5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao Cancelo

Semuanya berposisi sebagai bek kanan

Barcelona resmi mendapatkan Joao Cancelo pada musim panas 2023. La Blaugrana merekrutnya dengan status pinjaman dari Manchester City tanpa opsi pembelian permanen. Kehadiran Cancelo jadi suntikan berharga, khususnya untuk memperkuat posisi bek kanan Barcelona.

Pemain berpaspor Portugal itu punya kualitas yang mumpuni. Bersama La Blaugrana, Cancelo mengenakan nomor punggung 2. Nomor ini sebenarnya tak terlalu ikonis di Barcelona sebab pemiliknya kerap berganti-ganti dalam beberapa musim terakhir.

Inilah lima pengguna nomor punggung 2 Barcelona sebelum Joao Cancelo.

1. Martin Montoya gagal bersinar di skuad utama Barcelona

5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao CanceloMartin Montoya (twitter.com/FCBarcelona)

Martin Montoya merupakan lulusan akademi La Masia. Namanya mulai menghiasi skuad utama Barcelona sejak awal musim 2012/2013. Montoya sempat memakai nomor punggung 19 pada musim debutnya. Setelah itu, ia menggantinya menjadi nomor punggung 2 usai kepergian Dani Alves.

Meski begitu, ia bukanlah pilihan utama di posisi bek kanan. Selama 3 musim, Montoya hanya jadi pelapis yang tampil 67 kali di semua kompetisi. Ia pun berpisah dengan Barcelona pada musim panas 2015. Montoya sempat dipinjamkan ke Inter Milan dan Real Betis sebelum dilepas permanen ke Valencia.

2. Douglas sempat memakai nomor punggung 2 Barcelona selama semusim

5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao CanceloDouglas (twitter.com/FCBarcelona_es)

Douglas merupakan pemain anyar Barcelona pada musim panas 2014. Ia membela La Blaugrana hingga akhir musim 2015/2016. Dalam kurun waktu tersebut, Douglas sempat mengubah nomor punggungnya di sana. Ia awalnya memakai nomor 16, lalu menggantinya menjadi nomor punggung 2.

Selama berseragam Barcelona, Douglas tak menjadi andalan di sisi kanan pertahanan. Ia kesulitan untuk tampil reguler karena persaingan yang sangat ketat. Tercatat, bek asal Brasil ini hanya mengantongi delapan penampilan di semua kompetisi. Ia akhirnya dipinjamkan ke Sporting Gijon pada musim panas 2016.

Baca Juga: 4 Eks Barcelona yang Sukses Berkarier di Inggris sebelum Ansu Fati

3. Nelson Semedo meraih beberapa gelar juara selama 3 musim membela Barcelona

5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao CanceloNelson Semedo (twitter.com/FCBarcelona)

Nomor punggung 2 Barcelona sempat lowong selama semusim usai kepergian Douglas. Barulah pada 2017/2018 ada pemain lain yang menggunakannya. Dia adalah Nelson Semedo yang baru bergabung dari Benfica. Semedo direkrut untuk menjadi bek kanan utama La Blaugrana.

Kiprahnya bersama Barcelona terjalin selama 3 musim. Semedo tampil bergantian dengan Sergi Roberto untuk mengisi sisi kanan pertahanan tim. Ia mampu mengoleksi 124 penampilan serta meraih beberapa gelar juara. Namun, posisinya terpinggirkan pada musim panas 2020. Semedo lalu dijual ke Wolverhampton Wanderers.

4. Sergino Dest sempat bersinar sebelum dipinjamkan ke klub lain

5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao CanceloSergino Dest (instagram.com/sgd_2)

Kepergian Semedo terjadi karena Barcelona merekrut Sergino Dest. Bek asal Belanda itu merupakan salah satu rekrutan perdana Ronald Koeman selama melatih Barcelona. Tak hanya menggusur tempatnya, Dest juga menjadi pemilik nomor punggung 2 La Blaugrana yang baru.

Dest sebenarnya cukup diandalkan pada 2 musim perdana di Barcelona. Sayangnya, pergantian pelatih ke tangan Xavi Hernandez membuat nasibnya berubah. Dest tak masuk skema permainan. Ia dipinjamkan ke AC Milan pada musim panas 2022. Setelah itu, Dest dilepas lagi ke PSV Eindhoven.

5. Hector Bellerin tak bertahan lama di Barcelona

5 Pengguna Nomor Punggung 2 Barcelona sebelum Joao CanceloHector Bellerin (twitter.com/HectorBellerin)

Setelah Dest, nomor punggung 2 Barcelona dimiliki Hector Bellerin. Lulusan akademi La Masia ini kembali ke klub lamanya itu pada musim panas 2022. Bellerin bergabung secara gratis usai kontraknya di Arsenal berakhir. Ia menambah opsi di posisi bek kanan La Blaugrana.

Sayangnya, karier Bellerin di sana bertahan seumur jagung. Ia hanya membela Barcelona selama setengah musim. Dalam kurun waktu yang singkat itu, Bellerin juga tak menjadi pilihan utama, sebab tampil delapan kali saja. Ia akhirnya hijrah ke Sporting Lisbon pada musim dingin 2023.

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 2 Barcelona berlanjut kepada Joao Cancelo. Ia bakal menambah opsi di posisi bek kanan Barcelona. Dengan rekam jejaknya yang cukup berpengalaman, Cancelo tentu tak bakal kesulitan untuk beradaptasi di klub barunya tersebut.

Baca Juga: 5 Didikan Akademi Barcelona yang Pernah Berseragam Manchester United

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya