5 Penyerang Muda Brasil yang Tengah Berkarier di Liga Top Eropa

Brasil, gudangnya pemain muda berbakat!

Brasil telah diakui kehebatannya dalam melahirkan pemain-pemain berbakat. Sedari dulu hingga kini, tradisi tersebut seolah tak bisa padam lewat kehadiran nama-nama beken, seperti Pele hingga Neymar. Bahkan pada musim ini, talenta-talenta baru juga ikut bermunculan.

Tradisi Brasil dalam mengorbitkan pemain papan atas bukanlah sesuatu yang mudah untuk ditiru, terlebih hal tersebut berlangsung secara konsisten. Pada musim 2021/2022, ada beberapa pemain muda Brasil, khususnya kelima penyerang ini yang tengah berkarier di Eropa. Siapa saja mereka?

1. Arthur Cabral

5 Penyerang Muda Brasil yang Tengah Berkarier di Liga Top EropaArthur Cabral (twitter.com/ArthurCabral_98)

Arthur Cabral baru saja memulai petualangannya bersama Fiorentina. Ia bergabung ke klub berjuluk La Viola itu pada musim dingin 2022 lalu seharga 14 juta euro atau sekitar Rp213 miliar. Kedatangannya diharapkan mampu mengisi posisi Dusan Vlahovic sebagai ujung tombak yang memilih hengkang ke Juventus.

Cabral punya catatan apik bersama klub yang ia bela sebelumnya, yakni FC Basel. Ia tampil impresif dan mendulang banyak gol untuk tim asal Swiss tersebut.

Namun, hingga sejauh ini, Cabral masih cukup kesulitan bersama Fiorentina. Dari 12 laga yang sudah dimainkan, ia baru mengemas dua gol.

2. Matheus Cunha

5 Penyerang Muda Brasil yang Tengah Berkarier di Liga Top EropaMatheus Cunha (twitter.com/tatimantovani)

Belum puas dengan sosok tajam miliknya seperti Luis Suarez dan Joao Felix, Atletico Madrid merekrut penyerang anyar pada musim panas 2021, yaitu Matheus Cunha.

Eks penggawa Hertha Berlin yang direkrut seharga 26 juta euro atau sekitar Rp 396 miliar. Hal tersebut membuat lini serang Atletico makin terlihat garang.

Akan tetapi, hingga musim 2021/2022 bakal memasuki periode akhir, Cunha belum mampu tampil maksimal. Ia sudah dipercaya tampil sebanyak 33 kali, tetapi baru mengemas 6 gol dan 6 assists. Mengingat usianya yang masih 22 tahun, Cunha punya banyak kans untuk meningkatkan performanya.

Baca Juga: 6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top Eropa

3. Gabriel Jesus

5 Penyerang Muda Brasil yang Tengah Berkarier di Liga Top EropaGabriel Jesus (twitter.com/City_Xtra)

Pamor Gabriel Jesus telah diakui ketenarannya sejauh ini. Ia merupakan salah satu pilar penting Manchester City yang diandalkan oleh Pep Guardiola. Pertama kali tiba ke klub berjuluk The Cityzens itu pada musim dingin 2017 lalu, Gabriel sukses menempatkan namanya menjadi tumpuan City dalam berbagai ajang.

Berposisi asli sebagai penyerang murni, ia juga bisa ditempatkan di berbagai posisi. Fleksibilitas itu membawa efek positif baginya yang mendapatkan banyak menit bermain.

Hingga sejauh ini, Gabriel sudah tampil sebanyak 231 kali untuk City. Ia juga berperan meraih sejumlah titel, di antaranya tiga gelar Premier League.

4. Evanilson

5 Penyerang Muda Brasil yang Tengah Berkarier di Liga Top EropaEvanilson (twitter.com/livescore)

Evanilson terus menciptakan tren positif bersama FC Porto. Bergabung pada 2020 lalu, ia dengan cepat menyegel satu tempat di lini serang timnya.

Evanilson tampil sangat baik bersama Porto lewat pundi-pundi gol yang sukses ia cetak. Tercatat, ia sudah tampil 66 kali dengan koleksi 24 gol serta 5 assists.

Performa apiknya bersama Porto seolah memberikan angin segar bagi Brasil. Terlebih usia Evanilson yang baru menginjak 22 tahun, ia jelas menjadi tumpuan utama timnas Brasil dalam beberapa tahun ke depan. Bukan hal yang mustahil juga bila Evanilson menjadi incaran sejumlah klub papan atas Eropa.

5. Richarlison

5 Penyerang Muda Brasil yang Tengah Berkarier di Liga Top EropaRicharlison (twitter.com/FabrizioRomano)

Richarlison memang tak membela klub favorit juara di Premier League, tetapi ia mampu melambungkan namanya lewat cara yang impresif. Ia merupakan ujung tombak utama Everton bersama Dominic Calvert-Lewin yang terus diandalkan sejauh ini. Tercatat, Richarlison sudah tampil sebanyak 147 kali untuk timnya.

Tampil impresif bersama The Toffees mengantarkannya jadi langganan dipanggil Timnas Brasil. Namun, pada musim 2021/2022 ini, Richarlison punya misi yang sulit untuk menyelamatkan timnya yang tengah terpuruk. Memasuki pekan-pekan terakhir Premier League, Everton malah terjerembab di papan bawah.

 

Brasil terus mengorbitkan deretan talenta potensial, khususnya di liga-liga top Eropa saat ini. Kira-kira, akankah kelima nama di atas mampu tampil konsisten dan menjadi andalan Tim Samba dalam beberapa tahun ke depan? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Bek Tengah Muda Brasil yang Berpotensi Menjadi Bintang Top Dunia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya