5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!

Didominasi oleh para pemain muda!

Paris Saint-Germain dan RB Leipzig berstatus tim papan atas di liganya masing-masing. PSG mendominasi Ligue 1, sedangkan RB Leipzig mampu menciptakan kejutan meski belum berumur setengah abad. Keduanya juga punya hubungan yang erat pada bursa transfer.

Kesempatan transfer pemain di antara keduanya kerap kali terjadi. Pada musim panas 2023, misalnya. RB Leipzig merekrut dua pemain muda PSG, Bitshiabu dan Xavi Simons. Kedua pemain ini menyusul beberapa rekrutan Die Roten Bullen sebelumnya yang berasal dari PSG. Inilah lima pemain yang direkrut oleh RB Leipzig dari PSG.

1. Jean-Kevin Augustin

5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!Jean-Kevin Augustin (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Jean-Kevin Augustin menjadi salah satu jebolan akademi PSG yang gagal bersinar di skuad utama. Promosi pada 2015, namanya tak disorot. Ia kalah bersaing di lini depan sehingga hijrah secara permanen pada musim panas 2017. Augustin hengkang ke RB Leipzig seharga 16 juta euro atau sekitar Rp268 miliar.

Namun, kariernya bersama Die Roten Bullen tak terlalu berkembang. Augustin hanya mencetak 20 gol dan 8 assist dari 67 penampilan di berbagai kompetisi. Ia hanya bertahan selama dua musim. Selebihnya, Augustin dipinjamkan ke klub lain, seperti AS Monaco dan Leeds United.

2. Christopher Nkunku

5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!Christopher Nkunku (instagram.com/c_nkunku)

Christopher Nkunku membuat pilihan jitu dengan hijrah ke RB Leipzig pada 2019. Ia rela meninggalkan PSG demi peningkatan kariernya. Hal itu berbuah manis. Nkunku berkembang pesat bersama Die Roten Bullen. Ketajamannya meningkat dan jadi salah satu mesin gol RB Leipzig.

Secara keseluruhan, Nkunku mengemas 70 gol dan 56 assist dari 172 penampilan di semua ajang. Ia berhasil mempersembahkan 2 gelar DFB Pokal untuk timnya. Tak hanya itu, sejumlah gelar individu pun berhasil diraihnya. Pada musim panas 2023, Nkunku memutuskan untuk pindah ke Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Termahal yang Pernah Digaet Chelsea, Ada Nkunku

3. Abdou Diallo

5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!Abdou Diallo (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Abdou Diallo bergabung dengan RB Leipzig pada musim panas 2022. Ia dipinjam dari PSG selama semusim penuh. Die Roten Bullen merekrutnya sebagai tenaga tambahan di lini belakang. Pengalamannya di Bundesliga juga cukup menjanjikan. Diallo sebelumnya pernah membela Borussia Dortmund.

Meski begitu, kiprahnya bersama RB Leipzig justru jauh dari harapan. Alih-alih bisa berkontribusi maksimal, performa Diallo cenderung angin-anginan. Ia hanya bermain sebanyak 15 kali di semua ajang. Oleh sebab itu, RB Leipzig memulangkannya ke PSG pada akhir musim 2022/2023.

4. El Chadaille Bitshiabu

5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!El Chadaille Bitshiabu (twitter.com/RBLeipzig_EN)

RB Leipzig menunjukkan keseriusannya pada bursa transfer musim panas 2023. Sederet nama anyar berhasil direkrut oleh Die Roten Bullen, termasuk El Chadaille Bitshiabu. RB Leipzig menggaetnya dari PSG seharga 15 juta euro atau sekitar Rp252 miliar. Ia dikontrak selama 5 musim.

Hadirnya Bitshiabu merupakan langkah antisipasi yang dilakukan oleh RB Leipzig. Apalagi mereka berpotensi kehilangan sang bek andalan, Josko Gvardiol, yang hijrah ke Manchester City. Bitshiabu bisa mengisi kekosongan tersebut. Potensinya dianggap besar dan bisa berkembang nantinya.

5. Xavi Simons

5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!Xavi Simons (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Selain Bitshiabu, RB Leipzig juga merekrut pemain PSG lainnya pada musim panas 2023. Dia adalah Xavi Simons. Simons sebenarnya baru saja kembali ke PSG. Les Parisiens mengaktifkan opsi pembelian kembali dirinya dari PSV Eindhoven. Namun, PSG langsung meminjamkannya ke RB Leipzig.

Simons bisa jadi tambahan amunisi yang krusial bagi Die Roten Bullen. Ia bisa memperkuat daya serang tim barunya itu. Kualitas Simons sudah teruji bersama PSV Eindhoven. Pada musim 2022/2023 lalu, Simons bahkan menjadi top skor PSV Eindhoven dengan koleksi 19 gol.

Kelima pemain di atas tak menjadi pilihan utama bersama PSG. Itu sebabnya mereka dilepas ke RB Leipzig. Bisakah Bitshiabu dan Simons menunjukkan kualitas terbaiknya bersama Die Roten Bullen?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal PSV Eindhoven pada 2022/2023, Termasuk Xavi Simons

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya