5 Pengguna Nomor Punggung 23 PSG sebelum Randal Kolo Muani

Kebanyakan dari mereka gagal bersinad

Paris Saint-Germain mengakhiri bursa transfer musim panas 2023 dengan rekrutan pemungkas dari Eintracht Frankfurt, Randal Kolo Muani. Les Parisiens menebusnya seharga 95 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun. Kedatangan Kolo Muani membuat lini serang PSG makin mewah pada 2023/2024 ini.

Bersama PSG, Kolo Muani mengenakan nomor punggung 23. Nomor tersebut diwarisinya dari beberapa pengguna terakhir yang kerap berganti-ganti. Sebagian besar dari mereka juga tak punya perjalanan karier yang panjang di klub raya asal Paris tersebut.

Inilah lima pengguna nomor punggung 23 PSG sebelum Kolo Muani.

1. Jeremy Clement memakai nomor punggung 23 selama membela PSG

5 Pengguna Nomor Punggung 23 PSG sebelum Randal Kolo MuaniJeremy Clement (psg.fr)

Jeremy Clement menghabiskan waktunya selama 4,5 musim dengan balutan jersey PSG. Semua bermula pada musim dingin 2007. Ia bergabung dari Olympique Lyon dan menambah kekuatan di lini tengah PSG. Selama membela Les Parisiena, Clement selalu memakai nomor punggung 23.

Kariernya bersama PSG berjalan dengan mulus. Meski minim trofi, Clement merupakan gelandang andalan yang mengantongi 192 penampilan di semua kompetisi. Kiprahnya di kota Paris berakhir pada musim panas 2011. Ia lalu hengkang ke klub Ligue lainnya, Saint Etienne.

2. Mohamed Sissoko sempat memakai nomor punggung 23 di PSG selama semusim

5 Pengguna Nomor Punggung 23 PSG sebelum Randal Kolo MuaniMohamed Sissoko saat membela Juventus. (uefa.com)

Setelah kepergian Clement, nomor punggung 23 PSG sempat lowong selama setengah musim. Memasuki musim 2011/2012, nomor tersebut akhirnya dimiliki lagi oleh pemain lain. Dia adalah Mohamed Sissoko yang baru bergabung dari Juventus. Sissoko memakai nomor punggung 23 di PSG pada musim debutnya.

Selain nomor 23, Sissoko juga sempat menggunakan nomor punggung 4. Namun, nomor tersebut hanya dipakai olehnya selama setengah musim. Karier Sissoko di PSG juga tak terlalu mencolok. Selama 1,5 musim, ia hanya jadi pelapis yang tampil 37 kali. Sissoko lalu dipinjamkan ke Fiorentina pada musim dingin 2013.

Baca Juga: Randal Kolo Muani, Striker Debutan Timnas Prancis pada 2022

3. Gregory van der Wiel pernah menjadi bek kiri utama PSG

5 Pengguna Nomor Punggung 23 PSG sebelum Randal Kolo MuaniGregory van der Wiel (twitter.com/PSG_English)

Setelah Mohamed Sissoko, nomor punggung 23 PSG jatuh ke tangan Gregory van der Wiel. Ia memakainya sejak bergabung dengan skuad Les Parisiens pada musim panas 2012. Selama 4 musim di sana, Van der Wiel akrab dengan nomor 23 dan tak pernah menggantinya ke nomor lain.

Bersama PSG, Van der Wiel dipercaya menjadi bek kanan utama. Ia masuk ke dalam bagian kejayaan PSG pada awal dan pertengahan medio 2010-an di kancah domestik. Tercatat, Van der Wiel mampu tampil sebanyak 132 kali bersama PSG. Pada musim panas 2016, ia hengkang ke Fenerbahce karena kontraknya sudah berakhir.

4. Grzegorz Krychowiak gagal menemukan bentuk permainan terbaiknya di Prancis

5 Pengguna Nomor Punggung 23 PSG sebelum Randal Kolo MuaniGrzegorz Krychowiak (twitter.com/PSG_inside)

Kepergian Gregory van der Wiel tak membuat nomor punggung 23 PSG menjadi lowong. Pasalnya, nomor tersebut langsung digunakan rekrutan anyar Les Parisiens pada musim panas 2016. Pemain yang dimaksud adalah Grzegorz Krychowiak. Ia direkrut dari klub LaLiga Spanyol, Sevilla, untuk memperkuat barisan lini tengah.

Sayangnya, nasib Krychowiak tak berjalan dengan baik di klub barunya itu. Alih-alih bersinar, kariernya justru menurun. Krychowiak hanya bertahan selama semusim dengan catatan 19 penampilan. Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Puncaknya, Krychowiak ditebus permanen Locomotiv Moscow pada musim panas 2019.

5. Julian Draxler kesulitan untuk tampil reguler di lini serang PSG

5 Pengguna Nomor Punggung 23 PSG sebelum Randal Kolo MuaniJulian Draxler (instagram.com/draxlerofficial)

Pemilik nomor punggung 23 PSG berikutnya adalah Julian Draxler. Ia sudah akrab dengan nomor tersebut sejak bergabung ke skuad Les Parisiens pada awal 2017. Draxler juga sempat menjadi salah satu andalan PSG di lini serang. Tercatat, ia mampu mencetak 26 gol dan 41 assist dari 198 penampilan.

Meski begitu, posisi Draxler mulai terpinggirkan dalam beberapa musim terakhir. Terlebih lagi, kedatangan penyerang top macam Mauro Icardi dan Lionel Messi membuat Draxler harus pindah ke klub lain. Ia sempat dipinjamkan kepada Benfica pada 2022/2023. Draxler sendiri memutuskan pindah ke Al-Ahli pada musim panas 2023 ini.

Nomor punggung 23 PSG kerap berganti-ganti pemiliknya. Kelima pemain di atas juga punya perjalanan karier yang beragam. Sebagian besar justru gagal bersinar, seperti yang dialami Grzegorz Krychowiak dan Mohamed Sissoko.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Meninggalkan PSG pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya