5 Pemilik Nomor Punggung 10 Everton sebelum Arnaut Danjuma

Danjuma didatangkan dari Villarreal

Kepindahan Arnaut Danjuma ke Everton akhirnya terjawab. Ia resmi berlabuh ke klub berjuluk The Toffees itu dengan status pinjaman dari Villarreal. Everton sebenarnya tertarik dengannya pada musim dingin 2023. Kesepakatan pun sudah terjalin, tetapi Danjuma justru berubah haluan ke Tottenham Hotspur.

Kini, Danjuma datang dengan membawa beban besar. Ia diharapkan mampu mengangkat performa The Toffees yang inkonsisten. Danjuma diberikan nomor punggung 10. Nomor tersebut cukup spesial di Everton karena pernah dipakai sederet pemain hebat. Siapa saja pemilik nomor punggung 10 Everton sebelum Arnaut Danjuma?

1. Gerard Deulofeu

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Everton sebelum Arnaut DanjumaGerard Deulofeu (twitter.com/gerardeulofeu)

Gerard Deulofeu hijrah ke Everton sebanyak dua kali. Awal kedatangannya itu terealisasi pada musim panas 2014. Ia dipinjam The Toffees dari Barcelona selama semusim. Dalam kurun waktu tersebut, Deulofeu dipercaya untuk mengenakan nomor punggung 10 Everton.

Ia sempat pulang ke Barcelona. Namun, Deulofeu kembali berseragam Everton pada awal musim panas 2015. Ia bertahan selama 1,5 musim di klub Merseyside tersebut. Meski begitu, Deulofeu tak memakai nomor punggung 10 lagi. Ia mengenakan nomor lain, yaitu 19 dan 7.

2. Romelu Lukaku

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Everton sebelum Arnaut DanjumaRomelu Lukaku (premierleague.com)

Romelu Lukaku kerap dianggap gagal bersinar selama berkarier di Premier League. Namun, ia tak sepenuhnya gagal. Apalagi sewaktu berseragam Everton. Ia membela The Toffees selama 4 musim (2013--2017). Datang setelah dibuang Chelsea, ketajamannya melonjak drastis bersama The Toffees.

Ia berhasil mencetak 87 gol dan 29 assist dari 166 penampilan. Catatan itu memulihkan reputasinya yang sempat ternodai. Soal nomor punggung, Lukaku akrab dengan nomor punggung 10 di Everton. Ia memakainya selama 3 musim beruntun dan menjadi mesin gol utama.

Baca Juga: 7 Pemain Everton Terakhir dari Tim LaLiga sebelum Danjuma

3. Wayne Rooney

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Everton sebelum Arnaut DanjumaWayne Rooney (twitter.com/premierleague)

Lini serang Everton mengalami perubahan besar-besaran pada musim panas 2017. The Toffees melepas penyerang andalannya, Romelu Lukaku, ke Old Trafford. Sementara itu, Wayne Rooney kembali ke klub lamanya, Everton. Rooney langsung diberikan hak istimewa untuk menggunakan nomor punggung 10.

Legenda hidup Everton itu sendiri hanya bertahan semusim di Goodison Park. Meski cukup singkat, produktivitas Rooney tetap tinggi. Ia sukses membukukan 11 gol dan 3 assist dari 40 penampilan di semua kompetisi. Semusim berselang, Rooney hengkang ke klub Major League Soccer (MLS), DC United.

4. Gylfi Sigurdsson

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Everton sebelum Arnaut DanjumaGylfi Sigurdsson (twitter.com/premierleague)

Gylfi Sigurdsson menjadi pemilik nomor punggung 10 Everton selanjutnya. Ia sejatinya sudah membela The Toffees pada 2017/2018. Namun, Sigurddson terlebih dahulu memakai nomor punggung 18. Ia lalu menggantinya menjadi nomor 10 usai kepergian Rooney.

Sigurdsson memakai nomor punggung 10 selama 4 musim beruntun. Hal itu bukan tanpa alasan. Sigurdsson berperan penting di lini tengah Everton. Sayangnya, karier Sigurdsson berubah drastis usai tersangkut skandal kekerasan seksual. Kontraknya diputus Everton pada Juni 2022.

5. Anthony Gordon

5 Pemilik Nomor Punggung 10 Everton sebelum Arnaut DanjumaAnthony Gordon (twitter.com/Everton)

Estafet kepemilikan nomor punggung 10 Everton terus berlanjut. Pada awal musim 2022/2023, Everton mempercayakannya nomor itu kepada Anthony Gordon. Ia merupakan jebolan akademi The Toffees. Gordon punya bakat yang besar sehingga diandalkan di lini serang Everton.

Ia mengemas 78 penampilan di semua kompetisi. Meski begitu, Everton tak mampu mempertahankan Gordon lebih lama. Gordon hanya menghuni skuad utama The Toffees hingga pertengahan musim 2022/2023. Gordon lalu dibajak Newcastle United yang tertarik dengan bakat yang ia miliki.

Nomor punggung 10 kini menjadi milik Arnaut Danjuma. Ia akan bermain mulai pada 2023/2024 sebagai pinjaman. Jika bersinar, maka bukan tidak mungkin Danjuma akan dipermanenkan.

Baca Juga: 6 Pemain yang Berpeluang Merapat ke Everton pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya