5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane Dembele

Dembele dikabarkan setuju untuk pindah ke PSG

Kabar mengenai kepindahan Ousmane Dembele ke Paris Saint-Germain (PSG) menyeruak ke permukaan. Dilansir The Athletic, Dembele sudah menyepakati kesepakatan personal dengan PSG. Namun, Les Parisiens masih melakukan negosiasi dengan Barcelona mengenai harga transfer sang pemain.

Kesepakatan transfer Dembele diprediksi bakal segera terealisasi. Ia bisa menjadi pemain anyar Les Parisiens pada musim panas 2023. Dembele akan menyusul beberapa mantan pemain Barcelona sebelumnya yang hengkang ke PSG. Siapa saja mereka? Berikut rekrutan terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane Dembele.

1. Maxwell

5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane DembeleMaxwell (uefa.com)

Maxwell meninggalkan Camp Nou pada awal 2012 lalu. Ia pergi dengan sejumlah prestasi gemilang demi berlabuh ke klub barunya, PSG. Hadirnya Maxwell juga menambah armada baru Les Parisiens yang tengah menjalani masa transformasi. Perekrutan Maxwell itu tak sia-sia bagi PSG.

Bek kiri asal Brasil tersebut berhasil mengunci tempat utama. Maxwell tampil reguler bersama PSG dengan catatan 214 penampilan di semua kompetisi. Ia juga turut mempersembahkan berbagai gelar domestik, termasuk empat titel juara Ligue 1. Pada akhir musim 2016/2017, Maxwell akhirnya pensiun dari dunia sepak bola.

2. Neymar Jr

5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane DembeleNeymar (twitter.com/neymarjr)

Rekor transfer termahal dalam sejarah sepak bola tercipta pada musim panas 2017. Hal ini terealisasi dalam proses kepindahan Neymar Jr ke PSG. Les Parisiens bersedia mengaktifkan klausul rilis sang pemain seharga 222 juta euro atau sekitar Rp3,7 triliun. Angka itu belum terpecahkan hingga sekarang.

Dengan harga semahal itu, Neymar Jr dituntut untuk membawa PSG berjaya. Ia sebenarnya mampu tampil impresif, tetapi rentan menepi karena cedera. Neymar Jr sudah mencetak 118 gol dan 77 assist dari 173 penampilan. Catatan itu dinilai bisa lebih banyak apabila Neymar Jr tidak terlalu sering absen.

Baca Juga: Xavi Peringatkan Dembele Soal PSG, Bawa-bawa Neymar

3. Rafinha

5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane DembeleRafinha (twitter.com/Rafinha)

Keputusan menarik dibuat PSG pada musim panas 2020. Les Parisiens merekrut jebolan akademi La Masia, Rafinha, ke Parc des Princes. Kehadiran sang pemain diragukan. Sebab, Rafinha hanya menjadi cadangan di Barcelona dan dinilai tidak sesuai standar untuk bermain di klub sekelas PSG.

Hasilnya pun sesuai perkiraan. Rafinha hanya menjadi penghangat bangku cadangan Les Parisiens. Ia hanya dipercaya untuk tampil sebanyak 39 kali. Rafinha sempat dipinjamkan ke Real Sociedad pada paruh kedua  2021/2022. Setelah peminjaman itu, ia dilepas permanen ke klub Qatar, Al-Arabi SC.

4. Lionel Messi

5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane DembeleLionel Messi (instagram.com/psg)

Perjalanan Lionel Messi untuk setia bersama Barcelona kandas di tengah jalan. Masalah finansial yang melanda La Blaugrana tak bisa menyelamatkan kontraknya yang habis pada akhir musim 2020/2021. Ia terpaksa pindah. PSG menjadi klub yang beruntung mendapatkan jasanya.

Kiprah Messi bersama PSG terjalin selama 2 musim. Dalam kurun waktu itu, performanya belum terlalu menurun. Messi masih tampil produktif di lini serang Les Parisiens. Ia berhasil mengemas 32 gol dan 35 assist dari 75 penampilan. Namun, pada musim panas 2023, Messi hengkang ke klub Major League Soccer (MLS), Inter Miami.

5. Arnau Tenas

5 Rekrutan Terakhir PSG dari Barcelona sebelum Ousmane DembeleArnau Tenas (psg.fr)

PSG sukses mendapatkan tanda tangan kiper muda Barcelona, Arnau Tenas. Sang pemain direkrut dengan status bebas transfer pada musim panas 2023. Kehadiran Tenas sebenarnya cukup mengejutkan. Terlebih lagi, PSG sudah dihuni sederet kiper berpengalaman di kompetisi top Eropa.

Tenas bakal membela PSG setidaknya selama 3 musim ke depan. Meski begitu, masa depannya di Paris belum terjamin sepenuhnya. Dengan banyaknya kiper PSG macam Gianluigi Donnarumma dan Keylor Navas, ia bisa kesulitan untuk tampil reguler. Tenas diprediksi bakal dipinjamkan ke klub lain.

Ousmane Dembele bisa menjadi senjata mematikan baru di lini serang PSG. Terlebih lagi, ia dapat menggantikan posisi Kylian Mbappe. Kebetulan Mbappe sudah tidak akur dengan PSG karena masalah kontrak.

Baca Juga: Lionel Messi Kembali Bersinar Bareng Inter Miami, Cetak Brace!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya