5 Pemilik Nomor Punggung 9 Atletico Madrid sebelum Memphis Depay

Tak semuanya mampu bersinar

Memphis Depay bergabung dengan Atletico Madrid pada musim dingin 2023 lalu. Saat itu, Memphis merapat dari Barcelona demi mendapatkan jam terbang yang reguler. Ia melakukannya karena kalah bersaing dengan striker utama, Robert Lewandowski, sebagai mesin gol andalan La Blaugrana.

Di sisi lain, kehadiran Memphis memperkaya opsi penyerangan Atletico Madrid. Ia pun dipercaya untuk memakai nomor punggung 9. Nomor ini cukup melegenda di skuad Los Rojiblancos sebab pernah dipakai beberapa striker hebat miliknya. 

Inilah lima pemilik nomor punggung 9 Atletico Madrid sebelum Memphis Depay.

1. Fernando Torres jadi salah satu legenda Atletico Madrid dalam daftar ini

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Atletico Madrid sebelum Memphis DepayFernando Torres (twitter.com/atletienglish)

Tak dapat disangkal bahwa Fernando Torres merupakan salah satu legenda Atletico Madrid. Kariernya di klub sekota Real Madrid itu terbentang mewah selama bermusim-musim. Sosoknya tampil ganas di lini serang. Torres punya berbagai kenangan indah bersama Los Rojiblancos.

Selama membela Atletico Madrid, ia selalu memakai nomor punggung 9. Torres menggunakan nomor tersebut hingga akhir musim 2017/2018. Secara keseluruhan, Torres sukses mencetak 129 gol dan 19 assist dari 395 penampilan. Setelah itu, Torres berkelana ke Jepang bersama Sagan Tosu.

2. Nikola Kalinic gagal bersinar di lini depan Atletico Madrid

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Atletico Madrid sebelum Memphis DepayNikola Kalinic (asroma.com)

Kepergian Torres tak membuat nomor punggung 9 Atletico Madrid menjadi lowong. Pasalnya, Los Rojiblancos langsung merekrut penggantinya. Dia adalah Nikola Kalinic. Striker asal Kroasia itu didatangkan untuk mengisi lubang di lini serang tim. Sayangnya, Kalinic gagal membuktikan kualitasnya.

Mantan pemain AC Milan itu hanya bertahan semusim. Kontribusinya sangat minim. Kalinic hanya mampu mencetak 4 gol dan 1 assist dari 24 penampilan. Ia akhirnya dipinjamkan ke AS Roma pada musim panas 2018. Semusim berselang, Kalinic dilepas permanen ke Hellas Verona.

Baca Juga: 5 Transfer Terakhir antara Barcelona dan Atletico Madrid

3. Atletico Madrid menyelamatkan karier Alvaro Morata yang nyaris terpuruk

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Atletico Madrid sebelum Memphis DepayAlvaro Morata (twitter.com/ChampionsLeague)

Alvaro Morata telah memakai tiga nomor punggung berbeda di Atletico Madrid. Awalnya, Morata menggunakan nomor punggung 22 selama masa peminjaman dari Chelsea. Barulah pada musim 2019/2020, Morata mengenakan nomor punggung 9. Ia memakainya selama 2 musim beruntun.

Morata sempat dipinjamkan ke Juventus selama 2 musim. Usai kembali, ia terpaksa mengganti nomor punggung. Eks pemain Real Madrid itu pun memakai nomor punggung 19 hingga sekarang. Meski kariernya cukup berliku, Morata masih jadi andalan Los Rojiblancos di lini depan.

4. Luis Suarez membuktikan kualitasnya belum habis meski dibuang oleh Barcelona

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Atletico Madrid sebelum Memphis DepayLuis Suarez (twitter.com/ChampionsLeague)

Sewaktu Morata dipinjamkan ke Juventus, pemilik nomor punggung 9 Atletico Madrid adalah Luis Suarez. Ia merupakan rekrutan anyar Los Rojiblancos pada musim panas 2022. Suarez menambah daya serang Los Rojiblancos. Hasilnya pun sesuai harapan. Ia sukses tampil produktif.

Selama 2 musim di Atletico Madrid, ketajaman Suarez belum menurun. Ia masih tampil ganas dengan koleksi 34 gol dari 83 penampilan di semua kompetisi. Suarez juga merengkuh gelar LaLiga Spanyol pada musim debutnya. Setelah itu, ia hengkang. Suarez memilih untuk pulang ke negara asalnya, Uruguay.

5. Matheus Cunha tak bertahan lama di Atletico Madrid

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Atletico Madrid sebelum Memphis DepayMatheus Cunha (twitter.com/atletienglish)

Matheus Cunha bergabung dengan Atletico Madrid pada musim panas 2021. Ia awalnya tidak memakai nomor punggung 9 sebab masih digunakan Luis Suarez. Cunha menjalani musim debutnya dengan nomor punggung 19. Setelah Suarez pergi, ia baru bisa menggantinya.

Cunha tak bertahan lama di Atletico Madrid. Setelah setengah musim memakai nomor punggung 9, ia terpaksa pergi. Catatan Cunha tak terlalu impresif bersama Los Rojiblancos. Dari 54 laga, ia hanya mengemas 7 gol dan 8 assist. Cunha lantas dilepas ke Wolverhampton pada musim dingin 2023.

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 9 Atletico Madrid berlanjut kepada Memphis Depay. Hingga awal 2023/2024, ia mampu menjadi salah satu pemain kunci di sektor penyerangan Los Rojiblancos.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Atletico Madrid Jebolan Akademi Real Madrid

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya