5 Pembelian Termahal RB Leipzig dari Ligue 1, Openda Pecahkan Rekor!

Didominasi pemain muda

RB Leipzig diakui kehebatannya sebagai penghasil bakat-bakat potensial. Kejelian Die Roten Bullen itu membuahkan sumber pendapatan yang fantastis. Di sisi lain, RB Leipzig sebenarnya juga sering merekrut pemain dengan biaya mahal untuk memperkuat skuadnya.

Pada bursa transfer musim panas 2023, Die Roten Bullen cukup jor-joran dalam berburu pemain. Kepastian itu diperoleh usai mereka menggaet Lois Openda dari klub Ligue 1 Prancis, RC Lens. Openda juga memastikan diri sebagai rekrutan termahal RB Leipzig dari Ligue 1 menggeser nama-nama lama.

1. Kepindahan Lois Openda dari RC Lens memecahkan rekor transfer RB Leipzig

5 Pembelian Termahal RB Leipzig dari Ligue 1, Openda Pecahkan Rekor!Lois Openda (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Lois Openda memecahkan rekor transfer termahal RB Leipzig. Kepastian ini diperoleh usai dirinya ditebus dari RC Lens pada musim panas 2023. Die Roten Bullen harus membayar 43 juta euro atau sekitar Rp720 miliar untuk mendapatkan jasanya. Openda dikontrak selama 5 musim.

Kehadirannya ditujukan sebagai pengganti Christopher Nkunku di lini serang. Openda datang dengan catatan impresif bersama RC Lens. Meski hanya semusim di sana, ia tampil produktif dengan koleksi 21 gol. Pemain berpaspor Belgia itu juga membawa timnya finis di posisi runner-up Ligue 1 dan lolos ke Liga Champions Eropa.

2. Castello Lukeba direkrut sebagai pengganti Josko Gvardiol

5 Pembelian Termahal RB Leipzig dari Ligue 1, Openda Pecahkan Rekor!Castello Lukeba (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Dana segar dari penjualan Josko Gvardiol dimanfaatkan RB Leipzig untuk mencari bek baru. Pilihan Die Roten Bullen akhirnya jatuh kepada Castello Lukeba. Bek muda milik Olympique Lyon ini ditebus seharga 35 juta euro atau sekitar Rp586 miliar. Lukeba bakal membela RB Leipzig selama 5 musim.

Lukeba bisa menambah kedalaman di lini belakang RB Leipzig. Selain sebagai pengganti Gvardiol, ia juga menambah aset berharga klub yang dimiliki Red Bull itu. Lukeba bisa berkembang dengan pesat bersama RB Leipzig. Ia punya banyak hal yang dapat ditawarkan untuk klub barunya itu.

Baca Juga: 4 Pemain RB Leipzig yang Datang dari Ligue 1 pada Musim Panas 2023

3. Dibuang PSG, karier Christopher Nkunku bersinar terang di RB Leipzig

5 Pembelian Termahal RB Leipzig dari Ligue 1, Openda Pecahkan Rekor!Christopher Nkunku (instagram.com/c_nkunku)

Pembelian Christopher Nkunku merupakan terobosan tepat yang dilakukan RB Leipzig. Bergabung dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2019, Nkunku membuktikan kualitas terbaiknya. Harga sebesar 19,5 juta euro atau sekitar Rp326 miliar yang dikeluarkan RB Leipzig berhasil dibayar lunas olehnya.

Nkunku menjelma jadi pemain krusial Die Roten Bullen. Ia tampil tajam di lini depan dengan koleksi 70 gol dan 56 assist dari 172 penampilan. Beberapa gelar bergengsi juga ia persembahkan, termasuk dua titel juara DFB Pokal. Nkunku akhirnya pindah ke Chelsea pada musim panas 2023.

4. Nordi Mukiele bersinar sebagai bek kanan sehingga menarik perhatian PSG

5 Pembelian Termahal RB Leipzig dari Ligue 1, Openda Pecahkan Rekor!Nordi Mukiele mendribel bola. (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Nordi Mukiele bergabung dengan RB Leipzig pada musim panas 2018. Saat itu, ia direkrut dari Montpellier seharga 16 juta euro atau sekitar Rp268 miliar. Pembelian ini tak sia-sia bagi RB Leipzig. Mukiele dengan cepat menjadi andalan di posisi bek kanan. Ia tampil reguler di posisi tersebut.

Selama 4 musim bersama RB Leipzig, peran Mukiele nyaris tak tergantikan. Ia sukses mengantongi 146 penampilan di semua kompetisi. Catatan impresif itu menarik perhatian klub sekelas PSG. Les Parisiens lalu merekrutnya ke Paris sebagai kompetitor Achraf Hakimi pada musim panas 2022.

5. Mohamed Simakan tampil solid di jantung pertahanan RB Leipzig

5 Pembelian Termahal RB Leipzig dari Ligue 1, Openda Pecahkan Rekor!Mohamed Simakan (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Mohamed Simakan menikmati perjalanan kariernya bersama RB Leipzig. Ia mulai berseragam Die Roten Bullen sejak musim 2021/2022. RB Leipzig menebus jasanya dari Strasbourg seharga 15 juta euro atau sekitar Rp257 miliar. Transfer ini berbuah manis sebab Simakan tampil solid di lini belakang.

Ia jadi salah satu andalan RB Leipzig dalam mengawal barisan pertahanan. Pemain berusia 23 tahun itu mampu tampil penuh dalam 2 musim pertamanya. Secara keseluruhan, Simakan sudah tampil sebanyak 78 kali. Tak heran apabila dirinya dikabarkan menjadi incaran sejumlah klub besar.

Pembelian mahal RB Leipzig di atas merupakan bentuk investasi yang menjanjikan. Pasalnya, beberapa nama berhasil dijual dengan harga yang lebih mahal ke klub lain. Salah satunya adalah Christopher Nkunku.

Baca Juga: 6 Pemain Baru Leipzig 2023, Lois Openda Menjadi Nama Terbaru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya