5 Pemain Southampton Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1

Tak semuanya mampu bersinar di Prancis

Southampton gagal bertahan di English Premier League. The Saints harus menelan pil pahit sebab terdegradasi ke Championship pada akhir musim 2022/2023. Usai melewati momen kelam itu, Southampton pun harus kehilangan sejumlah pemainnya yang hengkang ke klub lain.

Beberapa penggawa The Saints sudah berganti kostum pada musim panas 2023. Di antara mereka, ada dua nama yang hijrah ke Ligue 1, yaitu Salisu dan Caleta-Car. Keduanya menjadi pemain teranyar yang dilepas oleh Southampton ke Ligue 1. Termasuk keduanya, inilah lima pemain Southampton terakhir yang hijrah ke Ligue 1.

1. Mario Lemina

5 Pemain Southampton Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1Mario Lemina (twitter.com/LeminaM_13)

Mario Lemina resmi berpisah dengan Southampton pada akhir musim 2020/2021 lalu. Setelah menjalani peminjaman ke Galatasaray dan Fulham, ia akhirnya dilepas secara permanen oleh The Saints. Southampton melepas Lemina ke OGC Nice seharga 5,5 juta euro atau sekitar Rp91 miliar.

Keputusannya untuk pindah itu sangat tepat. Lemina dipercaya sebagai gelandang jangkar utama Les Aiglons. Ia tampil dalam 58 pertandingan di semua kompetisi. Usai 2 musim bersama OGC Nice, Lemina kembali ke Inggris. Ia bergabung dengan Wolverhampton pada musim panas 2023.

2. Mateusz Lis

5 Pemain Southampton Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1Mateusz Lis (instagram.com/mateusz1lis)

Mateusz Lis merapat ke Southampton pada musim panas 2022. Namun, ia langsung dipinjamkan oleh The Saints. Lis dilepas ke Troyes selama semusim penuh. Ia diharapkan mampu berkembang di Prancis. Sayangnya, Lis tak mampu tampil reguler sebab hanya dipercaya sebagai kiper pelapis.

Kiper berpaspor Polandia itu hanya tampil sebanyak sepuluh kali. Lis kalah bersaing dengan Gauthier Gallon di bawah mistar gawang. Semuanya makin rumit usai timnya itu terdegradasi ke Ligue 2. Lis akhirnya pulang ke Southampton. Namun, ia kembali dipinjamkan ke klub Turki, Goztepe.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Dilepas Southampton ke Klub Besar EPL 

3. Yan Valery

5 Pemain Southampton Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1Yan Valery (twitter.com/yan_valery)

Kualitas Yan Valery tak mengalami perkembangan berarti di Southampton. Kariernya cenderung stagnan karena kekurangan jam terbang. Alhasil, Valery memutuskan untuk pindah secara permanen pada musim panas 2022. Bek kanan berpaspor Tunisia itu hijrah ke Angers.

Bersama klub barunya itu, Valery berhasil tampil reguler. Ia diturunkan dalam 31 pertandingan di semua kompetisi. Meski begitu, musim debutnya tak berjalan dengan baik. Valery gagal menyelamatkan Angers dari jurang degradasi. Ia pun bakal berkompetisi di Ligue 2 musim depan.

4. Mohammed Salisu

5 Pemain Southampton Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1Mohammed Salisu (twitter.com/AS_Monaco)

Mohammed Salisu hengkang dari Southampton pada musim panas 2023. Tawaran besar yang dilayangkan oleh AS Monaco langsung ia terima. Dalam proses kepindahannya ini, Salisu ditebus dengan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp249 miliar. Ia dikontrak selama 5 musim.

Salisu bakal memperkuat lini pertahanan AS Monaco. Terlebih lagi, ia merupakan sosok potensial sebab masih berusia 24 tahun. Salisu dinilai dapat berkembang dengan pesat di AS Monaco. Kualitasnya pun sudah teruji di EPL. Ia diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan.

5. Duje Caleta Car

5 Pemain Southampton Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1Duje Caleta-Car (instagram.com/ol)

Tak hanya Salisu, Duje Caleta-Car juga hijrah ke Ligue 1 pada musim panas 2023. Duje meninggalkan Southampton meski baru semusim bergabung. Ia memutuskan untuk hijrah ke Olympique Lyon. Duje direkrut oleh Les Gones dengan status pinjaman hingga akhir musim 2023/2024 mendatang.

Ligue 1 bukanlah kompetisi yang asing baginya. Sebelum membela Southampton, Duje pernah berseragam Olympique Marseille selama 4 musim (2018--2022). Ia dinilai bakal mudah beradaptasi. Bek asal Kroasia itu juga bakal diproyeksikan sebagai pengganti Jerome Boateng yang sudah hengkang.

Kegagalan Southampton untuk tetap bertahan di kasta tertinggi Liga Inggris harus dibayar mahal. The Saints kehilangan beberapa pemainnya. Itu termasuk Salisu dan Caleta-Car yang telah hengkang ke Ligue 1.

Baca Juga: Olympique Lyonnais Feminin, Tim Sepak Bola Perempuan Terkuat Saat Ini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya