5 Pemilik Nomor Punggung 22 Bayern Munich sebelum Raphael Guerreiro

Termasuk dua kiper

Raphael Guerreiro menjadi pemain teranyar yang direkrut Bayern Munich dari klub rival, Borussia Dortmund. Guerreiro bergabung secara gratis usai kontraknya habis pada Juni 2023 lalu. Kehadirannya bakal memperkuat sisi kiri pertahanan Die Bayern.

Guerreiro datang dengan membawa segudang kualitas mumpuni. Ia bakal menjadi pesaing sepadan bagi Alphonso Davies.

Bersama Bayern Munich, Guerreiro sendiri memutuskan untuk memakai nomor punggung 22. Ia menjadi pemain Bayern Munich teranyar yang menggunakan nomor tersebut. Sebelum dirinya, inilah lima pengguna nomor punggung 22 Bayern Munich.

1. Hans-Jorg Butt menghabiskan sisa kariernya bersama Bayern Munich

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Bayern Munich sebelum Raphael GuerreiroHans-Jorg Butt saat membela Bayer Leverkusen (twitter.com/UEFAcom_de)

Bayern Munich pernah memiliki sederet kiper legendaris pada masanya, termasuk Hans-Jorg Butt. Sosok kiper asal Jerman itu menghabiskan sisa kariernya bersama Die Bayern. Butt bergabung dengan Bayern Munich pada awal 2008/2009 silam.

Kariernya di sana sebagian besar dihabiskan dengan nomor punggung 22. Meski begitu, Butt sempat mengganti nomor punggungnya menjadi 1 pada 2010/2011. Semusim berselang, ia kembali memakai nomor 22 karena kedatangan Manuel Neuer. Butt akhirnya pensiun sebagai pemain pada Juli 2012.

2. Tom Starke membela Bayern Munich selama 6 musim, tetapi minim kontribusi

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Bayern Munich sebelum Raphael GuerreiroTom Starke (twitter.com/FCBayernEN)

Setelah kepergian Hans-Jorg Butt, Bayern Munich merekrut kiper pengganti pada musim panas 2012. Pemain yang dimaksud itu adalah Tom Starke. Ia didatangkan sebagai kiper pelapis. Oleh sebab itu, Starke tak mendapatkan banyak sorotan meski membela Die Bayern dalam waktu yang cukup lama.

Starke menggunakan nomor punggung 22 di Bayern Munich. Nomor tersebut digunakan olehnya hingga berpisah dengan Bayern Munich pada akhir musim 2017/2018. Secara keseluruhan, Starke hanya mencatatkan 12 penampilan bersama Die Bayern di semua kompetisi.

Baca Juga: 7 Pemain Bayern Munich yang Dijual ke Inter Milan sebelum Pavard

3. Serge Gnabry sempat memakai nomor punggung 22 di Bayern Munich

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Bayern Munich sebelum Raphael GuerreiroSerge Gnabry (twitter.com/SergeGnabry)

Serge Gnabry menjadi pemilik nomor punggung 22 Bayern Munich berikutnya. Ia mengenakan nomor tersebut selama 2 musim pada 2018/2019 dan 2019/2020. Setelah itu, Gnabry mengganti nomor punggung menjadi 7. Nomor tersebut masih dimilikinya hingga sekarang.

Karier Gnabry bersama Bayern Munich tak berjalan dengan mulus. Ia tak langsung diandalkan sebagai pilihan utama. Gnabry bahkan sempat dipinjamkan kepada TSG 1899 Hoffenheim. Kini, ia berhasil membuktikan kualitas terbaiknya. Gnabry bergelimang gelar juara bersama Die Bayern.

4. Marc Roca tak bertahan lama karena gagal menjadi pilihan utama

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Bayern Munich sebelum Raphael GuerreiroMarc Roca (fcbayern.com)

Ada beberapa perubahan soal nomor punggung Bayern Munich pada awal musim 2020/2021. Nomor punggung 22, misalnya. Setelah ditinggalkan Serge Gnabry, nomor ini langsung dipakai pemain anyar Die Bayern, Marc Roca. Ia merupakan rekrutan anyar Bayern Munich pada musim panas 2020.

Roca menggunakan nomor punggung  22 selama 2 musim. Kariernya itu cukup singkat karena Roca tak mampu bersaing menjadi pilihan utama. Ia hanya dipercaya sebagai pelapis di lini tengah. Secara keseluruhan, Roca tampil 24 kali saja bersama Bayern Munich di semua kompetisi.

5. Joao Cancelo menggunakan nomor punggung 22 saat dipinjamkan kepada Bayern Munich

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Bayern Munich sebelum Raphael GuerreiroJoao Cancelo (instagram.com/jpcancelo)

Usai kepergian Marc Roca, nomor punggung 22 Bayern Munich sempat lowong selama setengah musim. Memasuki musim dingin 2023, nomor tersebut akhirnya digunakan lagi. Pemain yang memakainya adalah Joao Cancelo. Ia bergabung dengan status pinjaman dari Manchester City.

Karena hanya sebatas pinjaman, kiprah Cancelo tak bertahan lama. Ia sebenarnya tampil menjanjikan dengan catatan 21 penampilan di semua kompetisi. Cancelo juga mempersembahkan gelar juara Bundesliga Jerman. Namun, Die Bayern urung menebusnya secara permanen karena harga yang terlalu mahal.

Raphael Guerreiro menjadi pemilik nomor punggung 22 Bayern Munich berikutnya. Ia bisa menjadi andalan baru di posisi bek kiri Die Bayern bersama Alphonso Davies. Bisakah ia tampil gemilang seperti saat membela Borussia Dortmund?

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Timnas Jerman dan Bayern Munich

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya