TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Afrika yang Terlama Bermain di Premier League, Siapa Saja?

Nama teratas mungkin tak kamu sangka

bleacherreport.com

Premier League Inggris adalah salah satu liga sepak bola yang menjadi tujuan utama para pemain dari berbagai belahan dunia. Liga ini terkenal akan kualitas serta ketatnya persaingan yang membuat banyak pemain ingin bermain di dalamnya, tak terkecuali para pemain asal Afrika.

Ada banyak pemain Afrika yang pernah merasakan bermain di Premier League dan beberapa di antaranya bisa berkarier hingga bertahun-tahun di liga ini. Meski tak semuanya meraih prestasi berupa trofi, bisa berkarier cukup lama di Premier League pun sudah merupakan kebanggaan tersendiri. Inilah 5 pemain Afrika yang paling lama berkarier di Premier League.

5. Emmanuel Adebayor (10,5 musim) 

irishmirror.ie

Mulai dari urutan kelima, ada Emmanuel Adebayor, striker asal Togo yang menghabiskan total 10,5 musim membela klub-klub Premier League. Dimulai dari Arsenal pada paruh musim 2005/2006, Adebayor terus bermain hingga akhir musim 2015/2016. Setelah itu ia hengkang dari Inggris dan bermain di Liga Turki.

Ada empat klub Premier League yang pernah dibela Adebayor, yaitu Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace. Ia total bermain 242 kali dan mencetak 97 gol sehingga menjadi pemain Afrika tertajam kedua dalam sejarah Premier League. Uniknya, Adebayor justru tak pernah meraih trofi apa pun selama bermain di Inggris.

Baca Juga: 7 Pemain Asal Inggris yang Kini Membela Everton, Ada Calvert-Lewin!

4. Victor Anichebe (11 musim) 

liverpoolecho.co.uk

Nama Victor Anichebe mungkin tak banyak dikenal penggemar sepak bola saat ini. Namun, penyerang asal Nigeria ini ternyata pernah bermain di Premier League selama 11 musim sejak 2006 hingga 2017. Rinciannya adalah 7 musim bermain untuk Everton, 3 musim bersama West Bromwich Albion, dan semusim membela Sunderland.

Anichebe total bermain 204 kali di Premier League. Catatan golnya memang tak istimewa, yaitu 26 gol plus 13 assist. Meskipun demikian, ia tetap bisa berbangga karena menjadi salah satu pemain Afrika yang paling lama berkarier di Premier League.

3. Nwankwo Kanu (11,5 musim) 

thesefootballtimes.co

Berikutnya ada Nwankwo Kanu yang juga merupakan striker asal Nigeria. Kanu memang lebih dikenal sebagai legenda Arsenal, namun ia juga pernah membela West Bromwich Albion dan Portsmouth. Total 11,5 musim ia bermain di Premier League, mulai dari paruh musim 1998/1999 hingga akhir musim 2009/2010.

Dengan 54 gol dan 29 assist dalam 273 pertandingan, Kanu adalah salah satu striker tertajam yang pernah bermain di Premier League. Ia juga sukses meraih 5 trofi bersama Arsenal dan 1 trofi bersama Portsmouth. Portsmouth adalah klub terakhirnya dan ia pensiun pada 2012 di usia 36 tahun.

2. Kolo Toure (14 musim) 

sportsmole.co.uk

Kolo Toure adalah bek asal Pantai Gading yang pernah membela tiga klub besar Premier League, yaitu Arsenal, Manchester City, dan Tottenham Hotspur. Total 14 musim ia habiskan bersama ketiga klub tersebut. Yang terlama adalah Arsenal, yaitu selama 7 musim. Selama di Arsenal pula Toure sukses meraih 5 trofi, sementara bersama City ia merengkuh 2 trofi.

Jumlah pertandingan yang ia jalani di Premier League pun luar biasa, yaitu 353 laga. Itu menjadikannya pemain Afrika dengan penampilan terbanyak, sekaligus satu-satunya yang menembus angka 300 pertandingan. Selain itu, Toure juga berhasil mencetak 12 gol dan 10 assist.

Baca Juga: 10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Liverpool, Siapa Selain Salah?

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya