakang Wolverhampton Wanderers. Ia dipinjamkan ke Everton pada 2022/2023. Kini, Coady dilepas permanen. Ia bergabung dengan Leicester City seharga 9 juta euro atau sekitar Rp150 miliar. Coady didatangkan The Foxes untuk mengisi lubang di lini belakang. Pengalaman dan kematangannya diharapkan bisa membawa Leicester City kembali promosi ke English Premier League (EPL).

Baca Juga: 4 Pemain Wolverhampton yang Bergabung pada Musim Panas 2023

4. Raul Jimenez hijrah ke Fulham sebagai pengganti Aleksandar Mitrovic

7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023Raul Jimenez (twitter.com/FulhamFC)

Lini serang Wolverhampton ditinggal striker andalannya, Raul Jimenez. Ia memutuskan untuk hengkang ke klub Inggris lainnya, Fulham. Jimenez ditebus The Cottagers seharga 6 juta euro atau sekitar Rp100 miliar. Fulham merekrutnya sebagai antisipasi Aleksandar Mitrovic. Beberapa laporan sebelumnya menyebutkan Mitrovic menjadi incaran sederet klub papan Arab Saudi dengan tawaran menggiurkan. Hal itu terbukti benar setelah ia bergabung dengan Al Hilal.

5. Joao Moutinho tertarik pindah ke Arab Saudi, tetapi memilih SC Braga di Portugal

7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023Joao Moutinho (twitter.com/JoaoMoutinho)

Tak hanya Neves, Wolverhampton Wanderers juga kehilangan gelandang senior lainnya pada musim panas 2023. Pemain yang dimaksud itu adalah Joao Moutinho. Kontraknya di Wolves berakhir pada Juni 2023 dan tidak diperpanjang. Ia sempat dikabarkan menjadi incaran Al Ittihad. Apabila terealisasi, Moutinho bakal bertemu kembali dengan mantan pelatihnya di Wolves, Nuno Espirito Santo. Namun, ia ternyata pindah ke SC Braga di Portugal.

6. Diego Costa kembali ke Brasil

7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023Diego Costa (chelseafc.com)

Diego Costa tak lama membela Wolverhampton Wanderers. Setelah musim debut yang tak menjanjikan, Costa memilih untuk pergi. Ia meninggalkan Wolves dengan status bebas transfer pada musim panas 2023. Costa sebelumnya dikabarkan ingin pulang ke Brasil dan menghabiskan sisa kariernya di sana. Ia pun bergabung dengan Botafogo.

7. Adama Traore sempat jadi incaran sejumlah klub Italia dan Spanyol sebelum ke Fulham

7 Pemain Senior Dilepas Wolverhampton pada Musim Panas 2023Adama Traore (twitter.com/AdamaTrd37)

Adama Traore resmi berpisah dengan Wolverhampton Wanderers. Kedua pihak sebenarnya sempat bernegosiasi terkait perpanjangan kontrak. Sayangnya, kesepakatan urung tercapai. Traore lantas berstatus bebas transfer pada musim panas 2023. Beberapa klub Italia dan Spanyol dikabarkan tertarik dengan jasanya. Namun, Traore memutuskan untuk tetap di Inggris dengan membela Fulham.

Wolverhampton sepertinya bakal kesulitan untuk bersaing musim depan. Kehilangan sederet pemain kunci hingga pergantian pelatih tentunya sangat berpengaruh. Kira-kira, bisakah mereka mengatasi masalah tersebut?

Baca Juga: 5 Penyerang Tengah Wolverhampton dengan Harga Mahal

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya