5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester City ke Klub Non-Liga Inggris

Ferran Torres salah satunya!

Manchester City mampu mendominasi English Premier League (EPL). Melalui koleksi lima gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris dalam sedekade terakhir, The Cityzens membuktikan kekuasaannya. Hal ini tentu tak terlepas dari aktivitas transfer mereka yang sesuai dengan kebutuhan.

Manchester City kerap merekrut pemain dengan harga tinggi. Sebaliknya, The Cityzens juga tak mau rugi saat menjual pemain. Banyak pemain yang dijual dengan harga mahal, termasuk ke klub luar Premier League.

Siapa saja pemain termahal yang dijual Manchester City ke klub non-Liga Inggris?

1. Ferran Torres (55 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester City ke Klub Non-Liga InggrisFerran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Ferran Torres hanya membela Manchester City selama 1,5 musim. Meski cukup singkat, ia tetap tampil menjanjikan bersama The Cityzens. Hal itu yang membuat Barcelona tertarik untuk membawanya ke Camp Nou pada musim dingin 2022.

La Blaugrana sepakat menebusnya dengan biaya 55 juta euro atau sekitar Rp883 miliar. Ferran menjadi salah satu pemain penting di lini depan Barcelona. Tercatat, ia sudah tampil 55 kali dengan koleksi 12 gol dan 7 assist.

2. Leroy Sane (49 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester City ke Klub Non-Liga InggrisLeroy Sane (twitter.com/leroy_sane)

Leroy Sane sebenarnya punya kiprah yang gemilang di Manchester City. Namun, ia memutuskan untuk hengkang dari klub kota Manchester itu pada musim panas 2020. Sane sepakat bergabung dengan raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munich.

Dalam proses kepindahannya, Sane ditebus dengan biaya 49 juta euro atau sekitar Rp787 miliar. Harga mahal itu berhasil dibayar lunas olehnya. Ia dengan cepat bersinar di lini depan Die Bayern. Sane sudah mengoleksi 36 gol dari 116 penampilan.

Baca Juga: Arsenal Kembali Jadi Korban Blunder Wasit, Untung Menang

3. Danilo (37 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester City ke Klub Non-Liga InggrisDanilo (instagram.com/daniluiz2)

Danilo meninggalkan Manchester City pada musim panas 2019. Ia memutuskan untuk hijrah ke Italia dengan membela Juventus. Untuk mendapatkan jasa pemain Brasil itu, Juventus harus membayar 37 juta euro atau sekitar Rp594 miliar.

Keputusannya hijrah ke Juventus sangat tepat. Danilo tampil solid di lini belakang Bianconeri. Ia telah bermain sebanyak 141 kali serta mempersembahkan beberapa gelar bergengsi, termasuk 1 scudetto dan 1 trofi Piala Super Italia.

4. Alvaro Negredo (28 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester City ke Klub Non-Liga InggrisAlvaro Negredo (twitter.com/ChampionsLeague)

Karier Alvaro Negredo bertahan singkat. Ia gagal bersinar sehingga dipinjamkan ke Valencia pada musim panas 2014. Bersama Los Che, performa Negredo justru meningkat dan menjadi mesin gol utama yang menakutkan di depan gawang lawan.

Valencia dengan segera mempermanenkannya. Negredo ditebus seharga 28 juta euro atau sekitar Rp449 miliar. Ia membela Valencia selama 3 musim dengan koleksi 18 gol dari 74 penampilan di semua kompetisi.

5. Robinho (21 juta euro)

5 Pemain Termahal yang Dijual Manchester City ke Klub Non-Liga InggrisRobinho (twitter.com/premierleague)

Performa Robinho makin menurun di Manchester City. Ia sempat bersinar, tetapi hanya sebenar. Namun, masih ada AC Milan yang tertarik untuk merekrut pemain berpaspor Brasil itu. Robinho akirnya resmi menjadi milik Rossoneri pada musim panas 2010.

Dalam proses transfer ini, AC Milan harus merogoh kocek sebesar 21 juta euro atau sekitar Rp337 miliar. Robinho mampu unjuk gigi serta membuktikan kualitasnya. Dari 144 penampilan, ia sukses membukukan 32 gol dan 30 assist.

Penjualan kelima pemain di atas menghasilkan keuntungan untuk Manchester City. Tak hanya dari segi finansial, kepergian mereka menghadirkan ruang bagi The Cityzens demi bisa mendapatkan pemain baru ke Premier League.

Baca Juga: 5 Momen Terakhir Manchester United Angkat Trofi Juara, Masih Ingat?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya