9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023

Marcel Sabitzer salah satunya

Bursa transfer musim panas 2023 memasuki pekan-pekan akhir yang krusial. Sederet kepindahan pemain sebenarnya sudah terealisasi, tetapi berbagai kabar lainnya juga masih hangat di udara. Di liga top Eropa, pergerakan pemain menuju klub barunya sangat intens dan menarik untuk diikuti.

Austria, sebagai salah satu negara yang tak begitu kuat di dunia sepak bola, menunjukkan geliat positif pada musim panas 2023. Pasalnya, ada beberapa pemain Austria yang berganti klub di liga top Eropa. Sudah ada sembilan pemain yang merapat ke klub baru. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Florian Grillitsch kembali membela Hoffenheim usai semusim di Ajax

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Florian Grillitsch (twitter.com/UEFAcom_de)

Florian Grillitsch pulang ke Hoffenheim. Ia kembali usai membela Ajax Amsterdam selama semusim. TSG Hoffenheim mendapatkan jasanya secara gratis. Kehadiran Grillitsch dapat menjadi amunisi yang menguntungkan bagi Hoffenheim. Terlebih lagi, ia tampil impresif pada saat pertama kali direkrut Die Kraichgauer. Grillitsch sebelumnya membela Hoffenheim selama 5 musim (2017--2022) dan jadi gelandang andalan.

2. Junior Adamu memulai lembaran baru bersama SC Freiburg

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Junior Adamu (bundesliga.com)

RB Salzburg selalu melahirkan pemain-pemain muda berbakat. Pada musim panas 2023, mereka menjual Junior Adamu, striker berusia 22 tahun, ke SC Freiburg. Adamu dilepas dengan biaya 3 juta euro atau sekitar Rp50 miliar. Kedatangan pemain muda seperti dirinya merupakan langkah investasi yang menarik bagi Freiburg. Adamu punya banyak waktu untuk berkembang dan tampil impresif di Bundesliga.

3. Maximilian Wober hijrah ke Borussia Moenchengladbach dengan status pinjaman

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Maximilian Wober (twitter.com/borussia_en)

Maximilian Wober baru membela Leeds United selama setengah musim. Meski begitu, ia sudah hengkang pada musim panas 2023. Kegagalan The Whites untuk tetap bertahan di English Premier League (EPL) menjadi alasannya pindah. Wober memutuskan untuk hengkang ke Borussia Moenchengladbach. Ia dipinjam Die Fohlen selama semusim penuh untuk menambah kekuatan di jantung pertahanan.

4. Stefan Posch ditebus permanen oleh Bologna usai bersinar selama peminjaman

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Stefan Posch (twitter.com/BolognaFC1909en)

Stefan Posch berhasil memikat manajemen Bologna. Ia tampil menjanjikan selama masa peminjaman dengan catatan 32 penampilan di semua kompetisi. Setelah menjalani masa peminjaman selama semusim, Posch pun ditebus secara permanen. Bologna membelinya dari TSG Hoffenheim seharga 5 juta euro atau sekitar Rp83 miliar. Ia dikontrak selama 5 musim. Posch juga terus dipercaya sebagai bek kanan utama.

Baca Juga: 10 Potret Marcel Sabitzer, Pemain Cerdik yang Tersisihkan di Munchen

5. Borussia Dortmund menjadi klub baru yang dituju Marcel Sabitzer

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Marcel Sabitzer (twitter.com/BVB)

Marcel Sabitzer sudah tak masuk ke dalam rencana Bayern Munich. Ia sempat dipinjamkan ke Manchester United pada musim dingin 2023. Setelah itu, Sabitzer akhirnya hengkang secara permanen. Ia melanjutkan kariernya dengan bergabung ke Borussia Dortmund. Sabitzer ditebus seharga 19 juta euro atau sekitar Rp317 miliar serta dikontrak selama 4 musim. Die Borussen menjadi klub Bundesliga ketiga yang dibelanya setelah RB Leipzig dan Bayern Munich.

6. Nicolas Seiwald perkuat lini tengah RB Leipzig

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Nicolas Seiwald (twitter.com/RBLeipzig_EN)

RB Leipzig kerap merekrut pemain yang berasal dari Austria. Faktor kepemilikan Red Bull menjadi alasan utama hal itu terus berlangsung hingga sekarang. Pada musim panas 2023, Die Roten Bullen menggaet dua pemain asal Austria, termasuk Nicolas Seiwald. Ia dibeli dari RB Salzburg seharga 19 juta euro atau sekitar Rp334 miliar. Kehadirannya ditujukan untuk mengisi posisi Konrad Laimer yang hijrah ke klub rival, Bayern Munich.

7. Cristoph Baumgartner tambah aura Austria di skuad RB Leipzig

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Christoph Baumgartner (rbleipzig.com)

Selain Nicolas Seiwald, RB Leipzig juga merekrut pemain muda Austria lainnya, yaitu Christoph Baumgartner. Die Roten Bullen memboyongnya dari TSG Hoffenheim dengan biaya 24 juta euro atau sekitar Rp400 miliar. Kehadiran Baumgartner menjadi suntikan berharga di lini tengah RB Leipzig. Ia juga sudah tak asing dengan atmosfer khas Bundesliga. Baumgartner diharapkan dapat mengisi lini tengah RB Leipzig dengan maksimal.

8. Marko Arnautovic kembali bergabung dengan Inter Milan

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Marko Arnautovic (twitter.com/Inter_en)

Inter Milan melakukan perombakan besar-besaran pada musim panas 2023. Usai melepas beberapa pemain, Nerazzuri dengan cepat menemukan penggantinya. Salah satu nama baru yang direkrut Inter Milan itu adalah Marko Arnautovic. Ia dipinjam selama semusim dari Bologna untuk memperkuat lini serang. Ini merupakan kepindahannya yang kedua kali ke Inter Milan. Pasalnya, Arnautovic pernah membela Nerazzuri pada 2009/2010 lalu. Saat itu, ia juga berstatus pinjaman dari FC Twente 

9. Konrad Laimer menyeberang dari RB Leipzig ke Bayern Munich

9 Pemain Top Austria yang Berganti Klub pada Musim Panas 2023Konrad Laimer (twitter.com/FCBayern)

Konrad Laimer memutuskan untuk hijrah ke Bayern Munich pada musim panas 2023. Ia bergabung secara bebas transfer usai kontraknya bersama RB Leipzig habis. Laimer disodori kontrak dengan durasi selama 4 musim. Kehadirannya bakal memperkuat lini tengah Die Roten. Pengalaman Laimer yang sudah lama berkarier di Bundesliga jadi nilai tambah. Ia bakal bersaing dengan nama lain, seperti Joshua Kimmich dan Leon Goretzka untuk mendapatkan tempat utama.

Sebagian besar dari mereka merapat ke klub Bundesliga. Hal itu didukung dengan kondisi geografis antara Jerman dan Austria yang berdekatan. Tak menutup kemungkinan ada pemain Austria lainnya yang berganti klub pada sisa bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Austria Terakhir yang Memperkuat Bayern Munich sebelum Laimer

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya